Bisa Siang Malam, Berikut Kelebihan dan Kekurangan Visor Photochromic
Cari Berita

Advertisement

Bisa Siang Malam, Berikut Kelebihan dan Kekurangan Visor Photochromic

Kotak Helm
Minggu, 16 September 2018

Visor Photochromic adalah jenis kaca helm yang secara otomatis dapat menyesuaikan warna sesuai dengan seberapa cerahnya cahaya. Saat cahaya kurang (gelap) warna kaca akan berubah menjadi clear dan saat cahaya terang, warna kaca akan berubah menjadi dark.


Photochromic adalah sebuah inovasi cerdas untuk perlengkapan helm yang memberikan fitur agar visibilitas pengendara menjadi lebih nyaman selama berkendara. Ini membuat anda lebih fokus untuk berkendara.

Visor Photochromic

Sebelum anda memutuskan untuk membeli visor Photochromic, ada baiknya anda mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Dan berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan visor Photochromic:

Kelebihan:


Anda akan mendapatkan banyak kelebihan terutama dari segi visibilitas yang menjadi lebih efisien. Anda tak perlu khawatir saat cuaca terlalu cerah karena visor Photochromic akan merubah warna visor menjadi dark.

Saat kondisi minim cahaya, maka molekul pada visor akan berubah dan menjadikan kaca berwarna clear sehingga penglihatan anda menjadi lebih jelas.

Dengan kata lain, visor ini dapat menjaga mata anda dari kerasnya sinar UV dan juga membantu mata anda untuk melihat lebih jelas saat cahaya kurang.

visor Photochromic juga dilengkapi dengan insert antifog yang tidak akan membiarkan kabut menutupi permukaan visor.

Selain itu, helm anda lebih terlihat tampan dengan visor Photochromic ini.

Kekurangan:


Meskipun Visor Photochromic memiliki kelebihan yang sangat menarik, namun juga terdapat kekurangan, salah satunya adalah molekul pada Photochromic membutuhkan waktu beberapa menit (120 detik) untuk menyesuaikan diri dengan cahaya sekitarnya.

Harganya yang tidak murah yakni sekitar 2jutaan untuk visor Photochromic Shoei CWR-1 Photochromic untuk helm series RF1200, RF SR and X-14.

Belum competible untuk banyak helm juga menjadi kekurangannya. Saat ini baru tersedia untuk helm yang diproduksi oleh Bell, yang memiliki mekanisme quick release, Yakni Helm Bell Star, RS-1, dan helm Bell Vortex. Dan untuk helm RF1200, RF SR dan X-14.

Kompetibel


The Bell Transitions Photochromatic shield kompatibel dengan helm yang diproduksi oleh Bell, yang memiliki mekanisme quick release seperti Helm Bell Star, RS-1, dan helm Bell Vortex

Lalu kemudian The Shoei CWR-1 Photochromic Shield kompatibel dengan helm seperti RF1200, RF SR dan X-14 helm.

Bell Transitions Photochromatic & Shoei CWR-1 Photochromic


Bell Transitions Photochromatic Shield memiliki lapisan berkualitas tinggi di permukaannya yang tidak akan meninggalkan goresan atau lecet di atasnya. Ini juga akan melindungi Anda dari sinar UVA dan UVB dengan lapisan pelindung. Bell Transitions Photochromatic Shield juga memiliki lapisan anti kabut khusus Bell NutraFog II yang tidak akan membiarkan kabut atau pengendapan di visor pelindung.

Shoei CWR-1 Photochromic Shield memiliki lapisan kimia photochromic anti-reflektif di atasnya. Reaksi kimia bertanggung jawab atas perubahan warna perisai pada pelindung wajah photochromic CWR-1 milik Shoei. Pelindung wajah ini disisipkan dengan sisipan Pinlock yang tidak membiarkan kabut menempel di layar visor. Ini adalah teknologi anti-kabut yang dipatenkan yang merupakan solusi terbaik untuk kabut di helm sepeda motor. Ini juga memiliki lapisan anti gores di dalamnya.

Fitur keamanan


Kedua visor Bell Transitions Photochromatic dan CWR-1 Photochromic sudah memenuhi standar keamanan Dinas Perhubungan AS yang berarti Anda dapat memakainya dengan aman di trek balap mana pun di dunia. Anda juga bisa memakainya saat berkendara harian.

Harga


Visor Shoei CWR-1 Photochromic Shield untuk helm seperti RF1200, RF SR dan X-14 memiliki harga sekitar 2 Juta rupiah. 

Yang Harus diingat Saat Membeli Visor Photochromic


Jangan bersihkan visor dengan kain pembersih biasa. Lapisan molekul photochromic pada pelindung wajah mungkin akan terpengaruh atau teknologi tahan kabut di visor akan berhenti berfungsi.

Juga, jauhkan dari air. Visor ini tidak untuk digunakan selama hujan, karena air hujan juga akan mempengaruhi lapisan anti-kabut pada pelindung wajah.

Tapi, jika Anda menggunakannya dengan hati-hati, pelindung wajah photochromic ini akan bekerja dengan baik selama bertahun-tahun.

Fakta lain yang harus diingat adalah bahwa Visor Photochromic hanya dapat digunakan untuk helm tertentu. Anda tidak dapat menggunakannya untuk model helm lain. Kalaupun bisa di modifikasi tentunya hal ini tidak disarankan karena standar keamanannya tidak terjamin lagi.

Cara Kerja Visor Photochromic



Cara kerja Visor Photochromic adalah secara otomatis molekul yang ada pada visor akan bekerja merubah warna kaca menyesuaikan dengan kondisi cahaya yang diterima. Jika cahaya terlalu terang, molekul pada kaca akan berkeja dan merubah warna kaca menjadi dark, sebaliknya ketika cahaya kurang atau gelap, molekul akan bekerja dan merubah warna kaca menjadi clear. Dan perubahan ini membutuhkan waktu sekitar 120Detik.

Video


Berikut ini adalah video transisi Visor Photochromic dari clear menjadi dark.