Cara Menghilangkan Bau Pada Busa Helm
Cari Berita

Advertisement

Cara Menghilangkan Bau Pada Busa Helm

Jundi Alfaruqi
Minggu, 27 Januari 2019

Busa adalah salah satu bagian penting di helm. Karena bagian ini adalah bagian yang bersentuhan langsung dengan kepala, maka kebersihannya harus diperhatikan dengan baik.

Busa helm umumnya terbagi menjadi 3 bagian yaitu cheek pads, crown pads, dan neck roll.
Cara Menghilangkan Bau Pada Busa Helm

Tau nggak sih helmet lovers, busa helm yang dibiarkan kotor bisa menimbulkan banyak masalah seperti menimbulkan ketidak nyamanan hingga terjangkit penyakit berbahaya yang bisa mengancam kesehatan loh.

BACA JUGA : 7 Modifikasi Helm KYT Vendetta 2 Paling Keren

Maka dari itu, helmet lovers harus rajin membersihkan busa helm secara rutin, minimal 2 kali seminggu.

Helmet lovers tau nggak sih apa saja yang menyebabkan busa helm menjadi bau? Menurut para pakar helm, helm yang bau disebabkan oleh bakteri/kuman yang tumbuh akibat dari bekas keringat, bekas minyak rambut, terkena air hujan, debu dan kotoran yang lama tidak dibersihkan.

Semua zat-zat tersebut seperti bekas keringat, bekas minyak rambut, dll jika tidak dibersihkan dalam waktu yang lama akan mengundang munculnya bakteri yang menyebabkan helm menjadi bau dan bisa menjadi sumber penyakit.

BACA JUGA : Kumpulan Seluruh Nama-nama Bagian Helm Beserta Fungsinya

Tidak hanya mendatangkan penyakit bagi penggunannya, busa helm yang menumpuk kotoran juga dapat merusak busa dari si helm itu sendiri.

Misalnya saja busa pipi yang basah terkena air hujan jika dibiarkan dan tidak dikeringkan langsung, maka akan menyebabkan busa cepat kempes sehingga helm jadi cepat longgar.

Hal itu disebabkan karena busa yang basah menyimpan air di dalamnya sehingga air tersebut menakan busa yang mengakibatkan busa menjadi kempes.

BACA JUGA : Harga Helm RSV Lengkap Terbaru Semua Tipe Full Face dan Open Face + Spesifikasinya

Selain itu, kain pelapis busa yang selalu lembab akan menjadi lebih mudah sobek karena serat kain yang menipis menyebabkan kain menjadi rapuh dan akhirnya sobek.

Cara Mencegah dan Menghilangkan Bau Pada Busa Helm


Untuk menghilangkan bau pada busa helm, helmet lovers bisa mengikuti cara dan tips berikut ini,

1. Cuci Busa Helm Secara Teratur 2x Seminggu

Ilustrasi

Sekarang ini kebanyakan busa helm dibuat agar bisa dilepas pasang sehingga mudah untuk dicuci. Tapi untuk mencuci busa helm itu helmet lovers tidak boleh asal-asalan karena jika salah, helmet lovers bisa merusak busanya. Berikut ini cara mencuci busa helm yang benar

  1. Lepaskan busa dari helm
  2. Rendam busa helm di dalam air yang sudah dicampur dengan deterjen selama 2-3 menit agar deterjen meresap
  3. Kucek busa helm pelan-pelan menggunakan tangan
  4. Untuk membersihkan noda yang susah hilang, kasih sabun mandi lalu gosok menggunakan sikat gigi yang sudah tidak dipakai. Jangan gunakan sikat baju untuk menggosok busa helm karena sikat baju bisa merusak kain pelapis busa helm.
  5. Bilas busa helm dengan air bersih
  6. Keringkan busa helm dengan mesin pengering atau dengan hairdryer, hindari menjemur busa helm di bawah sinar matahari langsung.

2. Gunakan Parfum Khusus Helm Sedikit Saja

Ilustrasi menyemprotkan parfum ke helm - sumber : moladin.com

Sebenarnya saya sendiri tidak menyarankan helmet lovers menggunakan parfum untuk helm. Menurut saya, walaupun parfum helm efektif menghilangkan bau, namun zat pada parfum bisa cepat merusak serat kain pelapis pada busa helm jika digunakan secara terus menerus.

Selain itu, penggunaan parfum yang tidak cocok bisa menyebabkan alergi pada kulit kepala dan bahkan bisa merusak rambut akibat dari zat kimia yang ada di parfum tersebut.

3. Pakailah Balaclava

Balaclava adalah salah satu dari beberapa aksesoris yang digunakan di helm

Salah satu cara untuk mencegah bau pada helm adalah dengan menggunakan sarung helm atau balaclava.

BACA JUGA : 5 Fitur Canggih Ini Cuma ada di Helm Mahal

Balaclava tidak hanya efektif untuk mencegah bau, tetapi juga efektif menjaga hidung dari menghirup debu dan kotoran yang masuk pada sela-sela helm.

Tapi helmet lovers tidak boleh lupa juga untuk mencuci balaclava secara teratur agar balacalava tetap bersih.

4. Segera Keringkan Busa Helm Jika Lembab

Ilustrasi - sumber : motoonline.com

Helm yang lembab sebaiknya jangan digunakan dulu, lebih baik dikeringkan dulu dengan di kipas-kipas atau dengan menggunakan haidryer.

jika helmet lovers terpaksa harus menggunakan helm dalam kondisi yang lembab, usahakan setelah selesai menggunakan helm sebaiknya langsung segara mencuci kepala dan juga segara mencuci busa helm.

Yang pasti, helmet lovers harus mengusahakan agar busa helm tidak lembab, karena jika lembab maka pertumbuhan bakterinya lebih cepat dan helm mudah menjadi bau.

5. Letakkan Helm pada posisi Terbalik


Setelah helm selesai dipakai sebaiknya helmet lovers meletakkan helm dalam posisi terbalik. Tujuannya agar lebih memudahkan sirkulasi udara baru masuk ke dalam helm sehingga bau tidak mengendap di dalam helm.

Menjaga kebersihan busa helm bukan hanya sekedar untuk kenyamanan, tetapi juga untuk kesehatan. Helm yang bersih akan menghindari kita dari kuman-kuman atau bakteri penyebab penyakit.

BACA JUGA : Daftar Komplit Harga Helm AGV Semua Tipe