Fungsi Anti Theft Pada Helm KYT dan Cara Kerjanya
Cari Berita

Advertisement

Fungsi Anti Theft Pada Helm KYT dan Cara Kerjanya

Jundi Alfaruqi
Tuesday, 21 May 2019

Apakah Anti Theft System pada Helm ? Anti Theft System pada helm adalah sistem pengamanan helm dengan menggunakan gembok kawat yang dipasang di behel atau besi pegangan belakang motor. Sistem ini memberikan tingkat keamanan yang jauh lebih tinggi karena tidak memungkinkan pencurian helm dengan menggunakan gunting atau pisau cutter.

Anti Theft patent system di KYT Galaxy Slide

Teknologi Anti Theft hasil pengembangan KYT ini menjadi salah satu fitur keamanan helm di beberapa seri  half face KYT seperti Galaxy, 2Vista, dll. Anti theft sendiri adalah nama yang dibuat KYT, pada merk lain nama untuk fitur anti maling ini berbeda-beda, seperti pada helm merk BMC misalnya, namanya bukan anti theft melainkan wire lock system. Namun sacara fungsi tetap sama.

Posisi anti theft pada helm KYT biasanya diletakkan dibagian sisi bawah telinga sebelah kiri atau kanan tergantung seri KYT nya. Misalkan untuk seri KYT Galaxy slide posisinya ada disebelah kiri, atau KYT 2Vista yang ditempatkan di sebelah kanannya. BACA: Daftar Harga Helm GM Full Face Murah Terbaru, Mulai dari 300 Ribu

Pemakain gembok kawat

Bagaimana Anti-Theft System pada helm bekerja? Sistem ini menggunakan gembok kawat dengan panjang lebih kurang 70cm yang dimasukkan ke dalam lubang anti theft pada helm yang tembus ke dalam, kemudian gembok tersebut di pasangkan ke behel belakang motor lalu dikunci.

ilustrasi cara menggunakan anti theft
Foto milik arantan.wordpress.com

Dengan sistem ini, helm hanya dapat dilepas apabila kunci pada gembok kawat dibuka. Gembok kawat ini sendiri ada dua jenis, ada yang memakai sistem pin digit angka seperti kunci koper dan ada yang menggunakan kunci konvensional.

Kedua metode penguncian gembok tersebut punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Gembok dengan kode digit angka misalnya, lebih praktis karena mengurangi pemakaian kunci. Namun pada kondisi gelap, membuka gembok menjadi sulit karena kode digit angka yang kecil-kecil tersebut tidak bisa dilihat dengan jelas.

Kunci gembok kawat ini bisa ditemukan dijual di toko-toko sepeda, aksesoris motor, atau bisa juga dibeli melalui online shop dengan harga yang bervariasi mulai dari 20 ribu hingga 100 ribu tergantung kualitas dan merknya. BACA: Fungsi Spoiler Helm dan Cara Kerjanya
Gembok kawat
Gembok kawat kunci konvensional VS gembok kunci pin 3 digit