Perbedaan Antifog, Pinlock, dan Tear off Pada Helm
Cari Berita

Advertisement

Perbedaan Antifog, Pinlock, dan Tear off Pada Helm

Kotak Helm
Senin, 29 Oktober 2018

Aksesoris adalah komponen tambahan selain komponen utama yang dipasangkan ke sebuah objek dan berfungsi untuk mempercantik atau memberikan fungsi tertentu kepada si pemakai. Sama halnya seperti sepeda motor, helm juga punya yang namanya aksesoris.

Aksesoris helm ini sangat beragam macamnya dan memiliki fungsi yang berbeda-beda pula. Contohnya seperti Visor yang berfungsi sebagai pelindung wajah, lalu kemudian ada yang namanya intercom yang berfungsi sebagai alat telekomunikasi helm, lau ada Antifog, Tear off, pinlock dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Kupas Tuntas pesifikasi dan Harga Helm KYT R10 Terbaru

Selain menambahkan fungsi tertentu pada objek, aksesoris di helm berikut ini juga dapat membuat tampilan helm terlihat lebih keren. Di antara aksesoris yang dapat merubah tampilan helm menjadi keren tersebut dan banyak digunakan adalah Antifog, Pinlock dan Tear Off.

Perbedaan Antifog, Pinlock, dan Tear off

Ketiga aksesoris tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda, daripada penasaran langsung aja simak ulasannya di bawah berikut ini,

Antifog

Antifog adalah sebuah benda yang bentuknya seperti visor cuma lebih kecil, memiliki tekstur yang lentur seperti karet dan warnanya clear (transparan). Antifog merupakan aksesoris helm yang berfungsi sebagai anti embun. Jika anda merasa helm yang anda gunakan selalu berembun saat cuaca dingin seperti saat hujan maka dengan memasang antifog ini kaca helm anda akan terbebas dari yang namanya embun.

Proses pemasangan antifog pada flat visor

Antifog diletakkan di sisi permukaan kaca bagian dalam dan bukan dibagian permukaan luar kaca. Agar bisa memasang antifog, kaca yang digunakan harus tersedia yang namanya antifog post. Bentuk antifog post adalah seperti jendulan yang menonjol pada permukaan kaca. Pada titik inilah antifog dipasangkan ke kaca.

BACA JUGA: Spesifikasi dan Harga Helm KYT NX-Race, Full Face Generasi Terbaru, Sudah Tear off Ready

Pinlock

Apa itu pinlock? Sebenarnya pinlock adalah antifog. Saya tidak tau sejak kapan orang-orang menyebut antifog menjadi pinlock. Namun yang pasti adalah banyak yang salah kaprah tentang pinlock dan antifog. Pinlock sebenarnya adalah nama merknya.

Antifog pinlock helm LS2 Arrow

Jadi penyebutan yang benar adalah antifog bukan pinlock.

Tear Off

Jika antifog dipasang pada sisi permukaan dalam kaca, maka tear off dipasang di permukaan luar kaca. Tear Off adalah lapisan yang berbentuk sebuah plastik tipis yang berfungsi untuk menjaga visor dari goresan. Bahasa kasarnya adalah sama dengan anti gores.

Tear Off Pin

Untuk memasang tear off, kita membutuhkan yang namanya tear off post dan pin tear off. Tear off post berfungsi sebagai kedudukan tear off sedangkan pin tear off berfungsi penguncinya. Jika anda sering dan memperhatikan helm yang digunakan oleh pembalap MotoGP atau Formula 1 maka anda akan melihat semua helm yang mereka gunakan pasti menggunakan tear off hingga 3 lapis bahkan ada yang 5 lapis.


Tujuannya adalah jika lapisan tear off pertama sudah kotor atau pandangannya sudah kurang jelas, maka si pembalap bisa langsung melepas tear off lapisan yang kotor tersebut tanpa harus mengganti kaca helm ke Paddock dulu yang akan memakan banyak waktu.

Proses pemasangan Tear off clear di helm LS2 Arrow

Tearoff juga memiliki beberapa pilihan warna, ada warna clear, mirror, iridium blue, dll. Visor yang bisa dipasang tear off tak sembarangan, melainkan harus visor jenis flat visor. Ini karena jika visor cembung yang dipasangkan tear off maka tear off tidak akan bisa terpasang dengan rapat.

BACA JUGA: Wajib Tahu! Iniloh Jenis-Jenis Kaca Helm Berdasarkan Tipe dan Warna

Saat ini fitur tear off adalah salah satu fitur yang banyak dicari oleh para helm lovers. Jika anda ingin membeli helm yang sudah tear off ready, beberapa helm sudah menyediakan fitur ini secara bawaan seperti pada helm KYT NX Race, Thunderflash, HJC RPHA 11, Shoei X-14, dll

Jadi kesimpulannya adalah antifog bertugas untuk mencegah embun pada visor, kemudian pinlock adalah antifog yang merknya pinlock, sedangkan tear off adalah pelapis anti gores visor helm.