Ads

,

Ads

4 Tips Mudah Agar Helm Tidak Dicuri

Jundi Alfaruqi
1 Sep 2017, 18:09 WIB Last Updated 2021-12-11T12:48:21Z

4 Tips Mudah Agar Helm Tidak dicuri
Foto : Ilustrasi

KotakHelm.Com - Di Indonesia, helm masih dianggap oleh sebagian orang sebagai barang yang barang mewah. Terbukti dari begitu maraknya pencurian helm yang terjadi hingga saat ini.


Banyak kasus pencurian helm yang terjadi di sekitar kita dan bahkan terjadi pada diri kita sendiri. Tak terkecuali, saya sendiri pun pernah mengalami hal tersebut, bahkan sudah dua kali terjadi.


Padahal, jarak saya berdiri dengan posisi motor terpakir tidak begitu jauh, kurang lebih sekitar 3 meter. Namun, saya lengah beberapa menit, dan helm saya pun ludes di gasak si maling helm tersebut.


Berdasarkan pengalaman tersebut, akhirnya saya memutuskan untuk menulis artikel ini dan ingin membagikannya kepada banyak orang di Indonesia yang mungkin saja termasuk salah satu korban juga.


Cara cerdik agar helm tidak dicuri saat ditinggal diparkiran ini saya tulis berdasarkan pengalaman yang saya lakukan, dan hasilnya pun terbukti ampuh, dan sampai sekarang helm saya yang ketiga ini masih aman bersama saya.



#1 MENITIPKAN HELM KE TEMPAT PENITIPAN HELM

Jika kita harus meninggalkan helm dalam diparkir dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya kita titipkan helm ke petugas yang berjaga disekitar parkiran tempat dimana kita memarkirkan kendaraan.


Atau, jika ada tempat penitipan helm lebih bagus lagi. Terkadang banyak dari kita yang sulit mengeluarkan uang dua ribu atau tiga ribu rupiah untuk biaya penitipan helm tersebut. padahal, jika dibandingkan dengan harga helm yang bisa sampai ratusan ribu, tidak ada ruginya kita mengeluarkan recehan tersebut demi barang milik pribadi kita sendiri.


#2 MENGUNCI HELM DI DALAM JOK MOTOR

Kalau memang tidak sempat untuk menitipkan helm, atau tempat penitipan helm tidak tersedia, maka cara yang bisa dilakukan untuk mengamankan helm adalah dengan mengunci pengait helm dengan pengait yang berada di dalam jok motor. Sehingga si maling sedikit terhambat saat ingin melakukan aksi kotornya.



Tips mudah agar helm tidak dicuri


Tujuan meletakkan motor di tempat yang bisa terlihat orang banyak adalah, agar gerak-gerik si pencuri dapat terlihat oleh orang sekitar atau dapat mencuri perhatian orang disekitar, dengan begitu kerjaan si maling juga akan terhambat karena si maling akan merasa was-was jika ada yang mengawasi dan ada yang berteriak maling secara mendadak.


#3 BELI HELM YANG PUNYA FITUR ANTI MALING

Sekarang ini sudah banyak helm yang dilengkapi dengan fitur anti maling atau biasa di sebut anti theft. Contohnya seperti di salah satu helm KYT yakni KYT Galaxy Slide Dua Kaca. 


Dengan fitur anti theft ini, helm dapat kita kunci dengan sebuah kunci khusus untuk helm. sehingga helm kita menjadi lebih aman dari tangan-tangan kotor tak bertanggung jawab.


#4 DIBAWA MASUK

Jika cara 1, 2 dan 3 menurut kalian masih kurang aman, maka kalian bisa pake cara yang ke 4, yaitu membawa helm kemana pun kalian pergi.


Hal ini juga biasa dilakukan oleh orang banyak, seperti anak sekolah yang membawa helmnya hingga ke dalam ruang kelas atau pegawai kantor yang membawa serta helmnya ke dalam ruang kerjanya.


Cara ini bisa dibilang paling efektif, karena kita melakukan usaha yang maksimal untuk menjaga benda berharga milik kita tersebut.


Cara-cara yang sudah saya sebutkan di atas, memang merepotkan untuk kita lakukan, namun cara-cara tersebut dilakukan semata-mata hanya untuk kepentingan diri kita sendiri.


Walaupun seharusnya helm hilang dicuri orang bukanlah kesalah kita, namun tetap saja kita harus berusaha untuk memperjuangkan apa yang menjadi milik kita.


Karena, Kalau sudah hilang, kita pun susah untuk mendapatkannya kembali. Jadi, satu-satunya cara yang dapat kita lakukan adalah berusaha menjaga dan mempertahankannya.


Dan jika seluruh usaha telah dilakukan dengan maksimal tetapi helm tetap juga hilang, mungkin jawabannya adalah karena helm tersebut memang bukan rejeki kita.