Review dan Harga Sena 30K, 20S, 10S, 3S, Lebih Bagus Mana?
Cari Berita

Advertisement

Review dan Harga Sena 30K, 20S, 10S, 3S, Lebih Bagus Mana?

Kotak Helm
Minggu, 27 Mei 2018

Halo sobat-sobat semua dimana pun anda berada, senang sekali rasanya gua bisa kembali lagi dengan membawa sebuah artikel baru yang seru dan bermanfaat tentunya, dan kali ini gua bakal ngajak teman-teman semua untuk ngebahas tentang sena. Apa itu Sena? langsung aja kita simak pembahasannya berikut ini.


Sena adalah sebuah merk atau bisa dikatakan perusahaan yang khusus menjual alat-alat dan kebutuhan untuk pengendara motor seperti smart helmet, handlebar, camera, intercom dan aksesoris helm lainnya. Jika penasaran, teman-teman bisa cek sendiri apa saja yang di jual oleh sena di situs www.sena.com

Balik lagi ke topik pembahasan, Khusus sena untuk alat komunikasi disebut dengan Sena Intercom, adalah sebuah perangkat  yang berfungsi sebagai alat komunikasi antar pengendara sepeda motor, sedangkan 30K, 20S, 10S adalah series dari devices sena intercom tersebut.

BACA JUGA: Harga Helm AGV Pista GP R 2018, Review dan Spesifikasi

Sebenarnya sena interceom ini tidak hanya untuk komunikasi, tetapi juga dapat berfungsi untuk mendengarkan musik, radio, telpon, GPS dan lain-lain, namun fungsi utamanya adalah untuk bisa ngobrol antar sesama pengendara lainnya yang juga memiliki perangkat sena.

Sesuai dengan judul, kita bakal ngebahas tentang fitur dan harga dari perangkat sena 30K, Sena 20S, 10S, dan 3S dan di akhir nanti kita bakal bahas juga lebih bagus beli yang mana dari ke 4 series sena tersebut. Untuk lebih jelasnya, langsung aja silahkan lihat penjelasan di bawah ini:

Sena 30K
Harga:
1 Unit (Single Pack) : Rp. 5.000.000 (5 Juta Rupiah)
2 Unit (Dual Pack) : Rp. 9.000.000 (9 Juta Rupiah)

Untuk pembelian produk sena 30K tersedia dalam dua pilihan yakni single dan dual. Kalau Dual artinya kita beli produk sena dalam 1 box itu isinya, atau dapatnya dua buah sena 30K, kalau yang single artinya dapatnya 1 buah sena 30K.

Sena 30K adalah sena series yang paling terbaru dan menggunakan fitur terbaru untuk intercom nya yaitu menggunakan teknologi mesh intercom. Jadi dengan fitur mesh intercom ini, jumlah rider yang bisa terhubung bisa sampai 15 rider. Namun syaratnya ke 15 rider harus menggunakan sena 30K juga.

Selain bisa terhubung dengan 15 rider, dengan teknologi mesh intercom ini proses setup intercom jadi lebih mudah. Cukup dengan 1 tombol aja, si sena 30K sudah langsung bisa di gunakan dan akan otomatis mencari perangkat sena lain yang juga menggunakan sena 30K pada mode mesh intercom.

Sena 30K memiliki dua mode koneksi, bisa dengan mesh intercom, atau dengan bluetooth. Jadi, meskipun sena 30K tetap bisa terhubung dengan sena series lain meskipun tidak ada mesh intercom nya. Misalkan sena 30K dengan sena 20K, mereka tetap bisa terhubung, tapi menggunakan mode bluetooth nya.

Berikut ini adalah rincian dari fitur atau spesifikasi Sena 30K
Fitur/Spesifikasi

1. Audio Multi Fungsi : FM Radio, Phone Call, GPS Directions, Music.
2. Koneksi : Bluetooth (versi 4.1) Intercom, Mesh Intercom teknologi.
3. Jarak Maksimal up to 2KM untuk Bluetooth dan up to 2KM untuk Mesh.
4. Advance Noise Control (Anti Bising).
5. 15 Rider.
6. Waktu bicara tahan hingga 13 jam di mode bluetooth dan 8 jam di mode mesh intercom.
7. Garansi
8. Charging time 1,5 jam
9. Battery type lithium polymer

Untuk kualitas suara yang dihasilkan sangat jernih dan jelas. Jika digunakan untuk kegiatan motovlog udah lebih dari cukup lah. Oia, sena 30K bisa dihubungkan dengan kamera GoPro.

Sena 20S
Harga : Rp. 4.000.000 (4 Juta Rupiah)

Bisa dibilang sena 20S ini adalah abangnya 20S, karena 20S lahir deluan sebelum 30K. Jika dibandingkan dengan 30S, sena 20S tidak terlalu memiliki perbedaan yang signifikan dengan adeknya 30K.

Perbedaannya adalah pada teknologi mesh intercom nya, di 20S tidak memiliki teknologi mesh intercom alias hanya menggunakan bluetooth saja. Jadi jumlah rider yang bisa berkomunikasi pun juga terbatas yaitu hanya 8 rider saja. Sementara untuk jangkauannya sama dengan si 30K.

