Review : KYT Dj Maru VS KYT Galaxy Slide, Pilih Mana?
Cari Berita

Advertisement

Review : KYT Dj Maru VS KYT Galaxy Slide, Pilih Mana?

Jundi Alfaruqi
Monday, 25 February 2019

Review: KYT Dj Maru VS KYT Galaxy Slide, Pilih Mana?

Adakah disini helmet lovers pecinta helm KYT? Kalau ada, pasti sudah nggak asing lagi dengan 2 series KYT ini.

Ya KYT Dj Maru dan KYT Galaxy Slide merupakan helm KYT yang bertema open face. Kedua helm ini memiliki bentuk yang sangat mirip sob.

Bahkan ni ya helmet lovers, saking miripnya terkadang jadi agak bingung membedakan antara keduanya.

BACA JUGA : Daftar Harga Helm KYT Semua Tipe Terbaru

Walaupun mirip, KYT DJ Maru tidak sama dengan KYT Galaxy Slide. Kedua helm ini membawa spesifikasi yang berbeda.

Nah, pada penasaran kan seperti apa perbedaan dari kedua helm KYT bertema open face ini? untuk menghilangkan rasa penasaran helmet lovers, yuk langsung aja kita simak ulasan reviewnya berikut ini...

Desain

Secara bentuk KYT Dj Maru memiliki bentuk yang mirip dengan KYT Galaxy Slide. Tapi jika helmet lovers perhatikan desain KYT Galaxy Slide terlihat lebih sporty atau lebih berotot dibanding KYT DJ Maru.

Lihat saja nih helmet lovers, body KYT Galaxy Slide terlihat ada lekukan-lekukan sementara body KYT DJ Maru terlihat bulat datar.

Atas KYT Dj Maru - Bawah KYT Galaxy Slide

Oia helmet lovers, selain bentuk, letak dan jumlah lubang ventilasi pada kedua body helm ini juga berbeda loh.

Material

Material adalah hal paling terpenting yang harus helmet lovers ketahui. Helmet lovers wajib tau nih apa sih material atau bahan baku yang digunakan helm ini dan seberapa kuat material tersebut.

Buat helmet lovers yang belum tau tentang material atau bahan baku pembuatan cangkang helm, helmet lovers bisa baca disini ya..

Balik ke topik nih sob, material yang digunakan untuk kedua helm ini ternyata sama yaitu menggunakan bahan berjenis thermoplastic resin.


Walaupun jenis thermoplastic yang digunakan tidak disebutkan secara jelas yang terpenting material yang dipakai kedua helm ini sudah bersertifikat SNI dan DOT, Jadi sudah teruji kekuatannya.

BACA JUGA: Enggak Mudah, Beginilah 9 Tahap yang Harus Dilalui Agar Helm Lulus Uji SNI

Visor

Non flat visor (kiri kyt Dj Maru & kanan galaxy slide)

Nah, ini pembahasan yang paling admin suka, ngebahas tentang visor helm.

Kedua helm ini sama-sama menggunakan visor non flat berwarna clear. Nggak cuma itu, ukuran visor dan rachet yg digunakan juga sama loh helmet lovers.

Jadi helmet kovers, visor Dj Maru bisa dipakai ke galaxy dan visor galaxy bisa dipakai ke DJ Maru.

Ditambah lagi kedua visor helm ini sudah menggunakan fitur quick visor release, wah sepertinya jadi makin mantul nih sob.

Bentuk rachet KYT Dj Maru & Galaxy slide dengan mekanisme quick visor release

Sepertinya dari segi visor tidak ada perbedaan antara KYT DJ maru dengan KYT Galaxy Slide ya helmet lovers.

BACA JUGA: Cara Melepas dan Memasang Visor KYT DJ Maru dan KYT Galaxy Slide

Double Visor

Double visor KYT Galaxy Slide

Fitur double visor pada helm ini sangat membantu sob, terutama bagi helmet lovers yang sering berkendara di siang hari. Double visor dapat memfilter sinar matahari sehingga dapat mencegah silau matahari sob.

Di KYT Galaxy sudah menggunakan fitur double visor, sementara KYT Dj Maru masih menggunakan single visor. Kali ini KYT Galaxy unggul dari Dj Maru nih sob..

Ventilasi Udara (Airvent)

Nah, untuk ventilasi udara KYT Galaxy slide lebih unggul jumlahnya dibanding KYT Dj Maru sob. KYT Dj Maru punya 6 lubang sedangkan Galaxy punya 8 lubang.


