3 Jenis Bahan Dasar Pembuatan Cangkang Helm Beserta Tingkat Kekuatannya
Cari Berita

Advertisement

3 Jenis Bahan Dasar Pembuatan Cangkang Helm Beserta Tingkat Kekuatannya

Jundi Alfaruqi
Selasa, 29 Januari 2019

Shell atau dalam bahasa kita lebih dikenal dengan istilah cangkang adalah bagian terluar dari helm yang biasanya terbuat dari bahan plastik khusus yang kuat, ringan, dan awet.

Helm harus terbuat dari material yang kuat agar dapat memprotect kepala dari benturan dan material helm tidak boleh berubah bentuk meskipun saat terjadi perubahan suhu.

BACA JUGA : Cara Paling Ampuh Untuk Menghilangkan Bau Pada Busa Helm

Untuk mengetahui apakah material tersebut layak atau tidak untuk menjadi bahan dasar cangkang helm maka setiap helm yang diproduksi harus di tes kekuatannya.

Jenis Bahan Dasar Pembuatan Cangkang Helm Beserta Tingkat Kekuatannya

Helmet lovers tau nggak sih kalau ternyata cangkang helm memiliki jenis material yang tidak sama, dan dari semua jenis bahan dasar pembentuk cangkang helm tersebut juga memiliki tingkat kekuatan yang berbeda pula.

BACA JUGA : Nama-nama Bagian Helm Beserta Fungsinya

Kali ini saya ingin sharing sedikit mengenai jenis material atau bahan yang biasa digunakan untuk pembuatan cangkang helm.

Namun sebelum itu, saya ingin berbagi sedikit tentang bahan baku helm yang harus memenuhi ketentuan dan syarat mutu yang sudah ditetapkan Badan Standardisasi Nasional (BSN) dalam SNI 1811:2007 berikut ini,
  • Dibuat dari bahan yang kuat dan bukan logam, tidak berubah jika ditempatkan di ruang terbuka pada suhu 0 derajat celsius sampai 55 derajat celcius selama paling sedikit 4 jam dan tidak terpengaruh oleh radiasi ultra violet, serta harus tahan dari akibat pengaruh bensin, minyak, sabun, air, deterjen dan pembersih lainnya. 
  • Bahan pelengkap helm harus tahan lapuk, tahan air dan tidak dapat terpengaruh oleh perubahan suhu. 
  • Bahan-bahan yang bersentuhan dengan tubuh tidak boleh terbuat dari bahan yang dapat menyebabkan iritasi atau penyakit pada kulit, dan tidak mengurangi kekuatan terhadap benturan maupun perubahan fisik sebagai akibat dari bersentuhan langsung dengan keringat, minyak dan lemak si pemakai.

Bahan Dasar Utama Helm

Ada 3 jenis bahan baku yang umumnya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan helm. Setiap bahan memiliki tingkat kekuatan yang berbeda-beda. Jadi wajar saja jika helm memiliki perbedaan harga karena semakin bagus jenis material yang digunakan maka helm juga jadi lebih aman dan harganya bisa jadi lebih mahal.

Plastik ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene)

Biji plastik ABS

ABS adalah salah satu jenis plastik thermoplastic yang kuat, tahan lama, tahan gores dan kimia dengan permukaan yang halus.Plastik ABS sering digunakan untuk pipa, stik golf, parts otomotif, pelindung kepala / helm dan mainan.

Beberapa merk helm yang menggunakan material ini adalah RSV, GM, BMC, beberapa series dari NHK, beberapa series dari KYT, dll.

Tri-Fiber Composite 


Tri fiber composite adalah jenis plastik yang terbuat dari Fiber, kevlar dan karbon yang dicampur dan dicetak. Kelebihnya helm jadi lebih rigid namun mempunyai bobot yang ringan dibandingkan material ABS.

Selisihnya bisa sampai 150 gram lebih ringan dibandingkan dengan helm jenis termoplastik ABS. Sehingga harganya pun lebih mahal dari helm yang masih berbahan ABS.

KYT NX-Race

Untuk perbandingan, KYT RC-7 yang berbahan Termoplastik memiliki berat 1.500 Gram atau 1,5 Kg, sedangkan KYT NX-Race 2018 yang tipe Tri-Fiber Composite punya berat 1.350 G atau 1,3 Kg, Lumayan kan selisihnya?

Beberapa seri helm yang menggunakan material jenis Tri-Fiber Composite ini adalah seperti KYT C5, KYT NX-Race, NHK GP R-Tech 2018, dll.

Full Carbon

Untuk mendapatkan helm berbahan dasar Full Carbon, helmet lovers harus merogoh kocek lebih dalam lagi.

Carbon adalah jenis plastik paling kuat dan paling ringan dari kedua jenis plastik sebelumnya ABS dan tri-fiber composite dan juga punya harga yang lebih mahal.

Arai RX-7X SRC Full Carbon

Selain enteng, tentunya pemilihan bahan full carbon juga karena sudah diuji aman untuk meredam benturan. Rata-rata helm yang pakai serat karbon lebih enteng, maksimal setahu saya beratnya 1.300 Gram kurang lebih.

BACA JUGA : Daftar Harga Helm KYT Semua Tipe Terbaru

Helm-helm yang dibuat dari serat carbon dibentuk melalui sistem Blow Molding. Proses pengeerjaannya semi manual antara manusia yang menyiapkan resin dan serat karbon. Kemudian ditiup menggunakan mesin di dalam cetakan. Setelah dingin cangkang atau shell akan mengeras tinggal dirapikan lalu dicat.

Beberapa helm yang menggunakan full carbon sebagai bahan dasarnya seperti Arai RX-7X SRC Carbon, AGV Pista GP-R Carbon dll.

BACA JUGA : 7 Modifikasi Helm KYT Vendetta 2 Paling Keren