Berbagai Jenis Helm Sepeda Motor dan Perbedaannya
Cari Berita

Advertisement

Berbagai Jenis Helm Sepeda Motor dan Perbedaannya

Jundi Alfaruqi
Minggu, 25 Maret 2018

Bepergian dengan sepeda motor adalah hal yang sangat menyenangkan. Namun terkadang karena saking senangnya sering membuat orang lupa bahwa keselamatan saat berkendara sangatlah penting. Karena terburu-buru dan merasa tidak nyaman, sering kali menjadi alasan banyak orang tidak menggunakan helm. Dan inilah sebabnya kenapa helm diciptakan dengan model yang berbeda-beda. Yaitu untuk memastikan kenyamanan dan untuk memastikan bahwa anda menikmati perjalanan anda.

Namun, dengan banyaknya jenis helm sepeda motor diluar sana justru malah membuat banyak orang bingung memilih jenis helm mana yang terbaik. Apakah helm Fullface lebih baik daripada half face? Atau bagaimana dengan helm model hybrid? Tak usah bingung, Artikel ini akan membantu anda menjawab semua pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Faktor yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memilih Jenis Helm yang Tepat
Ada banyak jenis helm untuk sepeda motor yang bisa anda pilih, agar tidak bingung silahkan perhatikan faktor-faktor berikut ini saat akan memilih jenis helm.

1. Faktor Keselamatan
Keselamatan adalah faktor yang harus di utamakan dalam memilih jenis helm. Seberapa aman helm tersebut? Apakah helm tersebut mampu melindungi kepala anda jika terjadi kecelakaan?

Ada 4 hal yang harus anda perhatikan: DOT, SNI, ECE dan SNELL. Ini adalah label sertifikasi standar keamanan yang biasanya ditempel di badan helm. DOT sendiri adalah standar yang dikeluarkan oleh badan standarisasi amerika. Saat ini standar acuan DOT menjadi acuan standar Indonesia (SNI),  walaupun pada kenyataanya banyak helm di Indonesia yang tidak memenuhi standar namun memiliki label SNI (miris).

Sedangkan ECE satu tingkat diatas DOT yang menjadi standar helm balap kebanyakan saat ini termasuk moto gp. Sementara itu SNELL adalah badan standarisasi independen yang acuan standarisasinya lebih tinggi lagi dari DOT dan ECE.

Rekomendasi pilihan helm yang memiliki standar SNI/DOT di Indonesia adalah KYT Galaxy Slide, KYT RC7, LTD, GM Fighter dan masih banyak lagi.

2. Material (Bahan)
Faktor bahan yang digunakan harus diperhatikan. Bagian kulit helm atau hard outer sebaiknya terbuat dari bahan karbon dan Kevlar atau plastik yang ringan yang dikombinasikan dengan serat komposit. Bagian interior yaitu gabus helm (polystyrene) haruslah kuat dan kokoh karena bagian inilah yang berfungsi mengurangi efek benturan jika terjadi benturan.

Kalau bisa, untuk bagian lapisan kain interior pilihlah bahan yang menyerap dan bisa dilepas. Anda juga harus melihat lubang udara pada helm. Pilihlah lubang udara yang dilindungi dengan jaring logam. Atau ada juga yang menggunakan bahan dengan fitur anti bakteri.

Rekomendasi helm yang memiliki kriteria ini mungkin seperti KYT DJ Maru, SHOEI J-CRUISE, SHOEI X-Fourteen, Arai XC, Arai Quantum X, dan lainnya.

3. Kaca Pelindung dan Fitur Visibilitas
Visibilitas adalah faktor yang menentukan kenyamanan dan keamanan anda selama diperjalanan. Ada beberapa helm sepeda motor yang dilengkapi dengan kaca pelindung yang tinggi hingga menutupi dagu dan ada juga yang rendah hanya sampai menutupi sedikit di bawah bagian hidung, dan model yang rendah ini memberikan anda visibilitas lebih baik, namun debu dan kotoran lebih mudah masuk ke mata anda.

