Apa itu Flat Visor? Kelebihan dan Kekurangan Kaca Helm Flat Visor Untuk Harian
Cari Berita

Advertisement

Apa itu Flat Visor? Kelebihan dan Kekurangan Kaca Helm Flat Visor Untuk Harian

Kotak Helm
Jumat, 27 Juli 2018

Flat Visor adalah salah satu jenis kaca atau visor untuk helm sepeda motor yang bentuk permukaannya datar seperti penggaris. Berbeda dengan visor biasa yang bentuk permukaannya cembung atau tidak rata. Biar lebih jelasnya, di bawah ini ada gambar bentuk helm yang menggunakan flat visor dengan yang menggunakan visor cembung.



Dari gambar di atas kita bisa melihat dengan sangat jelas perbedaan antara flat visor dengan visor biasa. Flat visor memiliki permukaan kaca yang datar sedangkan visor cembung memiliki lengkungan permukaan kaca.


Lalu apa kelebihan flat visor dibandingkan dengan visor cembung? Berikut ini adalah penjelasan kelebihan dan kekurangan pemakaian flat visor:

Kelebihan:
  1. Bisa untuk pasang pinlock
  2. Bisa untuk pasang tear off
  3. Bisa pasang list skotlet lebih mudah
  4. Lebih kelihatan ganteng

Kekurangan:
  1. Harga kaca flat mahal
  2. Tingkat aerodinamis berkurang

Kesimpulan Penggunaan Flat Visor Untuk Harian:

Penggunaan flat visor untuk harian menurut saya sangat rekomendasi karena beberapa kelebihan yang akan memberikan manfaat untuk kita sendiri dan demi keamanan serta kenyamanan. Misalkan penggunaan pinlock untuk mencegah embun pada kaca, atau penggunaan tear off untuk mencegah kerikil-kerikil kecil yang dapat menyebabkan gores pada kaca, itu semua hanya bisa di dapatkan ketika kita menggunakan flat visor.

Untuk masalah aerodinamis berkurang menurut saya tidak ada masalah karena toh kita hanya berkendara dalam porsi biasa aja yang tidak terlalu memberikan dampak besar kan?


Namun ada satu hal yang menjadi catatan jika ingin membeli flat visor yaitu, apakah tersedia flat visor khusus untuk helm tersebut? Atau harus di modifikasi lagi biar bisa pasang flat visor? Kalau harus modifikasi lagi, kayaknya sayang pakai flat visor, karena penggunaan visor malah bisa jadi nggak maksimal nantinya.