Membandingkan Perbedaan Spesifikasi KYT RC7 VS KYT R10, Lebih Bagus Mana?
Cari Berita

Advertisement

Membandingkan Perbedaan Spesifikasi KYT RC7 VS KYT R10, Lebih Bagus Mana?

Jundi Alfaruqi
Minggu, 11 November 2018

Pecinta helm full face pastinya sudah tau dengan dua series helm produksi PT.Tarakusuma indah yang keren-keren ini yakni KYT RC7 dan KYT R10. Keduanya adalah helm yang sudah sama-sama mengantongi izin SNI dan DOT. Lalu, apakah spesifikasi keduanya sama?

BACA JUGA: Gokil! Helm Ini Lebih Mahal dari Motor Sport 150 cc

Selain keren, helm ini juga terkenal dengan sebutan helm full face yang harganya murah. Daripada panasaran, mending langsung aja simak ulasan dari kotakhelm.com berikut ini,

Perbedaan KYT RC7 dan R10

Adu Spesifikasi KYT RC7 VS KYT R10


Materialnya Sama
Helm KYT R10 dan RC7 merupakan helm full face yang di desain bukan untuk helm balap melainkan untuk harian saja. Kedua helm ini memiliki material dari bahan yang sama yaitu ABS. Nah jadi, kedua helm ini sama-sama bukan helm untuk race ya sob.

Beratnya Cuma Beda 20 Gram
Helm KYT R10 dan RC7 ini dibilang ringan ya enggak, dibilang berat juga enggak, berat KYT R10 sekitar 1.529 gram, sedangkan RC7 lebih berat sedikit dari R10 yakni sekitar 1.549 gram (mohon dikoreksi jika salah). Dengan berat yang selisihnya nggak sampe 50 gram ini tentu tidak begitu terasa perbedaannya.

kyt r10 hitam doff
Sangar! Wujud KYT R10 hitam doff pakai flat visor dark

Namun dengan berat yang dimiliki masing-masing, helm ini nyaman-nyaman aja dipakai ridding selama 2 jam. Tapi lebih dari 2 jam sepertinya mulai terasa pegal-pegal di leher.

kyt rc7 motif
KYT RC7 Motif Italy circuit

Strap Pengikat Sama-sama Jadul
Tidak banyak perbedaan yang hadir pada kedua helm full face harian ini. Termasuk juga untuk keamanan pada bagian tali pengikatnya. Kedua helm ini baik KYT RC7 maupun R10 sama-sama masih menggunakan model quick buckle.

Tali pengikat helm KYT RC7 dan R10
Quick Buckle

Tidak ada yang salah dari penggunaan tali pengikat model quick karena helm ini memang peruntukkannya adalah untuk harian jadi ya sah-sah saja.

Busa Pipi dan Kain Interior Fiturnya Sama Cuma Beda Warna
Bagian dalam kedua helm ini sama-sama bisa di bongkar pasang. Busa pipi bisa dilepas dan crown pad nya juga sama-sama bisa dilepas. Yang membedakan adalah warnanya saja, kalau KYT R10 warna kain interiornya hitam gelap agak ke abu-abuan, sedangkan KYT RC7 warnanya hitam campur cerah merah hati.

tampak bagian dalam helm kyt rc7 dan r10
Kiri RC7 - Kanan R10

Visor
KYT RC7 punya visor bawaan warna clear sedangkan R10 bawaan visornya warna dark. Warna clear tentunya tidak anti panas dan silau cahaya matahari jika dibandingkan dengan visor dark. Namun visor dark tidak bisa dipakai malam hari seperti visor clear.

visor helm kyt rc7 dan kyt r10
Kiri Visor dark R10 - Kanan visor clear RC7

BACA JUGA: Perbedaan Flat Visor dan Non Flat Visor Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Namun untuk beberapa series KYT RC7 ada yang menggunakan kaca rainbow untuk kaca bawaannya tapi ini hanya beberapa untuk series motif grafis tertentu. Sementara R10 juga punya versi visor clear untuk kaca bawannya tapi ini hanya tersedia pada versi R10 Flat Visor.

Visornya sudah Sama-sama Quick Release
Seperti yang kami katakan di awal, helm ini nyaris tidak ada bedanya, sangat mirip. Mungkin jika tidak ada tulisan keterangan R10 atau RC7 akan terlihat sama saja. Bahkan untuk sistem dudukan visornya pun sama tidak ada bedanya, sehingga visor R10 bisa dipasang ke RC7 dan sebaliknya.

rachet helm kyt rc7 dan r10
Penampakan rachet helm KYT RC7 sama dengan R10

Cara melepas dan memasang kaca helm ini juga sama.

Desain Outer Shell Lebih Aerodinamis R10
R10 punya desain bagian chin bar yang lebih panjang dibandingkan RC7. Bagian ini terlihat jelas jika kita perhatikan dari samping. Dengan chin bar yang lebih panjang, R10 punya ruang di bagian dagu yang lebih luas dan ini cocok untuk orang-orang yang punya model kepala long oval.

