24 Nama Bagian Helm Lengkap dan Fungsinya
Cari Berita

24 Nama Bagian Helm Lengkap dan Fungsinya

Jundi Alfaruqi
Jumat, 08 September 2017

Sama seperti motor, helm terdiri dari bagaian-bagian yang memiliki nama dan fungsi.

Bagian-bagian pada helm disebut dengan istilah : sparepart helm.

Anda bahkan termasuk saya sendiri pasti pernah merasa bingung saat ingin mengganti sparepart helm yang hilang atau rusak tapi tidak tau apa namanya.

Anda juga pasti pernah merasa salah menyebutkan nama dari bagian-bagian tersebut,

misalnya strap atau tali pengikat helm yang sering tersebut pengait dagu, atau busa yang sering tersebut gabus dan lainnya

Helm terbagi menjadi 2 bagian yaitu outer dan inner/interior.

shell, peak, visor, chin bar, air vent, busa pipi, karet, talang air, spoiler dll

Outer (Luar)


Yang termasuk bagian outer adalah shell, ventilasi, peak, sidepod, dan lain-lain. 

1. Shell / Hard Outer (Batok)

Batok merupakan bagian paling utama pada helm yang paling keras dan paling luas. Batok helm ada yang terbuat dari bahan plastik ABS, kevlar, fiberglass, tri composite, carbon dll.
adalah bagiab pelindung utama helm
Shell

2. Peak/Pet (Topi)

Posisi peak ada di atas kening. Biasanya helm yang memakai peak adalah jenis helm motorcross, supermoto, dan trail.
pelindung dari sinar uv dan lumpur
Pet
Peak pada helm berfungsi untuk melindungi dari sinar UV, kerikil, dan lumpur.

Peak pada helm ada berapa jenis ada yang modelnya bisa panjang dan ada yang pendek, ada yang bisa dilepas pasang dan ada yang tidak.

3. Air Vent (Ventilasi Udara)

Ventilasi udara atau air vent atau airflow fent pada helm biasanya terletak di bagian atas alis, atas kepala, dan belakang kepala.

Airvent
Lubang Ventilasi Udara
Fungsiny adalah sebagai jalan masuk dan keluar udara agar helm nyaman saat digunakan. Helm yang memiliki 3 lubang udara saja masih terasa panas loh, apalagi yang tidak memiliki lubang udara sama sekali

4. Visor (Kaca)

Kaca atau visor pada sebuah helm memiliki peran yang sangat penting bagi kepala kita. Terutama melindungi mata dari debu atau benda-benda lain yang beterbangan di jalan.
Visor
Visor
Warna kaca (Visor) kaca helm pada umumnya memiliki 4 jenis warna yaitu hitam, pelangi, silver, dan putih transparan. Namun, masih banyak warna-warna kaca lainnya yang dijual dipasaran.

Untuk kualitas kaca (Visor) helm sendiri memiliki banyak macam, ada yang berkualitas biasa, sedang dan berkualitas tinggi (Menggunakan Polikarbonate). Setiap kualitas tentu akan memiliki harga yang berbeda-beda pula.

Untuk tipe visor dibagi menjadi dua yaitu tipe visor cembung dan tipe visor flat.

5. Baut

Tidak semua helm memiliki baut pada bagian kuping, namun pada umumnya, hampir seluruh helm menggunakan baut pada bagian kuping yang berfungsi untuk mengunci kaca agar tidak naik turun sendiri.

Baut/Mur
Baut/Mur
tipe baut kuping helm pun bermacam-macam, ada yang tipe +, - dan ada juga yang menggunakan baut kunci L. Namun fungsi dari baut kuping helm tetap lah sama.

6. Rachet

Rachet adalah dudukan yang berfungsi sebagai tempat penjepit kaca. Biasanya rachet dilengkapi dengan tombol atau tuas yang bisa di buka tutup untuk melepas atau mengunci kaca.

Rachet
Rachet

7. Sidepod

Sidepod atau yang biasa disebut kuping helm adalah bagian helm yang terletak disamping yg fungsinya adalah sebagai penjepit kaca. Fungsinya sama seperti rachet namun cara kerjanya berbeda.

Sidepod
Sidepod

8. Strap / Tali Pengaman (Retention System)

Helm SNI wajib memiliki tali pengikat atau retention system. Retention system berfungi untuk mengikat helm di kepala agar tidak goyang atau terlepas dari kepala.

Strap
Strap Micrometric

Biasanya, retention system ini dibuat dari bahan nylon. Dan model atau jenis pengikatnya ada yang mode quick buckle, micromatic buckle dan yang paling kuat adalah model D-ring dan double D-ring yang biasa digunakan pada helm-helm balap.

9. Spoiler

Spoiler adalah bagian helm yang berfungsi untuk menjaga atau mengatur tekanan udara pada helm ketika digunakan untuk berkendara. Spoiler pada helm biasanya terletak dibagian atas agak kebelakang pada permukaan helm.

Spoiler
Spoiler

10. Chin Bar

Chin bar atau dagu merupakan bagian helm yang berfungsi untuk melindngi bagian dagu dari benturan jika terjadi kecelakaan. Biasanya chin bar digunakan pada helm type full face, cross, modular dan helm jenis helm lainnya yang memiliki dagu.

