Review Helm KYT NX Race VS KYT NFR, Pilih Mana?
Cari Berita

Advertisement

Review Helm KYT NX Race VS KYT NFR, Pilih Mana?

Jundi Alfaruqi
Minggu, 10 Februari 2019

Hallo helmet lovers..

Apa sih bedanya KYT NX Race dengan KYT NFR ini? nah kali ini kotakhelm.com akan membahas sebuah topik menarik yaitu tentang review helm KYT NX Race VS KYT NFR.

BACA JUGA : Spesifikasi dan Harga Helm MDS Supermoto Terbaru + Pilihan Warnanya

Setelah membaca artikel ini, saya yakin helmet lovers pasti bakal tau apa saja perbedaan dari kedua helm KYT series terbaru ini yaitu KYT NX Race dengan KYT NFR.

Review Helm KYT NX Race VS KYT NFR, Pilih Mana?

Kedua helm ini rilis pada waktu yang berdekatan di tahun 2018, tapi NFR diperkenalkan terlebih dahulu sebelum akhirnya KYT resmi memperkenalkan NX Race series di dekat akhir tahun 2018.

Jika helmet lovers perhatikan sekilas, mungkin agak sulit membedakan antara kedua helm ini karena memang desain kedua helm ini hampir-hampir mirip.

BACA JUGA : Daftar Harga Helm KYT Full Face Terbaru + Spesifikasinya

Nah, daripada helmet lovers bingung, mending langsung aja deh kita simak ulasan perbedaan helm KYT NX Race dan NFR berikut ini.

Material

Yang pertama kita akan membahas dari materialnya dulu. Kedua helm ini KYT NX Race dan KYT NFR terbuat dari material yang berbeda.

KYT NX Race ada 2 versi meterial, ada menggunakan material full carbon dan ada yang menggunakan material tri composite fibre (gabungan kevlar, fibreglass dan carbon) khusus kali ini kita akan membahas yang full carbon.
KYT NX Race Rheza di ARRC 2018 lalu

Sementara KYT NF R materialnya menggunakan thermoplastic resin.

Material full carbon pada KYT NX Race tentunya lebih unggul dibandingkan dengan material thermoplastic. Material full carbon pada KYT NX Race memiliki berat 1,35Kg lebih ringan daripada material thermoplastic pada NFR yang beratnya mencapai 1,6kg.
KYT NFR Beam (Isaac Vinales

Selain ringan, material carbon tentunya juga memiliki tingkat kekuatan yang lebih kuat dibanding dengan thermoplastic.

BACA JUGA : 3 Jenis Material Helm dan Tingkat Kekuatannya

Sertifikat Keamanan

kedua helm ini KYT NX Race dan KYT NFR sama-sama sudah berstandar SNI, namun untuk KYT NX Race tidak hanya SNI tetapi juga sudah ECE approved yang artinya sudah berstandar helm race.
KYT NX Race Espargaro 2018 (pict by IG @tokohelmbogor)

Ventilasi Angin

Pada sisi ventilasi udara, kedua helm ini juga punya perbedaan. di KYT NX Race ada ventilasi udara dibagian jidadnya yang menggunakan sistem slide. Sementara di KYT NFR tidak ada.
Kiri NX Race VS Kana NFR

Namun untuk ventilasi udara lainnya kedua helm ini tetap sama.

Visor

Lanjut ke visor, kedua helm ini baik itu NX Race dan NFR sudah menggunakan visor flat yang artinya kedua helm ini sama-sama support antifog dan tear off.
KYT NX Race Red Fluo Full Carbon

BACA JUGA : Daftar Harga Helm KYT Terbaru Lengkap Semua Tipe + Spesifikasinya

Visor KYT NX Race dan NFR juga sudah menggunakan quick visor release.

NFR Pakai Double Visor

Karena NFR ini sebenarnya di desain untuk helm harian, maka KYT NFR menyediakan fitur double visor yang dioperasikan dengan sebuah tombol dibagian samping.
KYT NFR (pict by RCVideos)

Tali Pengikat (strap)

Selanjutnya kita bakal ngebahas tentang tali pengikat yang dipakai. Di KYT NX Race tali pengikat yang dipakai adalah model DD Ring karena penggunaannya untuk helm balap, sedangkan di KYT NFR menggunakan tali pengikat model Microlock karena penggunaannya untuk helm harian atau touring santai.

Lebih aman mana? tergantung pemakaian, kalau itu helm dipakai untuk race, lebih aman pakai DD Ring, kalau helm itu untuk harian, model Microlock sebenarnya sudah cukup aman.

NOTE : Kalau saya tidak salah, mohon dikoreksi kalau salah sob. Ada beberapa series KYT NFR yang memakai double D ring tapi series yang menggunakan DD Ring ini tidak dipasarkan di Indonesia melainkan khusus untuk yang dipasarkan di eropa.

Harga

KYT NX Race harganya mulai dari 3-4 juta, sedangkan KYT NFR harganya sekitar 1-2 juta rupiah.

BACA JUGA : Daftar Harga dan Pilihan Warna Helm KYT NFR Terbaru

Size

KYT NX Race tidak cuma memiliki ukuran padding tapi juga ukuran shell nya ada 2. Untuk S dan M satu ukuran outer shell lalu L dan XL juga 1 ukuran outer shell. Jadi ukuran outers shell M dengan L itu akan berbeda.
KYT NFR Rathpark Replika

Sementara kalau KYT NFR hanya memiliki 1 ukuran outer shell yang meliputi ukuran S hingga XL.

Busa

Busa kedua helm ini baik KYT NX Race maupun KYT NFR sama-sama lengkap yang terdiri dari Cheek pads, crownpad, neck roll dan juga chin curtain. Kesemua bagian padding dari kedua helm tersebut sama-sama bisa dilepas pasang sehingga lebih mudah untuk dicuci.
Pict by RCVideos

Kesimpulan

Kalau ditanya lebih bagus mana, saya bakal menjawab kedua helm ini sama-sama bagus. Tapi kalau ditanya kebutuhan tentu kita harus memilih sesuai dengan kebutuhan.
KYT NX Race Merah Fluo Full Carbon

Kalau kebutuhannya adalah untuk balap, saya lebih sarankan ambil KYT NX Race karena spesifikasinya lebih lengkap dan sesuai dengan spesifikasi helm balap. Tapi kalau kebutuhannya untuk harian atau touring santai lebih baik ambil KYT NFR yang harganya lebih murah dan desainnya pun hampir 100% mirip.
KYT NX Race Replika Andi Gilang

Tapi pilihan sebenarnya balik lagi ke helmet lovers masing-masing lebih suka mana, KYT NX Race yang berspesifikasi helm balap atau KYT NFR yang berspesifikasi harian?

UPDATE !!
KYT NFR series terbaru sudah menggunakan tali strap Double D Ring