Jenis dan Warna Kaca Helm yang Bisa dipakai Siang Malam
Cari Berita

Advertisement

Jenis dan Warna Kaca Helm yang Bisa dipakai Siang Malam

Jundi Alfaruqi
Minggu, 25 November 2018

Pada postingan sebelumnya, saya sudah sharing tentang pengalaman saya selama 2 tahun menggunakan helm double visor. Kali ini saya mau sharing lagi nih, topiknya ini adalah suatu hal yang paling sering ditanyain rider pada saat ingin membeli helm.

Kaca Helm yang Bisa dipakai Siang Malam

Gan, visor yang cocok untuk siang apa ya? Kalau untuk malam cocoknya pakai visor apa? Gan, kalau hujan biar pandangan nggak terganggu, enaknya pakai visor apa? Gan, visor biar nggak berembun caranya gimana ya?

Nah, kurang lebih seperti itu pertanyaan teman-teman khususnya kostumer-kostumer yang belanja helm di tempat saya.

BACA JUGA: Zahra Helm, Toko Helm Terlengkap di Pekanbaru

Oke, saya akan coba sharing sedikit sesuai pengetahuan dan pengalaman saya selama ini, namun sebelum itu, saya mau sharing sedikit informasi tentang kaca atau visor, apa itu visor, jenis visor, warna visor, dan fitur-fiturnya.

Apa itu Visor?

Visor adalah kaca pelindung wajah yang melindungi bagian wajah mulai dari mata, hidung, muka, pipi, mulut dari gangguan yang bisa menyebabkan cedera. Kaca juga bertugas melindungi wajah dari kotoran seperti debu, air hujan, pasir kerikil, angin, sinar matahari, serangga, dll .

Visor terbuat dari material plastik yang lentur dan tidak mudah pecah. Kenapa tidak boleh mudah pecah? Jika visor mudah pecah, ini akan sangat berbahaya bagi si penggunanya karena dikhawatirkan bagian yang pecah itu bisa melakuai wajah. Maka dari itu visor harus terbuat dari bahan yang tidak mudah pecah.

Jenis dan Warna Visor

Jenis visor ada dua, yang pertama flat visor, yang kedua non flat visor. Flat visor adalah visor yang permukaannya rata dan digunakan untuk helm balap seperti KYT NX-Race, HJC RPHA11, Shoei X-14, dll. Sementara non flat visor (visor cembung) adalah visor yang memiliki permukaan tidak rata atau cembung dan digunakan untuk helm harian seperti NHK R6, RDX Spyker, GM Interceptor, dll.

BACA JUGA : Kelebihan dan Kekurangan Flat Visor Untuk Helm Harian

Warna Visor terbagi atas 6 jenis warna, clear visor, smoke visor, smoke visor, dark smoke visor, mirror visor, dan iridium visor.

Clear Visor

Adalah visor yang warnanya transparan atau tembus pandang. Karena tembus padang maka tidak ada penghalang atau hal lain yang dapat mengurangi visibilitas pandangan. Visor clear adalah visor yang paling cocok digunakan di malam hari sob.

Smoke visor, Dark smoke visor, mirror dan iridium visor

Ke empat warna visor ini merupakan warna visor berjenis gelap. Apa beda smoke dan dark smoke visro?

Kalau smoke visor, gelapnya sedang, sekitar 50-60%, sedangkan dark smoke, gelapnya 90-100% dan udah pasti wajah kita nggak bakal kelihatan dari luar kalau pakai dark smoke visor. Sementara visor iridium adalah visor warna, contohnya iridium blue, red, yellow dsb.

Biar nggak pusing, langsung aja cek warna2 visor di bawah ini sob.

Smoke visor

Mirror visor

Clear visor

Iridium gold visor

BACA JUGA: Sharing Pengalaman Pakai Helm Double Visor, Ternyata Ini Kelemahannya

Iridium blue visor
Dark smoke visor

Fitur-fiturnya 

Visor juga punya fitur, fitur yg paling umum yg ada di visor adalah tear off post, dan antifog post. Tear off post gunanya sebagai tempat tear off yg berfungsi buat melindungi kaca dari kotoran atau benda2 yg bisa bikin visor lecet atau tergores.

Tear Off clear Shoei X-Fourteen

Sementara antifog post adalah tempat meletakkan antifog yg berfungsi sebagai pelapis anti embun. Dengan antifog, visor kita nggak bakalan berembun lagi sob, jadi mau cuaca hujan atau dingin, pandangan kita aman terkendali.

Visor yg tidak silau dan cocok untuk siang malam

Sebelumnya saya udah menjelaskan jenis visor, warna visor hingga fitur-fiturnya. Jadi bisa kita ambil kesimpulan bahwa visor yg bisa dipakai siang malam adalah visor clear, terserah apakah itu flat visor atau non flat visor yg penting warnanya clear.

Namun kaca clear memiliki kekurangan yakni tidak anti silau. Untuk mengkali ini, biasanya rider punya 2 visor untuk helm mereka, yakni clear visor dan dark visor. Pada saat siang maka gunakan visor dark, pada saat malam gunakan visor clear.

Wah, jadi repot dong? Ya emang begitu sob, sebenarnya sih ada namanya visor photochromic yang bisa berubah warna sendiri menyesuaikan kondisi cuaca, kalau cuaca terang kacanya jadi gelap, kalau cuaca gelap kacanya jadi terang. namun sayangnya visor jenis ini hanya tersedia untuk helm-helm tertentu saja dan harganya pun sangat mahal.

BACA JUGA: Visor Photochromic, Visor yang Bisa Berubah Warna Sendiri

Walaupun visor smoke sebenarnya juga bisa dipakai  malam hari, tapi visor smoke tidak di rekomendasikan. Walaupun mata sobat masih bagus, tapi tetap saja berbahaya sob apalagi kalau sedang turun hujan.

Visor berembun terjadi karena hembusan nafas di dalam helm pada saat kondisi cuaca dingin, untuk mengatasi ini, sobat bisa pakai antifog dengan syarat bahwa visor sobat memiliki antifog post.

BACA JUGA: Bikin Ngiler, Ini Spesifikasi dan Harga KYT NF-R Terbaru