Nama-nama Aksesoris Helm Lengkap dengan Fungsinya
Cari Berita

Advertisement

Nama-nama Aksesoris Helm Lengkap dengan Fungsinya

Jundi Alfaruqi
Sunday, 6 January 2019

Mungkin masih ada helmet lovers yang belum tau apa saja nama-nama aksesoris helm,  Kali ini saya mau berbagi tentang nama-nama aksesoris yang biasa digunakan pada helm secara lengkap. Kalau ada yang kurang atau salah, boleh dikoreksi dan ditambahin di kolom komentar.

BACA JUGA : Bagian-bagian Helm, Nama dan Fungsinya Lengkap

Antifog

Nama-nama Aksesoris Helm
Gambar : Snail Gallery Helmet

Antifog adalah lapisan yang dipasang di dalam visor helm bagian dalam yang menghadap wajah. Fungsinya adalah untuk mencegah terjadi embun di visor akibat hembusan nafas mengenai visor pada saat cuaca dingin akibat hujan, salju, atau dingin karena cuaca pagi atau malam.

Saat ini merk antifog yang paling terkenal dan paling banyak dipakai adalah Pinlock. Pinlock ini sendiri ada berapa tingkatan yaitu pinlock 30 , pinlock 70 dan pinlock 120. Setiap tingkatan memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam menangani embun ( Baca selengkapnya.. )

Tear Off

Gambar : Snail Gallery Helmet

Tear off memiliki bentuk seperti lapisan plastik tipis yang diletakkan pada sisi luar visor helm. Fungsinya adalah untuk melindungi visor dari goresan yang dapat mengganggu pandangan pengendara.

BACA JUGA : Daftar Harga Helm Full Face KYT Terbaru Semua Series

Biasanya untuk helm balap untuk di MotoGP, Moto2, bahkan helm balap Formula 1, mereka mesangkan Tear off hingga 3 sampai 5 lapis. Tujuannya adalah agar ketika lapisan pertama sudah banyak kotoran atau goresan yang mengganggu konsentrasi, para pembalap bisa melepas langsung lapisan tersebut tanpa harus masuk paddock.

Tear off hanya bisa dipasang untuk helm yang memiliki visor flat seperti pada helm HJC RPHA 11, KYT NX-Race, dll. Warnanya sangat bervariatif, mulai dari clear, iridium gold, rainbow, iridium blue, yellow dll yang memiliki efek berbeda-beda ( Baca selengkapnya.. )

Visor

Visor AGV Iridium Blue

Visor adalah kaca pelindung pada helm. Saat ini ada 2 jenis visor helm yang paling umum digunakan berdasarkan bentuknya yaitu jenis flat visor dan non flat visor. Keduanya memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda.

BACA JUGA : KYT RC7 vs KYT R10, Lebih Bagus Mana?

Salain bentuk, warna visor juga bervariatif jenisnya yaitu, clear, smoke, dark smoke, rainbow, silver dan iridium blue, iridium yellow, iridium gold dan lain-lain. Setiap warna memberikan efek yang berbeda-beda loh ( Baca selengkapnya.. )

Tear off Pin / Post


Untuk memasang lensa tear off maka helmet lover membutuhkan yang namanya tear off pin. Pin yang berbentuk seperti baut ini berfungsi untuk mengunci lensa tear off agar terpasang rapat pada visor. Biasanya pin ini sudah tersedia pada visor, namun ada juga yang harus dibeli terpisah.

Balaclava


Aksesoris yang satu ini adalah yang lagi trend di kalangan bikers. Balaclava adalah pentup kepala yang berfungsi sebagai pelindung hidung dari asap dan gas berbahaya. Bentuknya seperti topen yang sering digunakan para penjahat di dalam film.

BACA JUGA : Daftar Harga Helm INK Semua Tipe Terbaru

Balaclava memiliki beberapa fungsi diantaranya adalah untuk menyaring udara kotor yang masuk ke hidung, helm yang jarang dibersihkan menimbulkan sarang bakteri dan jamur sehingga balaclava akan melindungi rambut dan kulit dari jamur dan bakteri serta mencegah menularnya berbagai penyakit rambut dan kulit.

Balaclava saat ini tidak hanya digunakan sebagai anti bakteri, tetapi juga menjadi trend fashion di kalangan bikers. Harga balaclava berkisar dari harga 90ribu sampai 150ribu tergantung merk dan bahannya.

Spoiler

Spoiler 3D AGV Pista GP-R

Aksesoris yang satu ini pasti helmet lovers sudah hafal banget. Terutama buat para helmet lovers pecinta merk AGV Pista GP-R. Spoiler adalah aksesoris helm yang berfungsi sebagai aerodinamis helm sehingga helm menjadi lebih stabil dikepala saat dipacu dengan kecapatan yang tinggi, seperti di MotoGP misalnya.

BACA JUGA : Pasang Spoiler Helm KYT Vendetta 2, Begini Cara dan Tipsnya

Spoiler ada yang built in dan ada juga dibeli terpisah. Faktanya saat ini ternyata spoiler tidak hanya sebagai aerodinamis saja melainkan sudah menjadi trend fashion helm. Dan memang benar, kalau helm sudah pakai spoiler lebih terlihat keren.

Cover Model Boneka


Cover helm boneka adalah aksesoris helm yang bentuknya menyerupai wajah tokoh film kartun anak-anak. Saat ini cover helm karakter elmo manjadi salah satu cover helm yang banyak dicari. Sebenarnya cover helm ini tidak memiliki fungsi yang penting namun sekarang menjadi salah satu aksesoris helm yang banyak diminati helmet lovers.

Intercom


Intercom adalah alat untuk berkomunikasi antar bikers. Fungsinya seperti telepon, tapi menggunakan media wireless Bluetooth. Komponen utamanya terdiri dari, speaker, audio, dan intercom itu sendiri. Beberapa merk intercom yang banyak dipakai para bikers adalah merk Sena dan yang merk Freedconn.

BACA JUGA : Rincian Spesifikasi, Review serta Harga Intercom Sena 30k, 20s, 10s, dan 3s, Lebih Bagus Mana?

Saat ini intercom tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi tetapi juga berguna untuk mendengar music, petunjuk arah (GPS), Radio, menerima dan melakukan panggilan telpon dan lain-lain. Untuk yang sering pergi touring, aksesoris ini sangat berguna untuk komunikasi di jalan.

Harga intercom berkisar dari harga 500ribu hingga puluhan juta tergantung merk dan fiturnya.

Kamera


Jika kamu ingin menjadi vlogger motovlog, aksesoris yang satu ini wajib ada di helm kamu

Sticker

Sticker Visor Marc Marquez

Aksesoris helm yang terkahir adalah sticker visor. Sticker visor adalah sticker yang ditempel di visor, tujuannya kalau di helm-helm balap adalah sebagai sponsor, namun banyak yang ikut-ikutan biar helm terlihat lebih keren dan berkarakter. Meskipun fungsinya tidak penting tetap saja sticker visor menjadi salah satu aksesoris helm yang banyak dicari.

BACA JUGA: Rincian Spesfikasi, Review dan Harga Helm KYT DJ Maru Terbaru