,

Ads

Cara Membersihkan Visor Iridium Yang Baik dan Benar, Jadi Seperti Baru Lagi

Jundi Alfaruqi
13 Des 2021, 10:08 WIB Last Updated 2021-12-13T03:32:47Z
Cara membersihkan visor iridium sekaligus merawat


Kenapa kita harus membersihkan visor iridium? salah satu alasannya adalah untuk menjaga kebersihan visor itu sendiri. Selain itu juga untuk menjaga kualitas visor iridium agar tidak mudah rusak. 


Secara material, dasar visor iridium memilik dasar visor yang sama seperti visor biasa. Hanya saja, visor Iridium diberi lapisan warna khsusus yang disebut dengan iridium. Karena hanya berupa lapisan, maka sangat mungkin lapisan Iridium ini dapat mengelupas atau luntur yang disebabkan berbagai macam hal, salah satunya adalah kaca iridium yang dibiarkan kotor dan tidak dibersihkan.


4 TIPS & CARA MERAWAT VISOR IRIDIUM YANG BAIK DAN BENAR


Cara merawat visor Iridium yang akan kami bahas ini bisa diterapkan untuk semua jenis warna, blue, silver, dan rainbow. 


Sebelum kita masuk ke cara merawat visor iridium ada baiknya kita mengetahui jenis kerusakan-kerusakan yang sering terjadi pada penggunaan visor iridium. Secara umum ada 4 kerusakan visor yang paling sering dialami pengguna Iridium yakni:


  1. Baret / Lecet Halus
  2. Luntur / pudar
  3. lapisan iridium terkelupas
  4. Pecah


Kerusakan-kerusakan tersebut tidak dapat dihindari namun masih bisa dicegah dengan cara melakukan perawatan yang baik dan benar, berikut adalah cara perawatan visor Iridium :


Cara membersihkan visor iridium


KERINGKAN VISOR SEGERA JIKA BASAH


Visor adalah alat pelindung wajah. Selain sebagai penangkal dari sinar matahari yang membuat mata sakit dan lelah, visor juga bertugas melindungi bagian wajah dari semua kemungkinan benda-benda atau material yang dapat mencederai bagian wajah, contohnya seperti air hujan dan air cipratan genangan dari kendaraan lain. 


Air yang membasahi visor seperti contohnya air hujan apabila tidak dibersihkan segera, dapat mengabitkan  visor menjadi kotor. Jika hal ini dibiarkan secara terus menerus dan tidak dibersihkan, dapat merusak visor itu sendiri, terutama untuk visor Iridium yang memiliki lapisan sensitif. Oleh sebab itu, sebaiknya visor segera dibersihkan.


Cara membersihkan dan merawat visor iridium


JANGAN GUNAKAN STIKER BERLEBIHAN PADA VISOR IRIDIUM


Sekarang ini lagi musimnya memasang stiker variasi pada visor. Tidak ada salahnya memasang stiker-stiker tersebut. Hanya saja hal yang perlu diketahui adalah penggunaan stiker dapat merusak lapisan iridium visor. 


Stiker yang ditempelkan menggunakan cairan lem tersebut dapat mengupas lapisan iridium visor, baik itu stiker yang menggunakan kualitas lem yang bagus dan aman apalagi stiker yang menggunakan lem perekat jelek yang murahan.


Oleh sebab itu, saran kami jangan menempel terlalu banyak stiker di visor iridium. Dan juga perlu berhati-hati saat melepas stiker dari visor, sangat memungkinkan lapisan iridium ikut terangkat bersamaan pada saat ingin melepas stiker tersebut.


Hal ini paling sering terjadi terutama pada kondisi stiker yang sudah sangat lama menempel di visor. 


Saran kami untuk pengguna visor iridium, pakailah stiker visor dengan tidak berlebihan, apalagi sampai memenuhi seluruh bagiannya. Lagipula tanpa stiker pun, visor Iridium sudah sangat keren.


Cara membersihkan visor iridium


SIMPAN HELM DI TEMPAT YANG BERSIH APABILA SUDAH SELESAI DIGUNAKAN


Untuk menjaga kebersihan helm dan seluruh part-part nya termasuk visor, saran kami, simpan lah helm di tempat yang kering dan bersih.


Apabila tidak ada tempat khusus, simpan saja helm di tempat yang aman, misalnya di atas lemari, meja, atau tempat lainnya yang aman dari bahaya seperti tersenggol secara tidak sengaja, dan lain-lain. Tidak perlu lemari khusus untuk menyimpan helm, dengan menggunakan sarung helm pun sudah cukup aman.


cara membersihkan visor iridium


PENGGUNAAN TEAR OFF PADA VISOR IRIDIUM


Memang sangat jarang yang memakai tear off pada visor Iridium, tapi jika anda menggunakannya, ada beberapa tips untuk anda agar visor Iridium tidak rusak akibat tear off.


