Review Helm NHK GP 1000, Harga, Spesifikasi serta Kelebihan dan Kekurangan
Cari Berita

Advertisement

Review Helm NHK GP 1000, Harga, Spesifikasi serta Kelebihan dan Kekurangan

Jundi Alfaruqi
Minggu, 22 Juli 2018

Seharusnya artikel tentang NHK GP 1000 ini di publish pada hari jum'at kemaren tanggal 20 Juli 2018. Namun karena ada halangan dan kesibukan admin, baru bisa publish hari ini.

Jadi ceritanya, jum'at sore kmaren setelah pulang kerja, saya penasaran pengen liat-liat helm di toko helm jl.tamrin perkanbaru, dan Kebetulan disana saya lihat ada helm NHK GP 1000 sedang terpajang syantik.


BACA JUGA: 21 Pilihan Warna NHK GP 1000, Harga, Fitur & Spesifikasi

Akhirnya setelah saya lihat-lihat, saya raba-raba, dan saya coba-coba, maka saya putuskan untuk menuliskan reviewnya disini agar dapat berbagi ke banyak orang yang mungkin saja membutuhkan informasi tentang NHK GP 1000.

Cuma coba-coba bang? Terus nggak beli?.. Iya, cuma coba-coba doang sama foto-foto sedikit habis tu pergi. Terus yang jualan nggak marah emang?.. ya nggak lah, kan yang punya tokonya sodara saya :V hahaha. Makanya saya berani, kalau toko orang lain mah saya nggak berani.

Oke, berikut ini saya tuliskan spesifikasi dari NHK GP 1000

1. Merk: NHK
2. Jenis Visor: Visor Clear cembung biasa
3. Berat: 1,5Kg
4. Double Visor with Quick Visor Change
5. Busa dagu, busa pipi, dan kain Interior (Confort Liner) bisa dibongkar pasang.
6. Tali pengikat menggunakan Micromatic Buckle
7. Size: S-XL

Dan berikut ini review tentang helm NHK Full Face GP 1000

1. Desain OKE lah
Untuk desain saya tidak banyak bisa berkomentar karena desain itu ukurannya relative dan setiap orang punya selera yang berbeda-beda. Tapi secara kesuluruhan, helm NHK GP 1000 memiliki desain yang keren dan nggak jadul. Helm ini terlihat macho karena bentuk spoilernya yang memiliki ukuran besar.

2. Visor Clear
Dibagian kaca atau visor, helm NHK GP 1000 menggunakan model kaca cembung biasa berwarna clear atau putih transparan. Karena menggunakan kaca putih, helm ini bisa digunakan di malam hari tanpa takut visibilitas terganggu.

3. Double Visor + Quick Visor Change
Helm NHK GP 1000 sudah menggunakan double visor berwarna smoke. Dengan fitur ini, artinya kita bisa menggunakan helm ini untuk siang hari tanpa takut terganggu silau ataupun panas dari sinar matahari. Double Visor NHK GP 1000 dilengkapi dengan quick visor change atau tombol pengganti kaca otomatis yang dilatakkan di atas helm dekat spoiler helm. Sangat disayangkan kenapa tombolnya berada di atas helm yang menurut saya penggunaannya jadi sedikit merepotkan karena harus meraba jauh ke atas kepala.

4. Kenyamanan dan Visibilitas
Saat akan membeli helm, mempertimbangkan faktor kenyamanan adalah yang utama. Tidak mungkin kita membeli helm mahal-mahal ternyata ketika dipakai kok nggak nyaman. Lalu gimana dengan NHK GP 1000?.. Saya juga mencoba helm NHK GP 1000 ini, dan menurut saya helm ini sangat nyaman dengan kepala saya.
Yang menjadi penilaian saya adalah seberapa dalam helm ini ketika dipakai, dan seperti apa kondisi kuping saat menggunakan helm ini serta bagaimana visibilitasnya. Jawabannya adalah saya sangat suka dengan helm ini. Sebelumnya saya juga sudah pernah mencoba KYT R10 tapi perbandingan yang saya rasakan adalah lebih nyaman menggunakan NHK GP 1000 karena ketika saya menggunakan NHK GP 1000, kepala saya lebih masuk ke dalam dan bagian tilanga memiliki ruang yang luas sehingga saat menggunakan helm ini, bagian telinga langsung mendapatkan posisi yang nyaman, tidak perlu mengatur posisi telinga yang kadang terlipat saat memasukkan helm.

