Perbedaan Pinlock 30, 70, dan 120
Cari Berita

Advertisement

Perbedaan Pinlock 30, 70, dan 120

Jundi Alfaruqi
Minggu, 11 November 2018

Pinlock adalah salah satu merk antifog yang paling terkenal dan banyak digunakan bahkan hingga pembalap motoGP juga menggunakan pelapis anti kabut/embun yang satu ini. Pinlock terbuat dari material atau bahan yang memiliki teknologi yang disebut Dry Hydrophilic Technology.

Teknologi ini memungkinkan pinlock dapat menyerap unsur-unsur yang dapat menyebabkan kaca helm menjadi berkabut atau berembun seperti air, hembusan nafas, dll. Antifog memiliki peran yang penting dalam keselamatan berkendara. Sangat fatal akibat yang terjadi jika kaca helm yang kita gunakan berembun dan menyebabkan penglihatan menjadi terganggu.

Antifog sendiri sudah ada sejak lama dan teknologinya terus berkembang dari waktu ke waktu. Saat ini antifog tidak hanya berperan sebagai pelapis anti kabut saja, tetapi juga sebagai penunjang tambahan agar helm terlihat lebih keren.

BACA JUGA: Pasang Pinlock 30 di Helm Full Face

Pinlock sendiri terdiri dari beberapa macam bahkan ada yang dibuat khusus untuk helm tertentu saja. Ada tiga tipe pinlock yang paling umum dan paling sering kita dengar yaitu pinlock 30, pinlock 70 dan pinlock 120.

Bedanya pinlock 30, 70 dan 120

Meskipun ketiganya sama-sama berfungsi sebagai antifog, ketiga series pinlock ini memiliki perbedaan. Angka 30, 70 dan 120 adalah angka yang menandakan tingkat, level dan kekuatan pinlock dalam menahan kabut atau embun. Semakin tinggi angkanya maka tingkat menahan kabutnya juga semakin tinggi.

Seperti yang kita tau bahwa dalam berkendara tentunya kita akan menghadapi kondisi yang berbeda baik itu cuaca dan lain sebagainya. Atau Misalkan saja saat digunakan dalam kondisi balap MotoGP, WSBK, atau Formula 1 di circuit balap. Dengan kecepatan yang sangat tinggi, para pembalap sangat membutuhkan pandangan jelas selama balapan, untuk itu pinlock 120 adalah palapis anti kabut yang paling cocok karena kekuatannya dalam menahan kondisi ekstrim memang bisa di andalkan.

BACA JUGA: Perbedaan Pinlock, Antifog, dan Tear Off Beserta Fungsinya Untuk Helm

Atau saat berkendara di daerah dataran tinggi pegunungan yang sangat dingin atau sedang turun salju, maka pinlock 120 lebih bisa diandalkan untuk pelapis anti kabut.

Pinlock 30 vs 70 vs 120


Pinlock 30

Pinlock 30 adalah jenis pinlock yang umum atau universal. Semua helm standar yang memiliki pin antifog bisa menggunakan pinlock jenis ini. Pinlock ini sudah lulus standar uji ECE dan Pinlock 30 ini sendiri cocok digunakan untuk berkendara harian dalam kota. Lensa Pinlock® 30 tersedia dalam satu ukuran dan cocok untuk semua helm.

pinlock 30
Pinlock 30 Universal warna clear

Pinlock 30 cocok dipasangkan untuk helm harian seperti KYT R10, KYT RC7, Vendetta2, NX-Race, NFR dll. Harga pinlock 30 itu sendiri sebenarnya bervariasi ada yang Rp 155.000 hingga paling mahal Rp 300.000. Untuk Pinlock 30 yang dikeluarkan helm NHK, harganya adalah Rp 155.000.

Pinlock 70

Pinlock 70 merupakan antifog dengan tingkat 1 level lebih tinggi dari pinlock 30. Pinlock ini pun biasanya punya ukuran yang lebih besar dan juga tersedia bukan hanya 1 warna saja melainkan 4 warna yakni clear, light smoke, dark smoke dan yellow.

pinlock 70
Pinlock 70 Dark smoke

Pilihan warna ini tentunya dapat dipiih sesuai kebutuhan berkendara masing-masing. Contohnya kalau kaca terlalu silau dipakai siang hari, maka anda bisa pakai pinlock 70 warna dark smoke.

Harga pinlock 70 juga bervariasi, yang paling murah Rp 170.000 sampai yang paling mahal sekitar Rp 450.000 ribu rupiah. Pinlock 70 sangat cocok dipakai untuk helm AGV Corsa R, AGV Pista GP-R, Shoei X-14, dll.

Pinlock 120

Salanjutnya yang terakhir adalah pinlock 120 yang memiliki tingkat anti kabut paling kuat dalam segala kondisi. Pinlock 120 biasanya digunakan pada helm-helm balap seperti di motoGP, WSBK, Isle Of Man TT dan Formula 1. Pinlock 120 memiliki fitur ProtectTINT dan 100% Max Vision.

Pinlock 120
Pinlock 120 warna yellow untuk helm AGV Pista GP-R, CorsaR

Pinlock 120 juga tersedia dalam beberapa pilihan warna seperti clear, light smoke, dark smoke dan yellow. Harga pinlock 120 adalah Rp 550.000 rupiah.

Jika sobat ingin membeli pinlock tentunya sobat harus memilih pinlock yang sesuai dan cocok dengan helm dan kebutuhan. Jika kebutuhannya hanya untuk berkendara harian seperti pulang pergi kerja, maka pinlock 30 itu sudah pas dan cocok untuk helm sobat.

BACA JUGA: Jangan Sembarangan, Begini Cara Merawat Visor Iridium yg Benar