Banyak yang tidak menyadari, terutama bagi para pengguna yang baru memakai tear off. Penggunaan tear off pada visor perlu berhati-hati terutama untuk visor jenis iridium. Tear off apabila digunakan dalam jangka waktu yang lama dan tidak diganti maka, dapat menimbulkan baret halus pada visor akibat gesekan dari debu yang menempel di sela-sela antara tear off dan visor.


Untuk pengguna tear off pada visor baik visor biasa seperti celar, smoke terkhusus untuk Iridium sangat disarankan mengganti tear off secara rutin. Waktu yang tepat untuk mengganti tear off apabila visor sudah kotor. Tidak ada aturan yang pasti tentang jangka waktu penggunaan tear off, anda bisa mengira-ngira penggunaan anda sebagai penggunan tear off apakah sudah perlu diganti atau tidak.


Yang pasti jika helm sudah dipakai di luar, pasti kotoran seperti debu, air dan lain menempel pada visor termasuk di sela-sela antara visor dan tear off. 


Sangat disarankan juga apabila helm tidak dipakai dalam waktu yang lama sebaiknya lepas tear dari helm dan bersihkan seluruh bagian visor termasuk bagian yang tertutup tear off.


Lalu bagaimana cara yang baik dan benar dalam membersihkan visor iridium? berikut ulasannya:


Tutorial cara membersihkan visor iridium


Langkah-langkah Cara Membersihkan Visor Iridium agar tampak berkilau seperti baru :


1. LEPASKAN VISOR DARI HELM TERLEBIH DAHULU


Untuk membersihkan visor secara merata dan sekaligus mempermudah pada saat proses pembersihannya, lepaskan atau bukalah visor dari helm. 


Catatan : Cara melepas visor pada helm tergantung dari merk helm yang digunakan. Jika tidak mengetahui cara melepas visor di helm yang anda gunakan, sebaikanya cari tau terlebih dahulu. Caranya bisa dengan mencari tutorial video di youtube, melihat di situs-situs web, atau membawa langsung helm ke toko helm di tempat anda. 


2. BERSIHKAN PERMUKAAN VISOR IRIDIUM DENGAN AIR BERSIH


Jangan langsung lap helm dengan kain. Kotoran yang menempel pada visor harus di bersihkan terlebih dahulu.


Saran kami, basuh visor dengan air keran terlebih dahulu. Caranya buka keran lalu ulirkan visor pada air keran untuk membuang kotoran seperti debu yang masih menempel.


Jika sudah, keringkan visor dengan kain microfiber yang lembut dan bersih sampai betul-betul kering.


3. GUNAKAN CAIRAN PEMBERSIH YANG AMAN UNTUK WARNA IRIDIUM


Banyak sekali cairan pembersih yang dijual dipasaran untuk membersihkan visor Iridium, tapi kami lebih suka menggunakan cairan SANPOLY.


Ada beberapa kelebihan menggunakan cairan sanpoly untuk membersihkan visor yakni :


  • Dapat dengan mudah menghilangkan kotoran yang sulit dibersihkan tanpa harus mengeluarkan tenaga yang keras
  • Tidak merusak cat atau warna
  • Membuat visor jadi bersih dan berkilau seperti baru
  • Membuat permukaan visor jadi licin atau tidak membuat permukaan visor menjadi kesat
  • Debu jadi tidak mudah menempel


Jika anda ingin menggunakan cairan Sonpoly seperti yang kami gunakan pada tutorial membersihkan visor iridium ini, bisa anda mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Cara membersihkan visor iridium


  1. Lepas visor iridium dari helm terlebih dahulu
  2. Bilas visor dengan air bersih untuk membuang debu atau kotoran kerikil halus yang menempel pada visor
  3. Tuangkan cairan sanpoly di wadah bersih secukupnya.
  4. Oleskan cairan pembersih sanpoly ke permukaan visor iridium secara lembut dan merata menggunakan jari. (note : Pada bagian kotoran yang sulit dibersihkan, gosok dengan jari secara lembut dan berulang sampai kotoran hilang)
  5. Tunggu cairan sanpoly kering
  6. Bersihkan cairan sanpoly yang sudah mengering dengan kain microfiber yang lembut dan bersih dengan cara menggosokkan kain secara lembut sampai terlihat permukaan visor bersih dari sisa bekas cairan sanpoly yang mengering tersebut.
  7. Jika cara ini dilakukan dengan benar dan sesuai langkah-langkah di atas, maka hasilnya visor Iridium akan bersih dan terlihat berkilau seperti baru
  8. Selesai 
  9. Jika sudah selesai, simpanlah semua peralatan pembersih dan peralatan lainnya yang telah kita gunakan ke tempatnya. 
  10. Sekarang visor Iridium sudah bersih dan siap disimpan atau digunakan kembali. 


TONTON JUGA : VIDEO TUTORIAL MEMBERSIHKAN VISOR IRIDIUM