BACA JUGA: Nama-nama Bagian Pada Helm dan Fungsinya

Untuk visibilitas, saya juga mendapatkan kepuasan. Karena kepala lebih masuk ke dalam, visibiltas yang saya dapatkan jadi lebih maksimal. Ini bisa sangat saya rasakan ketika ingin melihat layar ponsel. karena biasanya menggunakan helm full face akan kesulitan melihat kebawah, tapi sedikit berbeda dengan NHK GP 1000, saya bisa mendapatkan visibilitas yang lebih luas bahkan untuk melihat kearah bawah.

Namun ada sedikit catatan penting, untuk memilih ukuran helm NHK GP 1000 sepertinya kita harus memilih ukuran 1 tingkat lebih kecil. Misalkan jika biasanya kita menggunakan helm size L, maka jika membeli NHK GP 1000 menjadi size M.

5. Tali Pengaman Micromatic
NHK GP 1000 menggunakan tali pengikat helm model Micromatic Buckle. Menurut saya untuk model helm full face, penggunaan Micromatic sangat tidak cocok. Kenapa? Helm full face biasanya dipakai untuk touring jauh atau balapan atau kebutuhan berkendara yang ekstrim, sementara tingkat keamanan tali pengikat helm menggunakan micromatic tidak aman dan rentan bisa terlepas. Akan lebih baik jika menggunakan model D Ring atau DD Ring.

BACA JUGA: Model-model Tali Pengikat Helm Lengkap dengan Gambar

6. Lubang Ventilasi
NHK GP 1000 dilengkapi dengan lubang udara sebanyak 3 buah yang berada dibagian dagu, jidat dan pada bagian belakang helm. Lubang udara dibagian dagu dan di bagian jidat memiliki katup penutup.

7. Interior
Helm NHK GP 1000 menggunakan busa pipi, busa dagu, kain interior dan busa leher yang dapat dibongkar pasang dengan mudah. Untuk kualitas busanya menurut saya oke, walaupun bukan premium tetapi jauh lebih bagus jika dibandingkan dengan helm half face biasa.

8. Sertifikat SNI, DOT, (SNELL ???)
Untuk standar keamanan, helm NHK GP 1000 ini sudah memiliki standar SNI dan juga DOT. Walaupun pada helm saya lihat ada sertifikat SNELL, tetapi sertifikat SNELL ini meragukan karena dari pihak SNELL sendiri mengatakan bahwa NHK belum pernah sekali pun melakukan pengecekan standar SNELL.

BACA JUGA: Perbedaan DOT, SNELL, SNI, ECE Pada Helm

Berikut ini pernyataan dari SNELL terkait sertifikat SNELL pada helm NHK:

Kelebihan VS Kekurangan

Kelebihan NHK GP 1000
  1. Ringan
  2. Double Visor
  3. Bisa dipakai siang malam
  4. Busa pipi, dagu, leher dan kain interior bisa dibongkar pasang
  5. Nyaman, terkhusus bagian telinga

Kekurangan Helm NHK GP 1000
  1. Visor biasa belum flat visor.
  2. Double visor menyebabkan terdapat ruang antara shel luar dengan gabus, sehingga kepadatan gabus berkurang dan juga posisi gabus memiliki kemungkinan goyang.
  3. Masih menggunakan tali pengikat micromatic buckle.
  4. Penempatan Tombol quick visor change untuk double visor tidak tepat dan terlalu memakan banyak tempat.

Jadi, itulah review dari saya seputar helm NHK GP 1000. Menurut saya helm ini sangat layak untuk dibeli. Harga NHK GP 1000 adalah sekitar Rp 580.000 hingga 600.000 rupiah tergantung toko dimana anda membelinya. Karena setiap toko akan mengambil untung yang berbeda-beda. Tapi jika anda cek di internet, harganya sekitar 580ribu hingga 600ribu rupiah.

Mungkin itu saja untuk postingan kali ini, tetap pantau kotak helm untuk mendapatkan informasi seputar helm terbaru dan terlengkap.

NHK GP 1000 di kepala saya: