,

Review Helm KYT Galaxy Slide 2 Kaca Terbaru 2021 dan Daftar Harga

Jundi Alfaruqi
1 Sep 2017, 00:35 WIB Last Updated 2021-12-25T15:37:09Z
KYT Galaxy Slide 2 Kaca


Helm KYT Galaxy slide dua kaca sudah dilengkapi dengan spesifikasi dan fitur yang lengkap sesuai dengan kebutuhan untuk aktifitas berkendara harian. Fitur unggulan yang ada di helm open face ini yakni hadirnya double visor atau sistem dua kaca. 


Selain itu, kaca utama dari seri KYT Galaxy Slide juga sudah dilengkapi dengan quick visor release yang tentu saja berguna untuk mempermudah saat proses perawatan kaca nantinya.


Fitur lainnya juga turut hadir dan melengkapi helm Open Face KYT Galaxy Slide 2 kaca ini, di antaranya yakni, busa dalam yang dapat dilepas dan ducici, fitur lubang anti maling (anti theft system), dan tombol sun visor otomatis (quick visor change). 


Untuk lebih jelasnya, berikut spesifikasi lengkap, fitur dan harga dari helm KYT Open Face seri Galaxy Slide dua kaca:


Spesifikasi KYT Galaxy Slide Series
 Ukuran  S (55-56 cm)
 M (57-58 cm)
 L (59-60 cm)
 XL (61-62 cm)
 XXL (63-64 cm)
 Tali pengikat  Quick Buckle
 Ventilasi  Vent depan
 Vent atas
 Vent pembuangan
 Kaca  Quick visor release
 Scratch Resistance
 Dua Kaca
 UV Protection (inner sun visor)
 Optical Grade Material
 Inner Lining  Busa pipi bisa dilepas
 Kain atas bisa dilepas
 EPS Cheekpads
 Bisa dicuci
 Shell  ABS Thermoplastic
 Berat  1.400 gram
 Dalam Kotak  Buku manual
 Sarung helm


REVIEW KYT GALAXY SLIDE DUA KACA

Sebenarnya helm KYT Galaxy Slide ini sudah rilis sejak lama, sekitar tahun 2016 atau 2017. Dan sudah banyak review tentang helm ini baik di situs-situs atau menonton langsung video nya di YouTube. 


Walaupun demikian, peminat helm seri KYT yang satu ini masih sangat banyak, dari berbagai kalangan dan usia. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa helm ini mempunyai desain yang cakep dan harga yang tergolong murah di kelasnya.


Helm dengan desain yang sporty seperti helm KYT Galaxy Slide tidak hanya menawarkan model yang cakep tapi juga didukung oleh spesifikasi dan fitur serta kualitas yang bagus. Terlebih lagi merk KYT yang sudah terkenal sebagai salah satu merk helm terbaik saat ini.


Mungkin banyak yang mencari helm ini namun masih mencari informasi mengenai beberapa hal seperti, bagimana review KYT Galaxy Slide? Apakah layak untuk dibeli? Kira-kira apa saja kelebihan dan kekurangan di helm dengan dua kaca ini? Untuk menjawab semua pertayaan-pertanyaan tersebut,  KOTAKHELM.com telah sajikan ulasan lengkap tentang seri helm KYT Open Face sebagai berikut :


DESAIN CAKEP, NYAMAN & RINGAN


Review KYT Galaxy Slide 2 Kaca


BACA JUGA : DAFTAR HARGA HELM KYT SEMUA TIPE LENGKAP TERBARU DESEMBER 2021


Melihat dari desainnya, helm KYT Galaxy Slide sendiri masuk ke dalam kategori helm open face. Secara keseluruhan, helm KYT Galaxy Slide dua kaca ini tampil dengan gaya yang sporty. Desain body nya menampilkan kesan yang cukup tegas dengan motif lekuk garis yang tipis dibagian samping kiri dan kanan helm nya. 


