Cara Mengukur Lingkar Kepala Agar Kita Tahu Ukuran Helm Yang Pas
Cari Berita

Advertisement

Cara Mengukur Lingkar Kepala Agar Kita Tahu Ukuran Helm Yang Pas

Jundi Alfaruqi
Sabtu, 16 Februari 2019

Tau nggak sih helmet lovers, memakai helm yang benar bukan hanya sekedar masuk ke kepala, tapi pastikan juga posisi helm benar-benar fit pada seluruh bagian kepala.

BACA JUGA : Cara Menghilangkan dan Merawat Busa Helm yg Benar

Jika helmet lovers bingung dalam menentukan ukuran helm yang pas, salah satu cara terbaik untuk mengetahui ukuran helm yang benar adalah dengan melihat size yang tertera pada helm tersebut.

Cara Mengukur Lingkar Kepala Agar Kita Tahu Ukuran Helm Yang Pas
Biasanya produsen helm membuat keterangan size dari setiap helm yang mereka produksi seperti M,L dan XL misalnya. Size helm tersebut dibuat berdasarkan demensi lingkar kepala jadi helmet lovers dapat memilih helm yang sesuai dengan ukuran kepala.

BACA JUGA : Review : Helm KYT NX Race VS KYT NFR, Pilih Mana?

Lalu gimana cara mengukur lingkar kepala agar kita tau ukuran helm yang pas? Setiap size itu punya ukuran yang berbeda-beda, jadi helmet lovers bisa mengukur lingkar kepala menggunakan meteran lalu lihat tabel size chart di bawah ini untuk menentukan size apa yang sesuai dengan kepala helmet lovers.

Kalau tidak ada meteran, bisa pakai tali/benang dan penggaris sob. Secara standar nasional & internasional, size chart atau ukuran helm adalah sebagai berikut:

BACA JUGA : Daftar Harga Helm KYT Full Face Terbaru Lengkap Semua Series

Tabel Size Chart Helm

  1. Size XXS : 51-52 cm
  2. Size XS : 53-54 cm
  3. Size S : 55-56 cm
  4. Size M : 57-58 cm
  5. Size L : 59-60 cm
  6. Size XL : 61-62 cm
  7. Size XXL : 63-64 cm
  8. Size XXXL : 65-66 cm

BACA JUGA : Perbedaan Ukuran Euro Fit dengan Asian Fit Pada Helm

Walaupun begitu, ada beberapa merk atau tipe helm yang ukurannya tidak sesuai. Bisa lebih sempit atau lebih longgar.

Pemakaian helm dan ukuran berperan dalam menentukan fungsinya sebagai alat keselamatan. Helm yang pas dengan kepala biasanya akan mambuat muka pemakainya sedikit terdorong ke depan tapi tetap rapat dan tidak terasa sakit, artinya helm tidak dipaksa masuk dan muat dengan kepala. Selain itu saat digunakan helm juga tetap nyaman tanpa terasa terlalu ditekan.

BACA JUGA : Cegah Pemalsuan Standar Keamanan, Helm Wajib Punya QR Code 

Cara mudah lainnya untuk mengetahui apakah helm yang kita pakai terlau besar adalah dengan menggerakan helm ke kiri-kanan saat dipasang, bila rapat itu berarti pas. Selain itu bisa juga dari pandangan, coba gerakan mata ke kiri atau kanan, jika merasa atau terlihat ada yang menggangu berarti helm yang digunakan kebesaran.

BACA JUGA : Pembalap motoGP Ini Tes Kekuatan Helm NHK Pakai Shotgun