Full Review Helm Shoei X14 (X Fourteen), Harga dan Spesifikasi
Cari Berita

Advertisement

Full Review Helm Shoei X14 (X Fourteen), Harga dan Spesifikasi

Kotak Helm
Sabtu, 15 September 2018

Diluar amerika helm X14 (X Fourteen) ini lebih dikenal dengan nama X-Spirit 3. Dimana helm ini merupakan upgrade dari series sebelumnya yakni X-Spirit 2.

Helm ini rilis ditahun 2016 dengan membawa pembaruan baru terutama untuk sistem aerodinamis, stabilitas, dan lubang ventilasi udara.

Sepertinya Shoei tidak main-main untuk mengembangkan series X-Fourteen ini, ini terlihat sangat jelas dari kerja sama yang dilakukan antara sohei dengan Marc Marquez dan Bradley Smith di circuit MotoGP.

Tampak helm shoei x 14 (X-Fourteen) Bradley Smith dari sisi samping kanan yang tampil aerodinamis.

Dan berikut adalah daftar fitur yg terdapat pada helm buatan Amerika ini:

  • Sertifikat Snell M2015
  • 4 shell sizes
  • Ventilasi lebih banyak dan lebih besar
  • Double D Ring Strap
  • Fitment sizes XS-XXL
  • Emergency Quick Relase System (E.Q.R.S)
  • Antifog (Evo Pinlock)
  • fully removable, washable, replaceable and adjustable 3D Max-Dry Custom Interior System
  • Visor Lock


Safety


Shoei memiliki reputasi yang tak perlu diragukan lagi untuk soal keamanan. Faktanya helm ini masuk ke dalam daftar helm ter-aman selama 5th berturut-turut versi billyscrashhelmets dan juga shoei X-Fourteen ini berhasil mendapatkan rating 5 bintang dalam tes uji keamanan yang dilakukan oleh SHARP.

Cangkang (shell) X-Spirit III dibuat dari apa yang Shoei sebut dengan shell AIM yang mana ini merupakan komposit 6 lapis yang sangat kompleks. Namun Yg pasti Fiberglass dan Organic Fiber adalah material shell andalan Shoei. Karena shoei tidak pernah menggunakan meterial selain material terbaik tersebut.

X-Fourteen telah diuji oleh SHARP pada musim panas 2016 dan berhasil mencetak lima bintang. Penggunaan  Konstruksi shell helm itu tampaknya berhasil, ditambah dengan multi density shock absorbing EPS liner, empat ukuran shell (baik untuk keselamatan dan fitment yang akurat) dan strap double D Ring.

Noise


Fitur stabilitas, ringan, aerodinamis dan tenang adalah fitur yang menjadi prioritas pada helm sportbike. X-Fourteen sendiri adalah helm yang cukup tenang.

Jika anda ingin mendapatkan ketenangan secara maksimal anda dapat menutup ventilasi udara hingga menggunakan penutup telinga.

Ventilasi


Shoei telah melakukan banyak upaya untuk mengoptimalkan ventilasi pada X-Fourteen. Dan kali ini dengan memasang dua chin vent yang terpisah ke dalam pelindung dagu. Yang teratas (dioperasikan oleh slider atas / bawah) mendorong udara ke sekitar mulut dan naik ke bagian belakang visor.

Tetapi juga terdapat celah di bagian pelindung dagu yang posisinya lebih rendah, yang dioperasikan lagi dengan penggeser untuk membuka atau menutupnya, dan yang satu ini akan mengarahkan udara ke pipi tempat bantalan pipi berventilasi yang memungkinkan udara mencapai pipi dan menjaga sisi wajah tetap dingin.

Ventilasi udara yang mengalir dari bagian lubang ventilasi dagu masuk hingga mengalir juga ke pipi 

Ini pertama kalinya saya melihat ventilasi pipi seperti ini di helm.

Dibagian dahi terdapat lubang ventilasi yang dapat menarik udara melalui saluran tersebut dan mengalirkannya ke dalam EPS sehingga udara juga mencapai kulit kepala. Dan ventilasi bagian atas ini juga dioperasikan oleh slider yang dibuka tutup.

Serta dibagian belakang pada posisi spoiler juga terdapat lubang ventilasi udara yang memungkinkan udara panas keluar dari dalam helm.

Karenanya helm ini menjadi sangat dingin dikepala karena sistem ventilasi udara yang telah dioptimalkan.

Visor


Dalam kondisi dingin biasanya helm akan menjadi berkabut kerna embun yang dihasilkan nafas. Untungnya helm ini juga dilengkapi dengan antifog pinlock Evo yang sudah 1 paket pembelian dan ada di dalam kotak.

juga tersedia Visor Photochromic transisi yang bisa dibeli terpisah untuk X-Fourteen, sehingga dengan visor ini akan secara otomatis menyesuaikan warna sesuai dengan seberapa cerahnya cahaya. Sangat bagus untuk di trek (meskipun harganya tidak murah).


Para pakar di Shoei telah berusaha keras untuk menciptakan sistem visor yang benar-benar efektif di X-Fourteen ini. Shoei X-Fourten memiliki sistem pencabutan visor yang cepat dan mudah, sehingga Anda dapat melepas visor Anda dengan cepat untuk membersihkannya atau menggantinya.

Yang menjadi catatan kedua helm ini adalah adanya garis turbulator yang berjalan di sepanjang sisi visor. Garis ini diciptakan untuk memecah aliran udara dan mengurangi hentakan serta kebisingan. Walaupun fitur ini tidak dapat memberikan efek yang signifikan, setidaknya shoei sudah berinovasi untuk menciptakan produk terbaik.

Aerodynamics


Saat mengendarai sepeda motor dikecepatan tinggi, anda akan membutuhkan helm yang efisien agar tidak menambah hambatan dan meningkatkan stabilitas sehingga konsentrasi anda menjadi lebih fokus ke depan.

Helm shoei X-Fourteen dirancang dengan rancangan yang aerodinamis, anda bisa melihat ini dengan adanya turbulator pada visor, kemudian yang paling jelas terlihat adalah spoiler belakang dan sayap-sayap kecil untuk penstabil helm terhadap kecepatan.

Kenyamanan dan Ukuran



Bagian dalam X-Fourteen berkualitas tinggi dan nyaman. Helm ini memang terasa ketat saat pertama kali dipakai, namun setelah masuk ke dalam kepala, helm ini terasa pas dan nyaman.

Lapisan interiornya tentu saja dapat dilepas dan dicuci, tetapi juga multi adjustable. Kain pelapis yang digunakan lembut. Nyaman saat bersentuhan langsung dengan kulit.

Untuk size, helm ini menyediakan size lengkap mulai dari XS-XXL

Looks dan Grafis


Shoei Bradley Smith

Tidak dapat dibantah bahwa helm Shoei X Fourteen ini memiliki tampilan dengan ciri khas tersendiri. Menurut saya Shoei helmet adalah helm dengan tampilan yang sangat bagus.

Ada dua varian warna yang tersedia, solid dan bermotif. Untuk varian solid hanya tersedia 2 pilihan warna yakni putih polos dan hitam gloss/matt. Sedangkan yang bermotif ada banyak pilihan motif termasuk motif edisi Marquez dan Smith.

Video


Berikut adalah video launching helm Shoei X14 featuring Marc Marquez. Lihat ekspersi muka Marc Marques saat melihat-lihat helm X 14 tersebut.

Harga


Helm X14 (X-Fourteen) ini dibandrol dengan harga mulai dari 9 juta hingga 10 juta rupiah.