Nama dan Jenis Lubang Ventilasi Udara di Helm
Cari Berita

Advertisement

Nama dan Jenis Lubang Ventilasi Udara di Helm

Jundi Alfaruqi
Monday, 6 May 2019

Tau nggak sih helmet lovers, lubang ventilasi udara / air vent di helm itu sebenarnya ada nama dan jenis nya loh. Biasanya jumlah lubang ventilasi di helm bisa berbeda-beda tergantung jenis dan desain helmnya. Helm jenis full face misalnya yang punya lubang ventilasi lebih banyak dibanding jenis open face.

Setiap lubang ventilasi di helm juga memiliki yang namanya vent cover atau penutup. Penutup tersebut berfungsi untuk menutup lubang ventilasi ketika sedang hujan agar air tidak masuk ke dalam helm. Vent cover ini juga ada bermacam-macam jenisnya, ada yang removable seperti di AGV Pista GP R dan ada juga yang tidak removable tapi dengan sistem slide seperti di helm AGV Corsa, KYT NX Race, Vendetta 2 dan helm-helm lainnya.

Nama dan Jenis Lubang Ventilasi Udara di Helm
Ada dua jenis lubang ventilasi menurut fungsinya, lubang intake dan lubang exhaust. Lubang intake adalah lubang ventilasi yang berfungsi sebagai tempat masuknya udara yang kemudian disebarkan ke bagian dalam helm. Semantara lubang exhaust / outlet adalah lubang yang berfungsi sebagai tempat ventilasi angin keluar. Jadi ada saluran masuk dan ada saluran keluar.

BACA JUGA : Sejarah Helm SUOMY dari Pertama Berdiri Hingga Diakusisi KYT

Lubang ventilasi di helm biasanya ada lebih dari tiga buah dan setiap lubang punya nama dan fungsi tersendiri.

Nama dan Jenis Lubang Ventilasi Udara di Helm
Mouth Vent

Mouth Vent : adalah lubang ventilasi yang terletak dibagian dagu. Biasanya mouth vent ini tersedia untuk helm-helm full face seperti KBC V Zero, KYT R10, SHOEI X-14, Airoh Valor, dll. Mouth vent berfungsi untuk mengalirkan udara ke bagian wajah, muka atau pipi. Mouth vent sering juga disebut chin vent.

Top Vent

Top Vent : merupakan lubang ventilasi udara helm yang terletak di bagian jidad helm. Top vent berfungsi sebagai lubang udara helm yang mengalirkan udara ke bagian atas kepala. Top vent ini biasanya ada dua lubang atau lebih.

Rear Vent

Rear Vent : adalah lubang ventilasi belakang, posisi rear vent biasanya merapat dengan spoiler, kadang ada yang di atas spoiler, dan terkadang ada juga yang posisinya di bawah spoiler. Rear vent berfungsi sebagai lubang ventilasi keluar.

Side Vent : adalah lubang ventilasi yang ada di samping kiri kanan helm, lubang ventilasi ini juga berfungsi sebagai lubang udara untuk mengeluarkan udara dari dalam helm.

BACA JUGA : UPDATE! Harga Helm KYT Semua Tipe dan Seri Terbaru Lengkap

Dari ke empat nama lubang ventilasi tersebut mouth vent dan top vent termasuk jenis lubang intake karena berfungsi sebagai tempat ventilasi udara masuk, sedangkan rear vent dan side vent adalah lubang exhaust karena fungsinya adalah sebagai tempat untuk ventilasi keluar.