Untuk bagian belakang, seri KYT Galaxy Slide dibekali dengan Air Spoiler yang sekaligus juga terdapat lubang ventilasi udara yang berperan sebagai exhust pada helm open face ini. 


Varian warna seri KYT Galaxy Slide terbagi menjadi dua varian, varian solid dan varian motif grafis. Untuk pilihan warnanya sendiri ada banyak pilihan salah satunya adalah warna Gun Metal yang sedang kita review ini.


Lanjut ke soal bobot, helm ini memiliki bobot yang cukup ringan yakni sekitar 1.400 gram saja dengan material shell yang memakai bahan ABS (Akrilonitril Butadien Stiren), sejenis kopolimer termoplastik yang memiliki sifat tahan terhadap benturan.



Helm Open Face 2 Kaca KYT Galaxy Slide

  • Rasa penasaran kami mengenai berat asli dari helm ini akhirnya terjawab tuntas. Kami mencoba untuk melakukan penimbangan secara langsung, dan kebetulan seri Galaxy Slide yang kami timbang adalah ukuran L. Dari hasil yang kami dapat, bahwa berat keseluruhannya mencapai 1.363 Gram.

Dari hasil yang kami dapat tersebut, dapat disimpulkan bahwa berat helm ini masuk ke dalam kategori sedang, tidak berat tetapi juga bukan yang paling ringan untuk ukuran sebuah helm dengan kategori Open Face.


Secara kualitas keseluruhan yang tampak dari bagian luar kami menilai kualitas dari helm ini sangat bagus. Cat di helm seri dua kaca ini juga terasa tebal dan bersih, kemudian kualitas batok saat helm ini dipegang memang terasa sangat solid dan kokoh.


Kami juga melihat tingkat kebersihan produk pada helm KYT Galaxy Slide yang kami review ini. Dari pantauan langsung, kualitasnya memang sangat bagus, sajauh yang dapat dilihat, tidak ada bekas lem yang tertinggal atau berlebih pasca proses produksi, cat yang kusam atau kotor juga tidak kami temukan dan fakta lain yang juga kami temukan bahwa semua bagian pada sisi luar helm ini terpasang dengan rapat dan baik.


Artinya, hampir tidak ditemukan cacat produksi pada helm ini dan artinya lagi, kontrol kualitas yang dilakukan oleh KYT untuk helm mereka yang satu ini sangatlah baik.


FITUR 2 KACA & ANTI THEFT JADI KEUNGGULAN KYT GALAXY SLIDE

Helm open face dua kaca KYT

Setelah desain dan kualitas terjawab sudah, sekarang saatnya kita menggali lebih dalam lagi tentang keunggulan yang dimiliki oleh helm KYT Galaxy Slide ini. Mungkin rumus pertanyaannya lebih fokus ke apa saja keunggulan dari helm ini?


Kalau kita ingin bicara soal keunggulan atau kelebihan pada sebuah helm, maka kita tidak akan jauh-jauh dari yang namanya fitur. Disini kami menilai fitur pada sebuah helm dengan bobot nilai 1 sampai 5 dengan masing-masing keterangan nilai nya adalah:


  • Bobot nilai 1 = Tidak ada sama sekali
  • Bobot nilai 2 = Tidak lengkap (ada tapi terbatas)
  • Bobot nilai 3 = Cukup (standar)
  • Bobot nilai 4 = Lengkap
  • Bobot nilai 5 = Sangat lengkap

Kembali lagi ke helm yang sidang kita review ini, kami mencoba mencari semua fitur yang ada pada helm dengan melihat dan mengutak-atik helmnya secara langsung dan untuk referensi tambahan agar lebih lengkap lagi, kami juga menggali informasi yang ada di internet. 


Dari hasil yang kami temukan, bisa disimpulkan fitur-fitur yang ada pada helm KYT Galaxy Slide kami beri nilai lengkap.