Beberapa helm saat ini sudah menggunakan vitur double visor dengan perlindungan anti UV. Dan jika anda lebih banyak berkendara di siang hari, anda bisa memilih helm dengan warna kaca yang gelap agar dapat melindungi mata dari sinar matahari yang terlalu terang.

Rekomendasi helm produk dalam negri yang mungkin bisa anda pilih adalah NHK R1, KYT 2 Vista, GM Fighter, dan lainnya.

4. Berat
Helm yang digunakan haruslah cukup ringan sehingga tidak menyebabkan leher menjadi sakit. Helm yang digunakan harus pas di kepala tidak terlalu sempit dan tidak longgar sehingga tidak menyebabkan rasa sakit di area kepala.

5. Merk
Pilihlah merk yang sudah terpercaya seperti NHK, Arai, SHOEI, KYT, GM, HJC, Nolan, Icon, Scorpion, dan IV2.

Jenis-jenis Helm Sepeda Motor.

Helm Full Face
Jika anda mencari helm dengan perlindungan maksimal, helm full face adalah pilihannya.
Helm Full Face

  • Helm full face tidak hanya dirancang untuk melindungi bagian kepala, namun juga bagian wajah dan rahang anda.
  • Perjalanan jauh menjadi lebih tenang dengan helm jenis ini. Helm full face mengurangi tekanan suara jalanan yang menggangu telinga. Ini akan membuat perjalanan jauh anda jadi lebih nyaman.
  • Perlindungan terhadap cuaca hujan dan panas lebih baik.
  • Tekanan Angin yang masuk lebih kecil pada helm ini, dengan demikian helm ini tidak menyebabkan wajah anda menjadi sakit akibat tekanan angin yang kuat selama perjalanan, terlebih untuk perjalanan jauh.
  • Karena helm ini menawarkan keamanan yang maksimal maka helm ini sedikit lebih berat dibangingkan dengan jenis helm lainnya.
Helm full face yang mungkin bisa menjadi pilihan anda adalah KYT RC7, SHOEI X-Fourteen, Arai Corsair V, HJC RPHA 10 dan lain-lain

Helm Open Face (Wajah Terbuka)
Helm open face adalah helm yang dirancang untuk melindungi seluruh bagian kepala kecuali wajah dan dagu.
Helm Open Face

  • Karena helm ini di disain dengan lebih banyak bagian terbuka, pendengaran jadi lebih jelas sehingga berkomunikasi jadi lebih mudah karena bagian mulut terbuka, berbeda dengan full face.
  • Karena tidak ada pelindung mata pada sebagain besar helm jenis ini, maka ini menjadi kelebihan tersendiri dalam hal Visibilitas yang lebih baik. Mata anda bisa melihat kemana pun tanpa ada penghalang.
  • Helm Open Face saat ini sudah berkembang dan kebanyakan sudah dilengkapi dengan Kaca yang bisa dibuka tutup (Flip Down Shields) saat diperlukan. Namun kaca ini tidak terlalu bisa di andalkan saat sedang hujan.

Beberapa model yang direkomendasikan dalam kategori helm open face ini adalah GM Icon, KYT 2 Vista, GM Evolution, KYT Scorpion, SOEI Platinum R RJ, HJC IS-33, KYT DJ Maru, dll.

Helm Modular (Hybrid)
Helm modular adalah helm sepeda motor hybrid yang memadukan antara full face dan open face. Helm ini bisa menjadi Full face dan juga bisa menjadi open face. Saat Bagian dagu dinaikkan akan menjadi open face, dan saat diturunkan akan menjadi full face.

  • 2 Keuntungan dalam 1 helm: Helm modular dirancang untuk para pengendara yang menginginkan fungsi helm full face sekaligus open face.
  • Hanya dengan menakan 1 tombol, bagian dagu helm ini dapat digerakkan untuk menutup atau membuka.
  • Penggunaan ini tentunya lebih nyaman karena terdapat dua mode. Mode ini membantu anda lebih mudah saat memasang helm.
  • Opsi open face membuat pendengaran dan komunikasi lebih mudah. Opsi full face membuat anda lebih aman dengan perlindungan full.

