Ads

,

Ads

Review MDS Magnum : Spesifikasi, Harga, Kelebihan & Kekurangan

Jundi Alfaruqi
10 Jun 2024, 23:17 WIB Last Updated 2024-06-10T16:17:39Z
MDS Magnum

Diartikel kali ini kita bakal membahas seputar helm retro yang cukup mencuri perhatian media sosial karena keunikan fitur yang dimilikinya yakni MDS Magnum.


Agar tidak membosankan, kami ingin membahasnya dalam bentuk tanya-jawab sesuai dengan part dari helm MDS Magnum tersebut.


Tapi sebelum itu, mari simak spesifikasi singkat helm MDS Magnum berikut ini:


Spesifikasi Deskripsi
Material Thermoplastic
Ukuran SHELL All Size (1 ukuran)
Berat 1000 ± 20 gram
Visor Single Visor
Ventilasi Top Vent, Front Vent
Chinstrap Micrometric Retention System
Busa Removable Inner Liner
Ukuran M, L, XL
Standar SNI


1. SHELL : Ukuran, Batok, Material dan Bobot MDS Magnum


Pertanyaan : MDS memiliki 3 ukuran busa M,L, dan XL, apakah ukuran batoknya berbeda setiap ukuran?


Tidak, untuk ukuran batok luar/shell pada helm MDS Magnum hanya ada 1 ukuran saja jadi, yang berbeda hanya ukuran ketebalan busanya.


Pertanyaan : Bahan yang digunakan pada helm ini apakah kuat/aman?


ya, kualitas bahan pada helm ini memiliki kualitas yang bagus karena sudah berstandar SNI dan bahan yang digunakan adalah material Thermoplastic.


MDS Magnum memiliki kualitas bahan shell yang solid, terasa kuat, kalau di tekuk bagian pipinya dia tidak terasa lentur seperti helm SNI murahan.


Dan untuk kualitas finishing catnya sendiri juga bagus, permukaannya terlihat bersih dan rapih. Ketebalan cat merata disemua sisi. Tentunya helm ini sudah melewati proses quality control yang cukup ketat oleh MDS.


Layaknya seperti kualitas cat-cat pada helm produksi PT tarakusuma pada umumnya yang sudah terkenal dengan kerapihan dan ketahanannya.


Pertanyaan : Apakah helm MDS Magnum Berat? Terutama untuk Para Perempuan

Bobot
Bobot helm MDS Magnum (yt:jagoanhelm)


Menurut kami helm ini ringan banget karena bobotnya hanya 1.000 sampai 1.010 gram aja. Buat yang tidak betah pakai helm karena ngerasa helmnya berat, kami rasa MDS Magnum ini bisa menjadi alternatif atau solusi yang pas.


Pertanyaan : Dimensi helm MDS Sigma besar atau kecil? Cocok buat cowok dan cewek?


Menurut kami demensi helm ini masuk ke kategori kecil yang memang sudah disesuaikan dengan rata-rata ukuran badan orang Indonesia. Untuk perbandingannya lebih kurang sama besar seperti helm GM Evolution.


Helm ini cocok untuk cewek karena dimensinya kecil. Untuk cowok juga cocok-cocok aja karena desainnya yang netral.


2. Visor MDS Magnum : Warna dan Fiturnya


Pertanyaan : Banyak yang bilang Visor MDS Magnum itu Punya Fitur yang keren, keren gimana maksudnya? 


Visor adalah bagian yang menarik yang menjadi keunggulan di helm ini. Tidak seperti helm retro yang visornya itu terpisah di luar dan menggunakan sistem kancing, visor di MDS magnum justru berada di dalam helm yang sistemnya seperti kacamata (inner visor) pada helm double visor.


Kenapa kami katakan seperti helm double visor? karena visor MDS magnum diletakkan pada bagian dalam yakni diselipkan di antara lapisan batok dan EPS-nya sehingga bisa dibilang sistemnya seperti kaca pada inner visor di helm dengan double visor.


Namun yang membedakannya dengan inner sun visor adalah visor pada MDS Magnum ini menutup penuh sampai dagu bukan hanya menutup bagian mata saja.


Pada sisi bawah visor terdapat seperti cekungan yang mengarah keluar sehingga pada saat visor diangkat ke atas malah menambah kesan retro pada helm ini. 


Kenapa dibilang menambah kesan retro? karena cukungan tadi merubah tampilan yang awalnya visor ketika di tarik ke bawah terlihat seperti helm dengan visor biasa namun saat diangkat visornya terlihat seperti helm classic dengan sebuah peak tipis yang manis.


Pertanyaan : Apakah Visornya bisa diganti?