Helm open face dua kaca kyt galaxy slide series
Quick Buckle


Fitur-fitur yang kami nilai selalu dibagi menjadi empat kategori fitur yakni fitur keamanan, kenyamanan, kemudahan, dan pendukung. Di helm ini kami hanya menemukan beberapa fitur keamanan seperti adanya EPS, Kaca dan tali pengikat yang masih memakai model Quick Buckle.


Dari kelengkapan fitur keamanan yang tersedia, nilai yang kami berikan untuk fitur keamanan yang ada di helm KYT Galaxy Slide ini kami beri nilai 3 saja (Cukup). Kami juga melihat dari segi kualitas setiap fitur. Namun penilaian kami lebih fokus ke tali quick buckle atau sistem tali pengaman.


Dan secara kualitas keseluruhan, tali pengaman yang ada di helm KYT Galaxy Slide ini terbuat dari material yang bagus, bukan seperti material quick buckle yang ada di helm murah 100 ribuan. Saat kami mencoba menguji kelancaran penggunaan tali pengikatnya, kami merasa cukup praktis dan mudah digunakan, baik pada saat memasang maupun saat melepas terasa halus tanpa macet sama sekali


walaupun hanya dengan menggunakan satu tangan sekalipun.
Namun lagi-lagi kekurangan tali pengikat model quick buckle ini adalah pada saat kondisi sedang memakai sarung tangan, terasa sulit untuk memasang ataupun melepas pengunciannya. Bahkan pada saat kami melakukan tes membuka tali pengikat dalam posisi tangan sedang memakai sarung tangan, pengunci pada tali pengikat hampir tidak bisa terlepas sama sekali.


Meskipun secara kenyamanan masih kurang sempurna, namun untuk keamanannya sudah bisa diketegorikan aman. Apalagi tali pengikat yang ada di helm KYT Galaxy Slide ini sudah lolos sertifikasi SNI.


Ventilasi udara


Sementara itu, fitur untuk kenyamanan kami menemukan beberapa fitur diantaranya adalah ventilasi udara. Dimana ventilasi yang telah disediakan pada helm ini termasuk yang sudah lengkap dan meliputi ventilasi udara masuk (air intake) dan lubang ventilasi udara pembuangan (air extractors).


Jika dijumlahkan total lubang ventilasi yang ada di helm KYT Galaxy Slide ini seluruhnya berjumlah 10 lubang yang terbagi menjadi 2 lubang ventilasi depan (front vent), dua lubang ventilasi atas (top vent) dan 6 lubang ventilasi pembuangan (air extractors).


Sistem ventilasi udara pada helm ini menerapkan sistem buka tutup, kecuali untuk air extractors yang ada di belakang memang tampil terbuka atau tanpa penutup, akan tetapi lubang air extractors yang ada dibelakang tersebut tetap diberi pelindung oleh KYT dengan menambahkan jaring pelindung alumunium.


Rasa penasaran kami muncul seketika setelah melihat banyaknya lubang ventilasi. Hal ini tentunya menimbulkan sebuah tanda tanya dipikiran kami, apakah lubang ventilasi pada bagian sisi luar helm ini terintegrasi dengan pelindung EPS yang ada di dalamnya? atau hanya hiasan semata? Untuk menjawab hal yang ditanyakan tersebut, akhirnya kami mencoba untuk menyelidiki lebih dalam helm KYT Galaxy Slide lebih dalam lagi. 


Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka hal yang perlu dilakukan adalah membongkar bagian dalam helm dengan cara melepas kain atas (crown pad) untuk melihat langsung ke bagian EPS.


KYT Galaxy Slide 2 Kaca
EPS Shell

Hasilnya, diawal pencarian, kami tidak menemukan lubang angin pada EPS. Padahal seluruh bagian interior helm seperti crown pad dan cheek pad sudah dilepas. Kami mengira awalnya helm ini tidak memiliki lubang angin EPS.

Namun ada sedikit yang menjanggal melihat bagian EPS yang ditutupi oleh kain. Muncul dugaan yang menurut perkiraan kami, lubang penghubung antara batok luar dengan bagian EPS di dalam tersebut tertutupi oleh kain hitam yang menempel tersebut. 