Beberapa pilihan helm dalam kategori modular adalah seperti SHOEI Neotec/Neotec II, Shark Series 3 Evoline, dan Nolan N104.

Helm Half Face
Helm Half Face adalah helm stengah kepala. Helm ini hanya menutupi bagian atas kepala saja sedangkan bagian lainnya seperti telinga, leher dan wajah terbuka. Helm ini tidak memiliki banyak pengguna karena modelnya tersebut. Hampir mirip dengan helm proyek tapi dengan kualitas 1 tingkat lebih tinggi.
Helm Half Face

  • Visibilitas Superior: Karena desain helm seperti ini, jarak pandangnya lebih baik daripada semua jenis helm sepeda motor lain.
  • Dengan desain stengah kepala, helm ini sangat ringan saat dikenakan bahkan tidak terasa seperti menggunakan helm. Helm ini juga mudah di bawa-bawa.
  • Keamaanannya sangat lemah dan Hampir tidak ada proteksi karena banyak bagian-bagian yang terbuka pada model helm ini.
  • Tidak ada pelindung dari cuaca panas atau hujan.
  • Tidak terlindungi dari angin kencang, debu dan polusi.

Jika anda tertarik, model yang ditawarkan untuk jenis helm ini adalah VCAN Cruiser V531 dan Bell Rogue.

Helm OFF ROAD
Helm off road adalah jenis helm yang unik. Helm ini di desain dengan fitur-fitur yang diperuntukkan khusus untuk para pembalap motorcross.
Helm Off Road

  • Topi/Pet: Helm ini memiliki topi panjang. Fungsi topi ini adalah melindungi dari sinar matahari dan dari tanah/lumpur atau kotoran saat bermain motorcross.
  • Terdapat ventilasi (lubang udara) khusus untuk mengatur suhu dan kelembaban di dalam helm.
  • Seperti helm full face terdapat pelindung dagu tapi lebih panjang. Fungisnya untuk melindungi pengendara dari benturan dan dari segala puing dan kotoran di jalan atau circuit.
  • Tanpa pelindung mata: Bagian mata terbuka yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas pengendara. Namun saat ini telah disediakan google atau kaca mata helm off road ini.

Helm off road terbaik yang disarankan adalah HJC Scourge CS-MX, Scorpion VX-34, dan Vega Viper.

Tips Memilih Tipe Helm yang Tepat
Dengan jenis helm sepeda motor yang bervariasi, anda dapat memilih pilihan helm terbaik yang sesuai untuk anda. Berikut ini adalah kiat terbaik memilih helm yang tepat:

  1. Kelengkapan Sangat Penting: Semua kompenen yang terdapat pada helm harus dipastikan baik dan lengkap.
  2. Jangan lupa standar keamaanan: Standar keamanan yang cukup bagus adalah yang sudah standar DOT atau ECE ditambah SNI untuk pelengkap. Kalau mau aman maksimal, cari helm yang udah standar SNELL.
  3. Dicoba: Baik membeli langsung atau secara online, helm yang anda beli harus dicoba di kepala anda untuk memastikan helm tersebut cocok dikepala anda. Idealnya tidak boleh terlalu sempit, dan tidak boleh terlalu lapang. Harus Fit/pas di kepala.


Membuat Keputusan
Apakah anda sudah menemukan jenis helm yang cocok untuk anda?

Anda bisa membeli helm secara online dengan kesempatan mendapatkan banyak diskon jika anda mau berusaha mencari. Atau anda juga bisa membelinya di toko helm terdekat disekitar tempat tinggal anda.

Jika anda akan membeli helm secara online, pastikan anda telah memeriksa panduan ukuran helm tersebut. Pertimbangkan dengan baik kualitas dan anggaran yang anda miliki.

Ayo tunggu apalagi, beli helm sepeda motor hari ini dan nikmati perjalanan anda jadi lebih aman dan nyaman.

Baca Juga:
1 | Model Tali Pengikat Helm
2 | Kiat Aman Agar Helm Tidak Mudah Dicuri