Posisi lubang antara kedua helm ini hampir sama sob, 2 lubang intake ada di jidat menggunakan sistem slide, 2 lubang exhaust lagi ada di atas spoiler, dan 2 lubang lagi ada di belakang untuk exhaust.


Busa Cheek pads, Crown Pad, Neck Roll


Kita lanjut ke sisi interiornya ya sob. Ada perbedaan yang terlihat sangat kontras dari kedua helm ini, terutama dari segi warna kainnya, Dj Maru memilih warna campuran merah hitam dengan warna merah yang lebih dominan.

Sedangkan KYT Galaxy memilih memakai warna abu-abu gelap campur hitam dengan warna hitam nya yang lebih dominan. Warna hitam memang terlihat membosankan sob dibandingkan warna merah yang terang, tapi warna terang agak lebih mudah terlihat kotor ya sepertinya.

BACA JUGA : Review Spesifikasi dan Harga Helm KYT Galaxy Slide GP San Marino Limited Edition

Kalau soal fitur sepertinya berimbang nih sob, kedua helm ini memiliki cheek pads, crown pad yang bisa dilepas dan juga dicuci.

Ada yang bilang katanya busa cheek pads KYT Dj Maru lebih tebal daripada Galaxy slide, benar nggak sih?

Benar sob, tapi nggak sepenuhnya benar. Busa cheek pad KYT Dj Maru memang lebih tebal sedikit daripada KYT Galaxy slide. Tapi busa KYT Galaxy ada lapisan eps. Coba lihat gambar dibawah ini deh sob biar kelihatan bedanya lebih jelas...

kiri Dj Maru - kanan Galaxy Slide

Lapisan EPS di galaxy slide itu menempel ditengah antara cheek pads dan outers shell. Lapisan tidak  tersebut bisa dilepas ya sob karena menempel dengan outers shell. Karena ditambah dengan adanya eps maka ketebalan busa KYT Galaxy seperti dikurangi.

Tali Pengikat


Berbicara tentang helm rasanya belum lengkap kalau kita belum ngebahas soal tali pengikatnya sob. Ada model quick, mocrolock, dan double D Ring, kira-kira model mana yang dipakai di kedua helm ini?

yap benar sob, keduanya masih pakai model quick (klik). Meskipun model ini terbilang jadul tapi model ini tetap aman kok untuk helm harian, apalagi sudah ada SNI-nya.

Size & Fitment


Shell size helm Dj Maru dan Galxy slide cuma 1 sob. Kalau size busanya ada S, M, L, dan XL.

Soal fitment keduanya saya kasih nilai 90. Kedua helm ini sangat nyaman sob, busanya empuk dan bagian telinganya luas sob. Tapi sayang helm terasa agak berat dibandingkan KYT 2 Vista yang biasa saya pakai.

Harga

Nah, ini yang paling penting nih helmet lovers. Harga KYT Dj maru enggak jauh beda dari galaxy slide. Dj Maru harganya sekitar 290ribu sampai 300ribu rupiah sedangkan galaxy slide harganya sekita 350 sampai 390ribu rupiah.

KYT Dj Maru Topan

BACA JUGA : Daftar Harga Helm KYT Tipe Full Face Terbaru

Kok lebih mahal galaxy slide? ya karena fitur di galaxy slide lebih banyak dibanding Dj maru, terutama untuk fitur double visornya.

Kesimpulan

KYT dj maru punya bentuk lebih bulat, sedangkan galaxy slide bentuknya lebih berotot. Jenis visor yang digunakan non flat visor dan sudah quick relase.

KYT Galaxy Slide Xavier Simeon Replica

KYT Galaxy slide memiliki double visor, sedangkan Dj Maru tidak. Tali pengikatnya sama-sama menggunakan model klik. Bagian liner bisa dilepas dan dicuci.

Tabel Rincian Spesifikasi KYT Dj Maru VS Galaxy Slide


Kira-kira lebih bagus mana nih sob? KYT Dj Maru atau KYT Galaxy slide, kalau admin sih lebih pilih galaxy slide karena fiturnya sedikit lebih banyak daripada Dj maru. selain itu modelnya juga lebih maco galaxy slide sih.

Kalau sobat punya penilaian sendiri tetang kedua helm ini, bisa tulis dikolom komentar ya sob..

BACA JUGA : Review Spesifikasi dan Harga Helm KYT Dj Maru Terbaru