Untuk memastikan hal tersebut benar atau tidak, kami mencoba mengangkat helm ini dengan posisi menghadap atau melawan cahaya lampu dengan tujuan untuk menerawangnya. Karena, kami berpikir jika memang ada lubang atau celah pada EPS, walaupun tertutup oleh kain sekalipun pasti tetap akan terlihat jika ditembus oleh cahaya.

Tenyata perkiraan kami benar, ada 4 lubang pada EPS yang terlihat ditembus oleh cahaya lampu. Posisinya berada di bagian ubun-ubun kepala, berjumlah 4 buah dan masing-masing berukuran sebesar ujung jari kelingking orang dewasa.

Dari hasil yang kami temukan, kami bisa menyimpulkan bahwa lubang air intake yang ada di permukaan luar helm KYT Galaxy Slide ini dialirkan melalui 4 lubang angin pada EPS, artinya ventilasi udara pada helm benar-benar sesuai dengan fungsinya. 

Namun yang jadi pertanyaa kami, kenapa KYT menutup lubang-lubang angin tersebut? yang justru menurut kami malah menghambat udara yang ingin masuk ke dalam. Apa mungkin untuk meredam suara berisik yang ditimbulkan oleh angin yang masuk tersebut? Mungkin saja demikian.

Fakta lainnya yang kami bisa simpulkan dari penemuan ini adalah bahwa ventilasi atas (top vent) yang sudah kami tampilkan pada gambar ventilasi sebelumnya perlu kami ralat. Lubang udara yang kami kira awalnya adalah top vent tersebut ternyata bukanlah top vent, melainkan lubang pembuangan (air extractors).


Helm Open Face 2 Kaca KYT Galaxy Slide


PERAWATAN KACA JADI LEBIH MUDAH DENGAN SISTEM QUICK VISOR RELEASE


Sekarang kami akan membahas tentang sebuah fitur yang paling diunggulkan oleh KYT di helm Galaxy Slide series ini. Seperti yang sudah kami sebutkan di awal bahwa fitur tersebut adalah fitur dua kaca dan sistem pengaman anti maling (anti theft).


Namun, selain fitur dua kaca yang menjadi unggulan pada helm ini, kaca utama dari KYT Galaxy Slide sendiri juga memiliki sebuah fitur yang menurut kami sangat-sangat berguna yakni, quick visor release. Fitur ini menurut kami sangat berguna terutama pada saat melakukan perawatan kaca helm dimana kelebihan utamanya adalah pada proses buka dan pasang kaca jadi lebih mudah dan praktis.


Selain itu, fitur quick release pada kaca KYT Galaxy Slide juga menjadikan helm tampil lebih modern dan futuristis. Namun kami sadar bahwa kami juga harus membuktikan langsung mekanisme dari sistem quick visor release ini.


Kami melakukan beberapa kali tes pada fitur quick visor release ini dengan cara membuka dan melepas kaca. Hasilnya memang terbukti praktis namun kami merasakan ada hal yang sedikit kurang nyaman, yakni pada saat menarik tuas pengunci visor di ratchet untuk melepas kacanya, kami merasa tuas tersebut cukup keras untuk digerakkan. Untuk lebih jelasnya, kami sudah menyediakan tutorial singkat cara membuka dan memasang visor KYT Galaxy Slide sebagai berikut :


TONTON VIDEO TUTORIAL SINGKAT CARA MEMBUKA DAN MEMASANG KACA HELM KYT GALAXY SLIDE




Dalam video yang berdurasi 1 menit di atas, kami membuat beberapa kesimpulan mengenai fitur quick release yang ada di helm KYT Galaxy ini diantaranya adalah:


  1. Proses buka dan pasang kaca pada helm KYT Galaxy Slide jadi lebih mudah dan praktis
  2. Tidak memerlukan peralatan khusus (ex : obeng, tang, dsb)
  3. Bisa dilakukan dimana pun dan kapan pun 
  4. Lebih cepat jadi lebih hemat waktu
  5. Tuas ratchet pembuka kunci dapat digeser dan berjalan dengan baik dan mulus
  6. Ratchet terbuat dari bahan plastik yang tebal dan kuat


