Hal yang Harus diperhatikan Sebelum Memasang Tear Off di Helm Harian
Cari Berita

Advertisement

Hal yang Harus diperhatikan Sebelum Memasang Tear Off di Helm Harian

Jundi Alfaruqi
Minggu, 18 November 2018

Biasanya tear off dipakai untuk helm balap. Fungsinya untuk melindungi visor helm dari kotoran atau kerikil halus yang dapat mengganggu penglihatan pembalap. Dan biasanya tear off pada helm balap, tear off yang digunakan bisa sampai 4 hingga 5 lapis loh.

Walaupun tear off sebenarnya digunakan untuk helm balap, faktanya sekarang ini banyak juga yang menggunakan tear off untuk helm harian. Katanya, Selain sebagai pelindung kaca, tear off merupakan salah satu faktor yang bikin helm terlihat keren maksimal.

Hal yang Harus diperhatikan Sebelum Memasang Tear Off di Helm Harian

Ada beberapa warna tear off, yakni iridium gold, iridium blue, mirror, yellow, dan clear. Tips memilih warna tear off yang tepat, kalau sering keluar siang hari, pilih warna yang gelap seperti mirror, atau blue. Kalau pakai helm di malam hari, lebih cocoknya pakai yang warna clear biar terang.

BACA JUGA: Kupas Tuntas Spesifikasi dan Harga Helm NHK R6 Terbaru

Jika sobat ingin memasang tear off untuk helm tersayang, berikut ini adalah hal yang perlu diperhatikan sebelum memasangnya.

Pertama, pastikan visor yang akan dipasang tear off adalah visor flat karena kalau visornya non flat atau cembung justru akan menimbulkan ruang atau celah antara tear off dengan visor, dan tear off nya jadi nggak berfungsi maksimal.

Yang kedua, pastikan visor yang akan dipasang tear off memiliki tear off post pada kedua sisinya sebagai tempat tear off shield. Kalau tidak ada, maka terpaksa visornya harus di bolongin dulu pakai bor. Dan ngebor nya harus hati-hati sob nggak bisa sembarangan, kalau salah malah jadinya merusak visor dan tear off nya nggak bisa terpasang.

Tear off pins
Tear off pins

Ketiga, jangan sampai salah membeli tear off. Karena beberapa helm memiliki ukuran tear off yang berbeda jadi pastikan tear off yang dibeli itu adalah tear off yang ukurannya sesuai untuk helm sobat. Kalau ragu, sobat bisa tanya langsung dengan penjualnya.

Kan sayang kalau udah beli eh, ternyata ukurannya beda.

Jangan lupa tear off pinnya juga dibeli ya sob, untuk pengunci tear off nya biar kenceng. Tear off pin ada banyak macam dan modelnya dan ada yang terbuat dari plastik, alumunium, besi, dll.

Tips Memasang dan Merawat Tear Off

Sebelum dipasang, jangan lupa untuk membersihkan permukaan visor dari kotoran biar nggak menimbukan gelembung pada lapisan tear off.

BACA JUGA: Daftar Harga Helm KYT Semua Tipe Terbaru (2018-2019)

Sebaiknya jangan gunakan tear off terlalu lama, kalau sudah dirasa kotor ada baiknya segera dilepas atau diganti karena penggunaan tear off dalam jangka waktu yang lama, dikhawatirkan justru dapat merusak visornya itu sendiri.

Untuk membersihkan tear off cukup dengan kain lembut yang di colek-colek halus saja dan tidak digosok kuat-kuat agar tear off nya nggak lecet karena tear off ini tidak anti gores.

Rekomendasi atau Saran helm yang sudah tear off ready?

Helm yang sudah tear off ready itu sangat banyak sob dan bisa sobat cari sendiri di toko helm offline ataupun toko online.

Khusus untuk helm full face yang sudah memakai flat visor dan tear off post ready yang kami rekomendasikan adalah KYT R10, KYT NX-Race, HJC RPHA 11, Arai RX7X, Shoei X-14, KYT NF-R, Dll.

Video Tutorial Cara Pasang Tear Off di Helm

Jika sobat merasa bingung gimana cara memasang tear off, sobat bisa liat dulu video di bawah ini. Video yang berdurasi kurang dari 5 menit ini menjelaskan secara detail dan jelas gimana proses pemasangan tear off di helm,


BACA JUGA: Jangan Sepelekan Helm SNI! Begini Proses Pengujian Helm SNI, eNggak Mudah