Helm Arai Asli Buatan Jepang, Indonesia atau Amerika? Mana yg Benar?
Cari Berita

Advertisement

Helm Arai Asli Buatan Jepang, Indonesia atau Amerika? Mana yg Benar?

Jundi Alfaruqi
Wednesday, 13 March 2019

kotakhelm.com - Helmet lovers sudah pada tau belum helm arai buatan mana? Ada yang bilang Arai itu katanya produk jepang, ada yang bilang itu produk amerika, bahkan admin pernah dengar juga ada yang bilang arai itu buatan indonesia.

Lah kok bisa beda-beda sih? jadi yang benar yang mana nih? Nah, biar pada nggak salah paham, mending let's skuy aja nih kita simak sejarah helm Arai berikut ini,

Sejarah helm arai dari pertama hingga sekarang

BACA JUGA : Review Helm Arai RX7X untuk Harian dan Plus Minusnya

Sejarah Singkat Helm Arai


Hirotake Arai

Arai adalah sebuah perusahaan helm yang didirikan pada tahun 1926 di Jepang sob. Nama Arai sendiri diambil dari nama pendirinya yaitu Hirotake Arai.

Diketahui hirotake Arai ini juga mempunyai hobi mengendarai motor sob, bahkan dia juga melakukan aksi-aksi freestyle di atas motornya.

Hirotake Arai saat menunjukkan salah satu aksinya di atas motor

Singkat cerita Hirotake Arai ini hatinya dihantui rasa gelisah dan cemas saat berkendara tanpa helm yang tepat karena pada waktu itu di jepang sangat susah mencari helm yang bagus, ditambah lagi saat itu jepang juga sangat tertutup dari produk-produk asing buatan luar.

Dari situlah bapaknya Arai ini si Hirotake Arai akhirnya berinisiatif untuk membuat sebuah pelindung kepala atau helm.

BACA JUGA : Sejarah Singkat KYT Dari Pertama Berdiri sampai Sekarang

Awalnya dia hanya membuat helm itu untuk dia pakai sediri lalu kemudian dia juga membuat helm untuk keluarga dan teman-temannya.

Seiring berjalannya waktu, akhirnya mulailah Hirotake Arai membangun bisnis helm yang diberi merk Arai.

Karena dulu di jepang juga tidak ada yang namanya pengujian standar kekuatan helm, akhirnya Hirotake Arai melakukan pengujian keamanan helm produknya sendiri dengan alat penguji yang dia buat dan dia kembangkan terus.

Rata-rata rating helm Arai mendapat bintang di atas 3 oleh badan sertfikasi SHARP yang membuktikan kekuatannya

Meskipun sekarang Arai sudah menjadi sebuah perusahaan bisnis besar namun Hirotake Arai mengatakan bahwa niatnya membuat helm Arai ini adalah karena ingin menciptakan helm yang mampu melindungi sesama pengendara.

Itu lah yang melandasi kenapa arai sampai sekarang hanya menciptakan produk-produk helm yang sangat berkualitas.

Saat ini satu-satunya pabrik yang memproduksi helm dan aksesoris Arai itu cuma ada di saitama Jepang yang di bawahi oleh seorang direktur bernama Michio Arai dan dibantu oleh anaknya Akihito Arai.

Kanan Dani Pedrosa dan kiri Akhito Arai

Jadi kalau ada yang bilang helm Arai di buat di Indonesia, itu salah besar sob. Karena satu-satunya pabrik yang membuat helm Arai hanya ada di Jepang only.

Terus gimana ceritanya dengan Arai Berlogo SNI? Apakah itu artinya di idonesia ada pabrik membuat helm Arai juga? Baca Selengkapnya : Perbedaan helm Arai indonesia dengan Arai Eropa

Beberapa pembalap MotoGP terkemuka menggunakan Arai adalah Nicky Hayden, Maverick Vinales, Dani Pedrosa dan Kevin Schwantz.

Walaupun populer di MotoGP, banyak pembalap Formula 1 juga menggunakan Helm Arai karena Arai GP-6 RC adalah salah satu dari sedikit helm yang memenuhi persyaratan FIA untuk olahraga.

Para pembalapnya adalah: Adrian Sutil , Daniel Ricciardo , Jenson Button , Kamui Kobayashi , Max Chilton , Sergio Pérez , Mark Webber , Sebastian Vettel , Rio Haryanto , Max Verstappen dan Valtteri Bottas.

Meskipun Jamie McMurray dan Kyle Larson dari NASCAR , Will Power , Simon Pagenaud dan Tony Kanaan dari IndyCar Series mereka menggunakan Arai sebagai pilihan Helm mereka.

BACA JUGA : Perbedaan Euro Fit dengan Asian Fit pada Helm

Situs Resmi Penjual Helm Arai di Indonesia


Nah, setelah kita tadi sudah membahas tentang sejarah helm Arai, disini admin mau ngasih sedikit informasi tempat situs buat beli helm arai resmi di indonesia yaitu di https://www.araiindonesia.com .

Ada beberapa keuntungan yang bisa helmet lovers dapatkan jika membeli di situs resmi ini yaitu akan mendapat garansi 5 tahun,misalnya aja ketika shell (batok) helm mengalami retak menurut Cargloss grup bisa diklaim dan nanti akan di bantu proses penggantian.

Selain itu teman-teman helmet lovers juga akan mendapat diskon khusus bagi yang membeli helm arai di situs resmi arai indonesia tersebut.

BACA JUGA : Pakai Shootgun, Pembalap MotoGP Ini Tes Kekuatan Helm NHK GP R Tech