Secara keseluruhan sistem quick visor release dapat bekerja dengan baik, namun ada beberapa catatan atau saran yang menurut kami perlu untuk dipertimbangkan oleh KYT yaitu, memperbaiki sistem quick visor release pada helm dua kaca yang ada sekarang ini menjadi lebih baik lagi dengan cara mengganti per pada sistem tuas pengunci yang ada sekarang ini dengan jenis per yang lebih lembut, supaya menggeser tuas tidak keras sehingga bisa memberikan kenyamanan yang lebih baik lagi khususnya pada saat ingin membuka dan memasang kaca.


Helm open face 2 kaca KYT Galaxy Slide
Multi Step Visor Mechanism (Foto: KYT Galaxy Slide 2 Kaca)


Ada satu fitur lagi dan fitur ini masih berkaitan dengan kaca di helm KYT Galaxy Slide, nama fitur ini dalam bahasa inggris dikenal dengan sebutan multi step visor mechanism atau arti yang lebih mudah dipahami oleh kita adalah mekanisme jumlah langkah visor dalam menutup dan membuka.


Jadi intinya kami mencoba membuka dan menutup kaca helm KYT Galaxy Slide untuk menghitung berapa jumlah langkah yang diperlukan, dan hasilnya agar dapat membuka kaca secara penuh dari posisi tertutup, membutuhkan 4 langkah. Fungsi fitur kaca seperti ini jarang kita sadari tapi manfaatnya sangat kita rasakan.


Mungkin banyak yang masih bingung bagaimana maksud dari multi step visor mechanism? Ilustrasinya dapat dijelaskan seperti berikut: 


Kaca KYT Galaxy Slide memiliki 4 langkah untuk membuka kaca secara penuh. Pada saat mengangkat kaca 1 langkah, kita membuka kaca 1/4 bagian dan otomatis angin yang masuk juga terasa sedikit. Lalu kita angkat 1 langkah lagi, kaca terbuka menjadi 2/4 bagian, maka angin yang masuk akan terasa lebih banyak dari 1/4 bagian tadi. Lalu sekarang kita angkat sampai terbuka penuh, maka otomatis tekanan angin yang masuk bakal lebih besar lagi.


Dengan fitur multi step visor ini kita dapat mengatur lebar kaca yang kita buka sesuai keinginan. Bisa 1/4, 2/4, 3/4 atau terbuka penuh 4/4. Terkadang ketika sedang dijalan kita ingin agar ada sedikit angin yang masuk, dengan fitur ini kita dapat mengatur angin yang masuk tadi.


Helm open face dua kaca kyt galaxy slide


BUSA HELM BISA DILEPAS DAN DICUCI


Kami menilai fitur-fitur yang ada di helm ini sudah cukup lengkap mulai dari fitur yang ada di luar seperti fitur ventilasi udara yang tersedia, fitur dua kaca hingga fitur penting lainnya seperti fitur yang akan kita bahas berikut ini yaitu, fitur removable inner liner atau fitur busa yang dapat dilepas pasang.


Di KYT Galaxy Slide sendiri memang sudah dibekali dengan fitur busa yang dapat dilepas sehingga busa dapat dibersihkan atau dicuci dengan mudah dan tentunya secara otomatis dengan hadirnya fitur ini, kebersihan bagian busa helm dapat selalu terjaga dengan baik.


Fitur busa yang ada di helm KYT Galaxy Slide ini bisa dilepas pasang. Sistem perekat yang digunakan adalah menggunakan kancing benik (kancing tekan) berbahan plastik. Dari hasil pemantauan kami, kancing perekat pada busa pipi dan kain interior atas helm KYT Galaxy slide ini memiliki kekuatan perekat yang sangat kuat dan tidak mudah lepas.