KYT R10 Putih Polos
R10 putih polos

Lubang Ventilasi Udara
Di RC7 punya 3 lubang intake yang satu berada di dagu dan dua berada di alis. Untuk lubang exhoust tersedia 2 lubang di belakang dekat logo SNI, kemudian pada spoiler kedua helm ini, baik RC7 maupun di R10 terdapat 2 lubang exhoust.

Tampak foto bagian belakang helm KYT rc7 dan KYT r10

Kalau ditanya lebih sejuk mana, rasanya sama aja sob. Sama-sama terasa pengap apalagi kalau sedang macet di siang hari pas lagi panas. Solusinya dengan membuka visor biar angin masuk lewat bagian ini.

Harga KYT RC7 VS R10

tipe KYT R10 grafis race dan superfluo motif harganya sekitar Rp 470.000 ribu, KYT RC10 corak grafis biasa harganya 440.000 ribu, untuk KYT R10 Solid harganya sekitar 390.000-400.000 ribu, sedangkan KYT R10 series flat visor harganya sekitar Rp 500.000-550.000 ribu.

Sementara RC7 polos harganya sekitar 390.000 ribu, RC7 Motif biasa harganya 420.000 ribu, dan KYT RC7 grafis super fluo harganya sekitar 460.000 ribu.

BACA JUGA: Nyobain Helm NHK GP 1000, Full Face Kok 2 Kaca?

Pilihan Warna KYT RC7 VS KYT R10

Kalau jumlah pilihan warna, KYT RC7 lebih unggul dibanding KYT R10. KYT RC7 punya 45+ pilihan warna yang terdiri dari 2 tipe yaitu warna polos dan warna motif grafis.

KYT RC7 Motif dan Polos

Pilihan warna dan corak KYT RC7 (Polos & Bermotif)


Sedangkan untuk KYT R10, cuma punya 19 pilihan warna yang terdiri dari 2 tipe warna juga yaitu warna polos dan warna motif grafis.

KYT R10 Motif dan Polos


KYT R10 Motif Flat Visor

Perbedaan KYT RC7 dan KYT R10

Tidak begitu banyak perbedaan yang ada pada kedua helm full face harian ini. Perbedaan yang paling tampak adalah pada warna kain interior, RC7 punya warna padaun merah-hitam untuk cheek pad dan crown padnya sedangkan R10 warnanya hitam gelap. Warna hitam memang terlihat membosankan, tapi warna cerah lebih terlihat cepat kotor.

Kemudian, outer shell R10 lebih panjang ke depan dan cocok untuk sobat yang punya bentuk kepala long oval, tapi kalau punya badan kecil dan kepala oval, kayaknya RC7 lebih cocok untuk sobat.

Untuk kenyamanan pun tidak terlalu berbeda, apalagi dibagian untuk ruang telinganya, dibilang luas enggak dibilang sempit juga enggak. Bisa dibilang pas-pasan aja.

Sementara itu untuk beratnya R10 lebih ringan 20gram saja daripada RC7.

KYT R10 Aqua
KYT R10 Aqua flat visor

Visor yang digunakan hanya berebeda warna, si RC7 punya visor bawaan warna clear yang bisa dipakai malam hari sedangkan R10 punya visor dark yang bisa dipakai siang hari. Tapi KYT R10 menang sedikit dari RC7 karena punya varian yang sudah menggunakan flat visor yang bisa dipasangkan anti fog dan tear off. Sedangkan RC7 tidak ada series yang menyediakan flat visor untuk visor bawaan, alias harus beli terpisah.

BACA JUGA: Perbedaan Antifog, Pinlock, dan Tear off Pada Helm

Jadi kesimpulannya adalah kedua helm ini memiliki fitur yang 90% sama namun dengan model yang berbeda. Dan satu hal lagi, Desain R10 terlihat lebih aerodinamis dibanding RC7. Ini terlihat jelas kalau kita lihat dari samping.

KYT RC7 Motif
RC7 Motif Red Fluo / Black Gold

Kalau masalah umur, KYT RC7 lebih tua daripada R10. RC7 keluar dulu baru setelahnya R10.

Kesimpulannya lebih bagus mana? Kayaknya ini jadi relatif terutama dalam sisi kenyamananya. KYT R10 punya bentuk batok lebih panjang yang cocok untuk orang dengan bentuk kepala long oval karena bagian moncong dan belakangnya luas. Tapi bagian sampingnya terasa nekan banget untuk yang punya bentuk kepala oval.

Sementara itu si KYT RC7 cocok untuk kepala yang bentuknya oval, karena bagian samping-sampingnya lebih luas enggak nekan. Dan si RC7 ini punya ukuran batok yang lebih kecil dari R10, jadi kalau untuk sobat yang punya badan kecil dan nggak mau terlihat seperti toge saat pakai helm, RC7 lebih cocok dibanding R10.

Lebih noise mana? sayangnya kedua helm ini bukan helm anti noise sob.

Untuk soal keamanan, keduanya punya nilai seri dan yang pasti keduanya bukan helm untuk race.

BACA JUGA: Daftar Harga Helm KYT Semua Tipe Terbaru 2018-2019