Fungsi Spoiler Pada Helm dan Cara Kerjanya
Cari Berita

Advertisement

Fungsi Spoiler Pada Helm dan Cara Kerjanya

Jundi Alfaruqi
Tuesday, 19 March 2019

Disetiap helm balap pasti sobat akan menemukan yang namanya spoiler. Benda yang berbentuk seperti sayap ini bukan sekedar untuk hiasan semata sob, tapi ada fungsi khusus yang dibawanya.

Fungsi Spoiler Helm
Fungsi utamanya adalah untuk aerodinamis helm. Memacu motor dikecepatan yang sangat tinggi hingga 250Km/jam akan menyebabkan gaya hambat akibat tekanan udara yang sangat kuat dari arah depan sob.

Visualisasi Aliran udara pada spoiler 

Tekanan udara ini akan menekan helm sehingga menimbulkan yang namanya turbulensi udara pada bagian belakang helm. Jika terjadi turbulensi udara pada bagian belakang, maka gaya dorong udara ke belakang akan semakin besar.

BACA JUGA : Pasang Spoiler 3D AGV Pista di Helm KYT Vendetta 2

terlihat perbedaan antara helm tanpa spoiler dan dengan helm yang memakai spoiler

Karena yang menopang atau menahan gaya dorong terhadap helm ini adalah leher rider, sudah pasti leher rider bisa menjadi sakit atau pegal dan pasti akan mengganggu konsentrasinya saat balapan.

Kecepatan 100km/jam, Gaya dorong (Drag) berkurang 5% dan gaya angkat helm ke atas berkurang 1 % (pict by : www.shoei.com

BACA JUGA : Kupas Tuntas Spesifikasi Helm KYT RC 7 Terbaru

CARA KERJA SPOILER


Nah disini lah peran spoiler diperlukan, dengan spoiler aliran udara tersebut akan dipecah atau dialirkan melalui spoiler tersebut sehingga tekanan atau gaya hambat akan berkurang.

Spoiler di helm sangat berguna untuk mengurangi beban helm di leher akibat tekanan udara terhadap helm. Fungsi ini memang tidak akan terasa saat kita mengenakan helm  berspoiler pada kecepatan rendah, tapi di kecepatan 250 km/jam ke atas, spoiler akan sangat membantu sob.

Selain spoiler faktor lain yang juga harus diperhatikan pada helm adalah material yang digunakan, ventilasi udara, sistem keamanan, standar keamanan dll.

BACA JUGA : Daftar Harga KYT R10 Flat Visor dan R10 Non Flat Visor Terbaru