Jenis-jenis Kaca Helm Berdasarkan Tipe dan Warna
Cari Berita

Advertisement

Jenis-jenis Kaca Helm Berdasarkan Tipe dan Warna

Kotak Helm
Sabtu, 13 Oktober 2018

Seperti yang sudah Anda ketahui, helm adalah perlengkapan wajib yang harus digunakan ketika mengendarai sepeda motor. Ukuran helm haruslah sesuai dengan bentuk kepala dan helm haruslah yang sudah memiliki sertifikat standar keamanan, yakni SNI khusus untuk di Indonesia. Sertifikat ini sendiri adalah untuk  menunjukkan bahwa helm tersebut telah memenuhi syarat keamanan minimum yang telah di tetapkan.

Salah satu bagian helm yang sangat penting adalah kaca (Visor). Kaca helm adalah bagian helm yang berfungsi sebagai pelindung wajah. Kaca helm biasanya di desain sedemikian rupa dan dibuat menggunakan material plastik khusus yang tidak mudah pecah. Berdasarkan tipe, kaca helm dibedakan menjadi dua yakni flat dan non flat.

BACA JUGA: Visor Photochromic, Visor Magic Bisa Berubah Warna Sesuai Kondisi Cuaca

Tipe-tipe Kaca Helm


Flat Visor

Flat Visor KYT Vendetta 2 (sumber: Gridoto.com)

Flat visor adalah tipe visor untuk helm balap. Visor ini memiliki ciri yaitu permukaannya yang datar atau rata. Karena permukaannya yang rata, Flat visor digunakan untuk helm full face balap. Ini karena kaca flat bisa dipasangkan pelindung kaca (Tear Off). Selain itu, flat visor juga lebih pas jika ingin dipasang anti fog.

Non Flat Visor

flat visor vs non flat visor
Kiri flat visor, kanan non flat visor

Non flat adalah lawan dari flat. Permukaan kaca non flat tidak rata atau lebih sering disebut kaca cembung. Biasanya non flat visor ini digunakan pada helm open face yang peruntukkannya adalah untuk helm sehari-hari.

Warna Kaca Helm


Warna kaca Helm sangat mempengaruhi penglihatan (Visibilitas) saat berkendara. Pemilihan warna kaca yang salah, dapat mengganggu penglihatan dan bisa berakibat fatal. Itulah alasannya kenapa di eropa sana helm yang menggunakan kaca gelap tidak bisa lulus proses standarisasi helm.

Berdasarkan warnanya, kaca helm terbagi menjadi 4 jenis berikut,

Clear Visor (Transparan)

Kaca clear adalah kaca helm yang paling umum digunakan pada kebanyakan helm keluaran terbaru saat ini. Memiliki warna bening seperti air, visor clear sangat nyaman digunakan terutama di malam hari yang gelap. Namun untuk siang hari, kaca ini tidak dapat melindungi dari sinar matahari.

Visor Clear Arai RX7X
Visor Clear Arai RX7X

Walaupun tidak anti UV, visor transparan bisa diakali dengan memasang tear off jika visor tersebut support untuk dipasang tear off. Atau kita bisa menggunakan helm bersamaan dengan kaca mata hitam di dalamnya.

Smoke Visor

Smoke Visor Shoei X-Fourteen
Smoke Visor Shoei X-Fourteen dengan Tear Off Post Ready

Visor ini berwarna hitam tapi tidak 100% karenanya wajah kita masih bisa terlihat dari luar kaca. Visor smoke sangat cocok untuk berkendara di siang hari, namun untuk malam hari saat cahaya kurang penglihatan akan sedikit terganggu dan jarak pandang menjadi berkurang.

Double Visor

RDX Spyker
Double Visor Helm RDX Spyker

Saat ini helm dengan double visor sudah sangat menjamur di Indonesia. Helm dengan double visor adalah helm yang multi fungsi, bisa siang dan bisa malam. Kaca di depan biasanya berwarna clear, sedangkan kaca di dalamnya berwarna dark smoke. Kaca di dalam berbentuk seperti kacamata yang dapat di naik turunkan menggunakan sebuah tombol yang disebut quick visor change.

Dark, Mirror, dan Iridium Visor

Jenis visor ini sangat estetik dan 100% terlindung dengan baik dari cahaya. Namun, pelindung wajah ini tidak lulus tes visibilitas dari proses standardisasi helm, sehingga mereka hanya dapat digunakan di sirkuit dan di eropa sana, Anda bisa kena denda jika Anda ketahuan menggunakannya di jalan umum.

AGV Corsa R
Visor Dark Smoke AGV Corsa R

Visor Mirror

AGV Pista GP R Visor
Visor Iridium Blue AGV Pista GP R

Visor Iridium Gold