,

Ads

Mengenal Fidlock, Sitem Tali Helm Canggih dan Praktis Dari Jerman

Jundi Alfaruqi
27 Nov 2021, 14:17 WIB Last Updated 2021-12-22T13:16:30Z
Tali helm jenis fidlock (magnet)
Fidlock


Fidlock adalah jenis atau model tali helm yang menggunakan sistem magnet sebagai pengunci atau pengikat. Dari segi arti dan fungsi, Fidlock sama dengan tali-tali helm lainnya yakni, sabagai salah satu fitur keamanan yang ada pada helm. Namun bedanya Fidlock menggunakan makanisme magnet sehingga pemakaiannya lebih mudah dan praktis dibanding tali helm model lain seperti DD Ring, Microlock, atau quick buckle.


Tali helm jenis fidlock (magnet)
Joachim Fiedler, penemu fidlock


ASAL USUL FIDLOCK


Sebelum kita membahas tentang tali helm fidlock, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu tentang fidlock itu sendiri. 


Sebenarnya Fidlock adalah merk dari sebuah perusahaan yang bergerak dibidang pengikat dan penguncian. Perusahaan ini membuat pengikat atau penguncian untuk berbagai jenis barang seperti gesper, tali helm sepeda, tali helm motor, tali sepatu, kancing baju, tas, sampai keperluan alat-alat medis yang mana seluruh sistem pengikat atau penguncian yang mereka buat itu, menggunakan sistem magnet. Itulah sebabnya mengapa fidlock dijuluki dengan sebutan fidlock magnetic buckle system.


BACA : 24 Nama Bagian-bagian Helm dan Fungsinya


Fidlock ditemukan pada tahun 2007 oleh seorang musisi bernama Joachim Fiedler. Ia adalah seorang musisi asal jerman yang memainkan alat musik cello, sebuah alat musik dawai yang masih satu keluarga dengan alat musik biola. 


"After I graduated from school, I studied cello and the inconvenient bow holder always got on my nerves. So, I have invented a magnetic holder and, additionally, a multi-functional seat cushion for the musician and a cello harness. This harness turned out to be my first patent.Interview with Joachim Fiedler - Founder of FIDLOCK


Jadi si Joachim ini mengalami kendala saat memainkan alat musik cello yang membuatnya gugup saat memainkan alat masiknya. Lalu kemudian dia menemukan ide untuk membuat alat untuk pemegang busur dari besi dan magnet untuk membantu ia dalam memainkan alat musik tersebut dan menghilangkan permasalahan yang ia hadapi. Kemudian ide yang ia buat tersebut menjadi sebuah inovasi yang kemudian dikembangkan lagi untuk barang-barang lainnya. Tujuannya untuk mempermudah pemakaian barang-barang tersebut.


Tali helm jenis fidlock (magnet)
Prototipe fidlock pertama


Contohnya seperti tali sepatu yang tidak lagi memakai tali model biasa namun diganti menggunakan sistem magnet, yang tujuannya agar buka pasang tali sepatu menjadi lebih mudah, cepat dan praktis. Selain tali sepatu, ada juga fidlock untuk tali helm, kancing jaket, tali tas, dan lain-lain. 


Singkat cerita, kemudian setelah di paten kan, sampai akhirnya berkembang-berkembang dan berlanjut, lalu dibuatlah inovasi-inovasi untuk pungunci barang menggunakan mekanisme magnet, termasuk juga pengunci tali helm yang sedang kita bahas ini. Jika anda penasaran mengenai perusahaan fidlock, untuk informasi lebih lanjut anda bisa mengunjungi situs fidlock.com .


Fidlock


KELEBIHAN FIDLOCK, APAKAH FIDLOCK AMAN? BAGAIMANA STANDARISASINYA?


Keunggulan sistem pengikat helm menggunakan magnet ini adalah lebih praktis, kita dapat mengunci tali helm dengan satu tangan bahkan dalam kondisi sedang memakai sarung tangan sekalipun. Buka dan tutup tali helm jadi lebih cepat, mudah, dan instan karena sistem kerja dari magnet yang hanya perlu ditarik untuk dilepas dan di dekatkan untuk mengunci secara otomatis.


KONSEP DAN CARA KERJA FIDLOCK


Konsep kerja FIDLOCK menggunakan gaya magnet untuk memfasilitasi pelepasan. Saat membuka pengencang magnet, polaritas magnet dibalik oleh gerakan dan komponen pengencang saling tolak. Lebih jelasnya, coba lihat video berikut ini :



Apakah helm dengan fidlock aman? tentu saja, karena pengunci fidlock telah memenuhi standar ECE-R22 dan DOT.


Tali helm jenis fidlock (magnet)


HELM LOKAL YANG MEMAKAI FIDLOCK


Sampai saat ini saya belum menemukan helm buatan lokal yang menggunakan sistem tali pengikat fidlock. Kalau helm buatan negara luar ada beberapa merk yang saya tau yang sudah menggunakan fidlock seperti, merk 509 asal canada dan Ruroc asal inggris. Beberapa seri dari merk tersebut sudah menggunakan fidlock yakni, seri helm 509 Altitude 2.0 dan Ruroc Atlas. Dan kedua seri helm tersebut sudah standar ECE dan DOT.


BACA : Potret 4 Jenis Tali Helm dan Perbedaannya