Ini Dia 6 Cara Memperbaiki Kaca Helm yang Kendor, Bisa Pakai Barang Bekas
Cari Berita

Advertisement

Ini Dia 6 Cara Memperbaiki Kaca Helm yang Kendor, Bisa Pakai Barang Bekas

Kotak Helm
Jumat, 12 Oktober 2018

Kaca (visor) adalah bagian helm yang berfungsi sebagai pelindung wajah. Visor ada 2 jenis, ada jenis flat dan ada jenis non flat. Sedangkan dari warnanya, visor terdiri dari beberapa warna seperti clear, rainbow, dark smoke, iridium gold, dll.

Setiap helm memiliki ukuran kaca yang berbeda-beda, namun ada beberapa helm yang memiliki ukuran yang sama dan bisa digunakan untuk helm lain bahkan berbeda merk. Contohnya seperti kaca KYT DJ Maru dengan kaca Shel Rover.

Meskipun berbeda-beda jenis dan ukurannya, visor helm sering mengalami permasalahan yang sama, salah satunya adalah longgar atau kendor. Biasanya, visor helm yang kendor ini terjadi karena beberapa hal antara lain adalah Derat kaca sudah aus atau Kunci baut pada kaca kurang kuat.

Untuk memperbaiki kaca helm yang kendor, kotakhelm.com memberikan beberapa cara benerinnya yang akan dijelaskan di bawah berikut ini,

BACA JUGA: Daftar 7 Pembalap MotoGP yang Pakai Helm KYT

Kunci Baut Kaca Sampai Kuat


Kaca yang longgar bisa disebabkan karena baut pada kaca tidak terkunci kuat. Gunakan obeng plus atau obeng minus untuk mengencangkan baut kaca sampai kuat. Jika tidak berhasil, coba cara selanjutnya.

Pakai Solasi Ban


Kita bisa memanfaatkan benda yang ada disekitar kita, contohnya solasi ban. Gimana caranya?

Cara Memperbaiki Kaca Helm yang Kendor pakai solasi ban
Sumber: kaskus.co.id

Step1: Buka visor helm terlebih dahulu. Step2: Tempelkan solasi ban di bagian derat atau gerigi yang ada di body helm. Step3: Tempelkan agak dua atau tiga tempelan (tumpuk) biar tebal. Step4: Pasang kembali kaca helm.

Pakai Ring Baut


Ring baut
Ring Baut

Ring yang biasa digunakan untuk baut juga bisa dimanfaatkan untuk benerin kaca helm yang longgar. Caranya sangat sederhana, letakkan ring di antara knob dan lubang kaca, lalu kunci bautnya.

Pakai Ban Dalam Bekas


Dengan sedikit sentuhan gunting atau pisau cutter, ban dalam motor yang sudah tidak dipakai dapat dimodifikasi menyerupai ring. Dibentuk menjadi ring kemudian templkan di bagian gerigi pada kaca atau body helm lalu kunci bautnya.

Ganjal Pakai Kain


Buat kain menjadi beberapa lapisan kemudian bentuk menjadi sebuah ring, lalu letakkan kain di bawah kaca kemudian kunci bautnya.

Pakai Plastik Aqua Bekas


Cara Memperbaiki Kaca Helm yang Kendor pakai akua gelas
Sumber: enoanderson.com

Potong bagian bawah aqua gelas sehingga membentuk lingkaran, lalu beri lubang di tengahnya kemudian pasangkan ke kaca helm dan kunci.

BACA JUGA: Kaca Helm Photochromic, Kaca Magic Bisa Berubah Warna

Pada intinya, banyak barang disekitar kita dapat digunakan sebagai bahan yang fungsinya adalah untuk mengganjal kaca agar tidak turun-turun. Bisa pakai kertas, karet, dan lain-lain. Namun cara ini tidak tejamin dapat bertahan lama.