Chin bar
Chin Bar

Interior


Bagian interior maksudnya adalah bagian dalam helm. Apa saja bagian-bagian tersebut? berikut ini adalah penjelasannya:

1. EPS Shell

EPS Shell terlatak di dalam helm yang berada di antara batok (Hard Outer) dan busa (Comfort Liner). Pada umumnya, gabus ini terbuat dari polystyrene atau polypropylene. Fungsinya adalah untuk mengurangi efek benturan jika terjadi benturan.

Gabus helm
Gabus

2. Cheek Pad (Busa Pipi)

Busa pipi adalah bagian helm yang berada dibagian pipi baik kiri dan kanan. Busa pipi yang bagus adalah yang memiliki tekstur empuk dan halus

Cheek Pad
Cheek Pad

3. Crown Pad / Inner Liner (Kain Atas Interior)

Busa atau comfort liner terletak pada bagian dalam helm, yang mana bagian ini merupakan bagian yang bersentuhan langsung dengan kuliat pipi, rambut dan kepala.

Crown pad
Crown Pad
Biasanya, comfort liner yang bagus dibuat menggunakan kain yang halus, dingin dan lembut agar nyaman saat di gunakan.

Untuk jenisnya cuma ada dua jenis comfort liner, yaitu bisa di lepas atau tidak bisa dilepas.

4. Neck Roll (Busa Leher)

Busa leher, adalah  busa yang melingkar di bagian leher, biasanya helm full face memiliki neck rollnya lebih penuh jika dibandingkan dengan helm half face atau helm biasa lainnya.

Neck Roll
Neck Roll

5. Chin Curtain

Chin Curtain adalah bagian pada helm yang berfungsi untuk mencegah benda-benda seperti kerikil, pasir masuk ke dalam helm. Biasanya chin curtain digunakan pada helm-helm full face series. dan biasanya bagian ini dapat dibongkar pasang.

Chin Curtain
Chin Curtain

6. Nose Guard

Nose guard terletak  di dekat dagu helm. Fungsinya adalah untuk melindungi bagian hidung sekaligus mencegah hembusan nafas dari hidung langsung mengenai visor sehingga menyebabkan embun pada visor.
Nose Guard
Nose Guard

Aksesoris


Yang terakhir adalah bagian-bagian yang termasuk ke dalam bagian-bagian tambahan atau kita sebut aksesoris. Berikut ini adalah bagian-bagian yg termasuk ke dalam bagian aksesoris:

1. Double Visor

Pada saat ini, sudah banyak helm yang menggunakan dua kaca atau biasa disebut double visor. Biasanya, visor atau kaca tambahan ini diletakkan di dalam kaca utama yang berbentuk seperti kaca mata dan berwarna hitam.

Double Visor Dark
Double Visor

Helm yang memiliki double visor merupakan helm yang multi fungsi, karena bisa dipakai menyesuaikan kondisi cuaca.

2. Quick Visor Change (Tombol Pengganti Double Visor)

Helm yang memiliki dua kaca, sebaiknya memliki fitur quick visor change yang sangat berguna untuk berganti kaca dengan mudah dan cepat. Letak tombol ini biasanya berada pada bagian samping dekat telinga atau pada bagian atas helm.

Quick Visor Change Button
Quick Visor Change Button

3. Anti Fog Pinlock

Pinlock adalah aksesoris tambahan untuk visor (kaca) yang berfungsi untuk mencegah terjadi nya embun ketika hujan atau cuaca dingin. Letaknya berada di sisi bagian dalam kaca.
Anti Fog
Anti Fog

4. Pinlock Post

Pinlock pos adalah tempat untuk melekatkan pinlock pada visor. Bentuknya seperti jendulan dan letaknya berada di permukaan kaca bagian kiri dan kanan.
Pinlock anti fog post
Antif Fog Post


5. Tear Off

Sama seperti pinlock, tear off adalah aksesoris helm khusus untuk bagian visor, fungsinya untuk melindungi kaca dari goresan kerikil atau debu atau lainnya. Letak tear off berada di sisi bagian luar atau depan visor.

Tear off
Tear Off

6. Tear Off Post

Adalah tempat untuk melekatkan tear off. Tempatnya adalah tempat pinlock pos. Jika ingin memasang tear off pada helm yang sudah ada memakai pinlock maka sekrup pinlock harus diganti dengan sekrup tear off agar tear off bisa dipasang dengan baik.
Sekrup tear off
Sekrup Tear Off

7. Intercom

Intercom adalah perangkat aksesoris untuk helm yang fungisinya adalah sebagai alat untuk komunikasi dengan pengendara lain saat pergi touring, motovlog atau kegiatan berkendara lainnya. Salah satu merk intercom yang paling terkenal saat ini adalah Sena Intercom.

Intercom

Nah itulah beberapa bagian-bagian yang ada pada helm beserta fungsinya. Selain bagian-bagian yang sudah disebutkan di atas, sebenarnya masih ada beberapa bagian-bagian helm seperti emergency release system, air pump, dll. Namun bagian-bagian tersebut sangat jarang ditemukan pada helm kelas menengah kebawah.

BACA JUGA : Spesifikasi dan Harga Sena 30K, 20S, 10S, 3S