Jawabannya iya, karena visor MDS Magnum ini dirancang dengan sistem yang bisa dibongkar-pasang. Bagi kalian yang udah beli helm ini tapi belum tau cara melepas visornya, kalian bisa tonton dulu vidio tutorial cara melepas visor helm MDS Magnum berikut ini:



Pertanyaan : Visornya bisa untuk malam atau cuma siang aja?


Visor di MDS magnum menggunakan jenis visor cembung dengan jenis warna smoke. Warna smoke pada helm ini memiliki tingkat kegelapan sekitar 50% artinya masih bisa digunakan pada saat malam.


Tapi, kami lebih menyarankan jika kondisi jalan yang dilewati gelap atau sangat minim penerangan sebaiknya visornya diangkat saja.


3. Ventilasi Udara MDS Magnum


Pertanyaan : Apakah di helm Retro MDS Magnum ada ventilasi udaranya?


Ada, MDS Magnum memiliki lubang ventilasi, ada dua dibagian kening sebagai tempat masuknya udara dan dua di belakang sebagai tempat pembuangannya.


Pertanyaan : Lubang Ventilasinya tembus ke bagian kepala?


Sayangnya tidak ada lubang pada bagian EPS MDS Magnum ini sehingga udara yang masuk itu tidak dialirkan ke dalam kepala.


4. Busa Helm MDS Magnum : Ukuran, Kualitas Bahan, dan Jahitan


Pertanyaan : Helm MDS Magnum ada ukuran apa aja?


Ukurannya ada 3 yaitu M, L, dan XL. Berikut adalah size chart helm MDS Magnum berdasarkan keterangan pada kotak helm: 


UkuranLingkar Kepala
M57-58cm
L59-60cm
XL61-62cm


Semakin besar ukuran busa maka ketebalan busanya akan menipis dan begitu pula sebaliknya. Untuk mengukur lingkar kepala kalian bisa menggunakan meteran baju.


Kalau tidak ada meteran baju, bisa gunakan tali caranya lilitkan tali di kepala, kemudian tandai berapa panjang tali tersebut baru kemudian ukur menggunakan penggaris untuk mendapatkan nilai ukuran kepala yang pas sesuai dengan ukuran helm.


Pertanyaan : Apakah busa helm ini bisa dicuci?


Bisa banget, karena MDS Magnum sudah menggunakan sistem busa lepas pasang (removable inner liner). Baik busa atas maupun busa pipi pada helm ini semuanya sudah bisa dilepas pasang dengan mudah dan praktis.


Pertanyaan : Bagaimana Kulitas Busanya? Kira-kira bahannya awet atau gampang kempis?

Desain Interior

Busa pada helm MDS magnum memiliki kualitas yang bagus karena terbuat dari bahan yang berkulitas. Tekstur busanya empuk tapi kualitasnya bagus karena bahannya terbuat dari bahan yang tidak gampang kempis dalam waktu singkat. Kelihatannya cukup awet menurut kami.


Untuk jahitannya sendiri terlihat rapih dan juga bersih. Tidak ada terlihat bekas sisa benang jahitan yang berlebih, sudah dibersihkan.


Pertanyaan : Kalau Pakai Kacamata Gimana? Apakah Sudah Glasses Fit?


Memang tidak ada keterangan glasses fit pada bagian busa helm ini yang menandakan apakah dia support pengguna kacamata atau tidak. Namun dapat dipastikan bahwa busa helm MDS Magnum ini sudah support pengguna kacamata (glasses fit). 


Buktinya ada di vidio review jagoan helm yang sudah mencoba secara langsung menggunakan kacamata pada helm MDS Magnum dan hasilnya tidak ada masalah, tangkai kacamata dapat masuk ke dalam helm dengan mudah tanpa kendala apapun selama proses pemakaiannya.


Termasuk juga jarak antara kacamata dengan visornya memiliki jarak yang pas bahkan lebih dari cukup untuk menggunakan kacamata di dalam helm MDS Magnum.


4. Fitur Intercom


Pertanyaan : Ada slot buat pasang Intercom di MDS Magnum?


Ya ada, meski tidak tertera pada spesifikasi namun, jika kita lihat langsung kebagian dalam khususnya bagian telinga, di sana terdapat ruang yang cukup, memang tidak terlalu besar tapi pas untuk memasang speaker intercom. Hanya saja mungkin perlu sedikit disesuikan posisinya agar tetap nyaman.


5. Varian Warna dan Harga Helm MDS Magnum


Pertanyaan : MDS magnum ada varian motif grafis?


MDS Magnum memiliki beberapa varian warna yakni solid cream, coral, yellow lemon, grey, white, black dan black matt. Selain varian solid, juga tersedia varian motif grafis.


Pertanyaan : Kisaran Harga MDS Magnum Berapaan?


Kalau Online harga MDS Magnum itu berkisar antara 190 sampai 230 ribuan. Kalau beli di toko offline, harganya bisa bervariasi tergantung domisili masing-masing.