Namun demikian, penggunaan mesh intercom jauh lebih boros battery jika dibandingkan dengan menggunakan bluetooth.

Selain itu yang membedakan 30K dengan 20S adalah ukuran fisiknya, yakni 30K memiliki ukuran yang lebih tebal dan lebih besar ketimbang yang 20S. Dan hal ini wajar saja karena 30K memiliki dual processor.

Harga sena 20S single berada di kisaran harga 3 jutaan. Untuk spesifikasinya teman-teman bisa lihat penjelasan di bawah ini:
Fitur/Spesifikasi

1. Audio Multi Fungsi : FM Radio, Phone Call, GPS Directions, Music.
2. Koneksi : Bluetooth (versi 4.1) Intercom.
3. Jarak Maksimal koneksi bluetooth (versi 4.1) intercom up to 2KM
4. Advance Noise Control (Anti Bising).
5. Waktu bicara hingga 13 jam
6. 8 Rider.
7. Garansi.
8. Charging time 2,5 jam
9. Battery type: Lithium Polymer

Sama dengan 30K, Hasil Suara yang di hasilkan sangat jernih dan jelas karena sudah menggunakan speaker berkualitas HD. Untuk kegiatan touring dan motovlog, penggunaan sena 20S menurut saya sudah sangat lebih dari cukup.

Sena 10S
Harga: Rp. 3.000.000 (3 Juta Rupiah)

Selanjutnya adalah series 10S. Series 10S ini memiliki fitur yang tidak jauh berbeda dengan intercom sena 20S. Yang membedakan adalah pada versi bluetooth yang lebih rendah yaitu versi 4.0.

Selain itu, jarak maksimal intercom adalah up to 1,5 KM dan hanya untuk 4 rider saja. Apakah itu terhubung dengan sena 20S tetap hitungannya adalah total 4 rider saja.

Untuk harga sendiri sih di Indonesia itu di kisaran 3 Jutaan. dan berikut ini adalah deskripsi atau rincian fitur dari sena 10S:
Fitur/Spesifikasi:

1. Bluetooth 4.0
2. Audio Multi Fungsi : FM Radio, Phone Call, GPS Directions, Music.
3. 4 Rider
4. Intercom 1.5 KM
5. Advance noise control
6. Voice Prompt
7. Versatile Jog Dial
8. FM Radio
9. HD-quality audio

Untuk hasil suara yang di hasilkan oleh sena 10S ini bersih dan jelas karena sena 10S ini sudah menggunakan HD audio speaker dan dengan tambahan fitur ultra bost sehingga suara yang dihasilkan sudah pasti jelas.

Sena 3S
Harga: Rp. 900.000 (9 Ratus Ribu Rupiah - di bawah 1 juta)

Yang terakhir adalah sena 3S. Sena 3S adalah sena yang paling berbeda dari sena-sena sebelumnya. Sena 3S ini adalah yang paling murah dari yang lainnya.

Sena 3S menggunakan bluetooth versi 3.0 dengan jarak jangkau intercomnya hanya 200 M saja dan jumlah rider hanya untuk 2 orang. Wajar sih karena harganya pun juga yang paling murah, Jadi fitur-fiturnya pun juga sedikit.

Dan untuk bentuknya sendiri juga paling beda dari yang lainnya, bentuknya sangat simple banget seperti penampakan pada gambar di bawah ini:
Berikut ini adalah rincian spesifikasi dan fitur dari sena 3S:

1. Bluetooth 3.0
2. Intercom 200M
3. Voice Prompt
4. Streaming Music
5. Play - Back Control
6. 2 Rider

Untuk hasil suara yang dihasilkan sangat jauh berbeda dari 3 series sebelumnya. Tapi jika hanya untuk ngobrol dengan teman 1 motor rasanya cukup jelas walaupun kualitas suaranya nggak HD.

Tapi menurut saya sih sena 3S ini udah lebih dari cukup dan sangat cocok untuk gojek atau grab biar bisa ngobrol dengan penumpang dibelakang.

Menentukan Pilihan
Nah, itu tadi review dan harga sena 30K, 20S, 10S dan 3S. Kalau pertanyaannya lebih bagus yang mana, maka jawabannya sudah jelas ada pada 30K, fitur nya lengkap dengan teknologi terbaru mesh intercom tapi harganya 8 Jutaan. Namun jika melihat dari sisi kegunaannya untuk apa, jika hanya untuk bisa ngobrol dan dengar musik, sena 3S sudah cukup banget.

Dan juga kalau kita beli sena 30K sementara teman-teman yang lain nggak ada yang pakai 30K, akan sayang benget fitur mesh intercom nya jadi nggak terpakai.

Dan intinya semua balik lagi ke teman-teman sendiri karena teman-teman lah yang memilih.

Mungkin itu aja artikel kali ini tentang intercom sena, untuk selanjutnya mungkin gua bakal bagiin tutorial cara setup sena seperti cara nelpon, kemudian cara hidupin music dari HP dan lainnya, Jadi jangan pernah bosan untuk datang ke situs Kotak Helm untuk update selanjutnya.