Tentunya ini adalah sesuatu yang sangat bagus dalam hal untuk menjaga agar busa tidak mudah lepas saat dipakai. Secara kualitas, menurut kami, kualitas dari kancing benik yang digunakan termasuk jenis kancing yang bagus. Saat kami raba dengan jari, bahan kancing benik terasa solid dan kami perhatikan juga hasil pemasangan dudukan pada helmnya pun terpasang dengan rapih, kuat dan presisi.


Helm open face dua kaca KYT Galaxy Slide Series
Bentuk kancing busa model benik / tekan (Foto: KYT Galaxy Slide 2 Kaca)


Selain kancing busa, kami juga melihat kualitas busa helm dari berbagai sisi, mulai dari segi material, tingkat ketebalan, jenis kain yang digunakan sampai dengan kerapihan jahitan. Secara keseluruhan, kami pribadi puas dengan hasil pengamatan kami terhadap busa yang dibawakan KYT untuk helm dua kaca nya ini.


Tekstur kain yang membalut busanya terasa lembut saat disentuh dengan tangan, kami juga mengamati jahitan-jahitan pada kain, hasilnya sangat rapih, tidak kami temukan jahitan yang rusak dan juga tidak ada sisa benang jahitan yang tertinggal.


Untuk mengetahui kenyamanan busanya, kami pun mengetes langsung dengan melakukan fitting dikepala. Hal pertama yang kami rasakan adalah sangat nyaman, busanya terasa tebal dan empuk dan juga seluruh bagian kepala baik itu kening dan pipi dapat tertampung secara penuh dan pas. Namun untuk fitting kami sangat menyarankan anda untuk melakukannya secara langsung di toko, karena kami sadar bahwa ukuran dan bentuk kepala setiap orang berbeda-beda.


Helm Open Face dua kaca KYT Galaxy Slide
SNI DOT


STANDAR KYT GALAXY SLIDE SUDAH SNI DAN DOT


Satu hal yang penting untuk diketahui juga, bahwa helm KYT dua kaca atau yang bernama KYT Galaxy Slide ini tentunya sudah terstandarisasi SNI dan DOT. 


Logo SNI dicetak timbul, dan untuk posisi logo SNI tersebut, diletakkan di sisi helm sebelah kiri bawah. Sementara itu untuk logo DOT, posisinya berada di sisi helm bagian belakang bawah atau lebih tepatnya berada lebih kurang 3 cm dari logo KYT yang ada di atasnya.


Sekedar untuk informasi tambahan saja, mengenai hal penerapan logo SNI dalam cetakan timbul atau yang disebut emboss ini memang sudah menjadi aturan sejak lama. Yang mana, pada setiap helm yang beredar atau diperjual belikan di Indonesia wajib memakai standar SNI dan harus memberikan emboss pada helm tersebut sebagai penandanya.


Artikel ini telah terbit sejak tanggal 1 September 2017 dan telah diperbarui pada tanggal 8 Desember 2021.


DAFTAR HARGA HELM KYT GALAXY SLIDE TERBARU 2021


KYT Galaxy Slide 2 kaca terdiri dari beberapa tipe yakni KYT Galaxy Slide solid dan KTR Galaxy Slide motif grafis.


KYT Galaxy Slide solid memiliki varian warna putih, hitam, hitam doff, merah maroon, abu-abu, gun metal dan biru. Untuk KYT Galaxy Slide motif grafis ada catalunya, bullet green, 70 dan lain-lain.


Daftar harga KYT Galaxy Slide, yang diambil dari salah satu toko helm di online shop terpercaya (09/11/2021):


  1. Helm KYT Galaxy Slide Solid : Rp 360.000
  2. Helm KYT Galaxy Slide Motif Grafis : Rp 380.000
  3. 1 Paket : Busa Pipi dan Atas Helm KYT Galaxy Slide Asli : Rp 89.000
  4. 1 Paket : Kaca datar + Ratchet KYT Galaxy Slide Asli : Rp 135.000