Cara Jitu Agar Helm Tidak Dicuri Saat Ditinggal Diparkiran
Cari Berita

Advertisement

Cara Jitu Agar Helm Tidak Dicuri Saat Ditinggal Diparkiran

Kotak Helm
Jumat, 01 September 2017

Di Indonesia, helm adalah sebuah barang yang termasuk ke dalam kategori barang mewah. Hal Ini terbukti dari begitu maraknya pencurian helm yang terjadi hingga saat ini.

Banyak kasus pencurian helm yang terjadi di sekitar kita dan bahkan terjadi pada diri kita sendiri. Tak terkecuali, Saya sendiri pun mengalami hal tersebut, dan naasnya, sudah dua kali helm saya hilang dicuri saat saya tinggalkan di atas motor.


Padahal, jarak saya dengan posisi motor tidak begitu jauh, hanya berjarak sekitar 3 meter. Namun, hanya karena saya lengah beberapa menit saja, helm saya ludes di gasak si maling helm tersebut.

Berdasarkan pengalaman tersebut, akhirnya saya memutuskan untuk menulis artikel ini dan ingin membagikannya kebanyak orang di Indonesia, agar fenomena kehilangan helm di parkiran tersebut tidak lagi menimpa diri kita kedepannya.

Ilustrasi

Cara cerdik agar helm tidak dicuri saat ditinggal diparkiran ini adalah berdasarkan pengalaman yang sudah pernah saya lakukan, dan hasilnya pun memang terbukti sampai sekarang, helm saya yang ketiga ini masih setia bersama saya.


1. Titipkan helm ke petugas yang berjaga atau tempat penitipan helm.

Jika kita harus meninggalkan helm dalam jangka waktu yang lama ataupun sebentar, sebaiknya kita titipkan helm ke petugas yang berjaga disekitar parkiran tempat kita memarkirkan kendaraan.

Atau, jika ada tempat penitipan helm lebih bagus lagi. Terkadang banyak dari kita yang sulit mengeluarkan uang 2ribu atau 3ribu rupiah untuk biaya penitipan helm tersebut. padahal, jika dibandingkan dengan harga helm yang harganya bisa sampai ratusan ribu, tidak ada ruginya kita mengeluarkan recehan tersebut untuk keamanan si helm.

Pilihan ada ditangan kita masing-masing, mengorbankan 2ribu untuk penitipan helm, atau mengeluarkan ratusan ribu untuk membeli helm baru.

2. Kunci pengait helm dengan pengait yang berada di dalam jok motor dan letakkan motor di tempat yang bisa terlihat penjaga atau orang banyak.

Kalau memang tidak sempat untuk menitipkan helm, atau tempat penitipan helm tidak tersedia, maka cara yang bisa dilakukan untuk mengamankan helm adalah dengan mengunci pengait helm dengan pengait yang berada di dalam jok motor. Sehingga si maling sedikit terhambat saat ingin melakukan aksi kotornya.


Tujuan meletakkan motor di tempat yang bisa terlihat orang banyak adalah, agar gerak-gerik si pencuri dapat terlihat oleh orang sekitar atau dapat mencuri perhatian orang disekitar, dengan begitu kerjaan si maling juga akan terhambat karena si maling akan merasa was-was jika ada yang mengawasi dan ada yang berteriak maling secara mendadak.

3. Menggunakan Kunci anti maling helm

Sekarang ini sudah banyak helm yang dilengkapi dengan fitur anti maling atau biasa di sebut anti theft.

Dengan fitur anti theft ini, helm dapat kita kunci dengan sebuah kunci khusus untuk helm. sehingga helm kita menjadi lebih aman dari tangan-tangan kotor tak bertanggung jawab.
4. Membawa helm kemana saja

jika cara 1, 2 dan 3 menurut kalian masih kurang aman, maka kalian bisa pake cara yang ke 4, yaitu membawa helm kemana pun kalian pergi.

Hal ini juga biasa dilakukan oleh orang banyak, seperti anak sekolah yang membawa helmnya hingga ke dalam ruang kelas atau pegawai kantor yang membawa serta helmnya ke dalam ruang kerjanya.

Cara ini bisa dibilang paling efektif, karena kita melakukan usaha yang maksimal untuk menjaga benda berharga milik kita tersebut.

Cara-cara yang sudah saya sebutkan di atas, memang merepotkan untuk kita lakukan, namun cara-cara tersebut dilakukan semata-mata hanya untuk kepentingan diri kita sendiri.

Walaupun seharusnya helm hilang dicuri orang bukanlah kesalah kita, namun tetap saja kita harus berusaha untuk memperjuangkan apa yang menjadi milik kita.

Karena, Kalau sudah hilang, kita pun susah untuk mendapatkannya kembali. Jadi, satu-satunya cara yang dapat kita lakukan adalah berusaha menjaga dan mempertahankannya.

Dan jika seluruh usaha telah dilakukan dengan maksimal tetapi helm tetap juga hilang, mungkin jawabannya adalah karena helm tersebut memang bukan rejeki kita.