Ads

,

Ads

Sejarah Helm KYT (Profil, Pendiri, Pabrik, Visi dan Misi)

Jundi Alfaruqi
3 Jan 2019, 09:57 WIB Last Updated 2021-12-19T09:22:11Z
Helmet lovers pastinya sudah pada tau dengan helm KYT. Saat ini merk KYT telah sukses dan dikenal oleh dunia. Dibalik kesuksesan tersebut, ternyata KYT menyimpan 1001 cerita yang menarik untuk disimak. Kali ini saya ingin berbagi tetang kisah KYT yang saya ambil dari situs tarakusuma.com. Berikut kisahnya,

Helm KYT

BACA JUGA: Review dan Harga Helm KYT Vendetta 2 Terbaru

Sekilas :

Sepeda motor sebagai alat transportasi yang cepat dan efisien sudah tidak dapat dipisahkan lagi dari keseharian sebagian besar masyarakat di Indonesia saat ini. Dengan menggunakan sepeda motor sebagai moda transportasi maka kendala waktu dan jarak dapat diatasi dengan mudah, terutama bagi masyarakat perkotaan yang selalu dalam himpitan kemacetan lalu-lintas.

Di lain pihak, sepeda motor adalah moda transportasi yang memiliki tingkat resiko paling tinggi dalam kecelakaan lalu-lintas tapi juga memiliki tingkat proteksi yang paling rendah terhadap pengendaranya, terutama proteksi terhadap kepala pengendara, yang merupakan asset paling berharga manusia.

Di sinilah PT Tarakusuma Indah hadir untuk memenuhi kebutuhan akan alat proteksi pengendara tersebut, yaitu helm. Bagi PT Tarakusuma Indah, helm bukanlah sekedar alat proteksi belaka, tapi juga harus dapat memberikan kenyamanan dan keindahan estetika bagi pemakainya.

BACA JUGA: Harga Helm KYT RC7 Full Face Terbaru dan Spesifikasinya

Dengan sertifikasi berstandar nasional maupun internasional, helm-helm produksi PT Tarakusuma Indah memberikan perlindungan maksimal bagi pemakainya dalam mengantisipasi dan mengurangi tingkat cidera kepala yang fatal akibat benturan dalam kecelakaan lalu-lintas yang melibatkan sepeda motor.

Trend dunia fashion yang makin berkembang juga mulai merambah ke perangkat atau apparel berkendara, termasuk helm. Kondisi seperti itu diakomodir PT Tarakusuma Indah, dengan tetap mengedepankan safety, helm-helm produksi PT Tarakusuma Indah memiliki style yang selalu menjadi trend-setter di Indonesia.

Dengan bentuknya yang aerodinamis, modern dan kenyamanan maksimal, dilengkapi dengan design grafis yang sangat elegan, tersedia dalam berbagai ukuran, nyaman serta pas dengan bentuk kepala Asia menjadikan helm-helm produksi PT Tarakusuma Indah sebagai teman setia pengendara sepeda motor dalam berbagai aktifitas, dimanapun dan kapanpun.

BACA JUGA: Review dan Harga Helm KYT DJ Maru Terbaru

Sebuah perwujudan keamanan berkendara yang dibalut dengan estetika seni yang tinggi dan kenyamanan dalam memakainya menyatu dalam produk-produk PT Tarakusuma Indah.

VISI
Menjadi produsen helm terkemuka di tanah air dengan mengedepankan konsistensi dalam kualitas dan inovasi keamanan sempurna bagi pengguna sepeda motor.

MISI
Memproduksi secara bertanggung jawab & mengedepankan kepuasan konsumen dengan senantiasa menjaga kualitas produk.

Sejarah :

KYT lahir sebagai "Racing Idea Project" yang diilhami oleh pendirinya Mr Eddy Tedjakusuma, yang sejak 1980 telah berhasil membuat grup PT TARA sebagai salah satu manufaktur produksi helm terbesar di dunia hingga saat ini. Dengan pasar yang berkembang terutama di Asia dan dunia, PT TARA saat ini telah dianggap sebagai manufaktur global utama yang secara luas berfokus pada produksi helm sepeda motor dengan fasilitas pabrik in-house-nya mencapai 100.000 m2.

Dimulai dari tahun 1980-an, melihat pentingnya keselamatan dalam berkendara khususnya kendaraan bermotor, kami mulai mempelopori produksi helm motor roda dua pertama di Indonesia guna mendukung program keselamatan para pengendaran motor.

BACA JUGA: Spesifikasi dan Harga Helm KYT Cross Terbaru

Kami senantiasa berusaha memproduksi helm dengan kualitas produk dan proses yang mengedepankan keamanan dan didukung oleh kualitas bahan dasar terbaik yang telah melalui uji standar yang ketat sesuai dengan standar nasional dan internasional yang berlaku.

Kami berusaha menciptakan helm dengan inovasi dan model terbaru, bukan hanya untuk menunjang keselamatan yang lebih baik, akan tetapi juga untuk menyesuaikan dengan gaya/karakter dan performa para pengguna sepeda motor.

KYT C5 Aleix Espargaro

KYT secara historis mendedikasikan komunikasi publiknya melalui sejumlah pembalap profesional di seluruh dunia. Pembalap kami saat ini di Moto GP, Andrea Iannone dan Xavier Simeon di Moto 2 menyediakan komunikasi penting untuk kualitas dan pengembangan helm KYT.

Profil :

PT. TARAKUSUMA INDAH didirikan dengan pengalaman selama 29 tahun dalam memproduksi helm bagi penguna sepeda motor dan melahirkan merek-merek helm berkualitas seperti INK, KYT dan MDS untuk kelas menengah-atas serta BMC dan HIU untuk berkonsentrasi lebih dikelas menengah-bawah.

Jenis helm yang diproduksi mulai dari tipe full face, open face, motocross dan modular(flip up). Dalam hal ini tipe helm mulai dari top racing helmet untuk pembalap profesional dengan composite fiberglass hingga model street untuk penggunaan di dalam kota.

Kami menjadi produsen pertama yang mengaplikasikan dan memenuhi berbagai standar sertifikasi. Dimulai dari tahun 1992, kami menginisiasikan produk-produk helm kami untuk memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI) 1811 1990, dan sekarang direvisi menjadi SNI Wajib yaitu SNI 1811 2007.

Kemudian dengan perluasan pangsa pasar ke manca negara, kami melakukan riset dan pengembangan alih teknologi dari Eropa di mana produk-produk kami berhasil terakreditasi dengan beberapa sertifikasi internasional penting untuk pasar manca negara, seperti standar Eropa (E2205), DOT FMVSS 218, SNELL dan AS (AUSTRALIAN STANDARD).

Dalam memproduksi helm kami sangat meperhatikan kualitas dan keselamatan yang bagi penggunanya, mulai dari pengunaan material khusus yang berkualitas tinggi, proses produksi dengan teknolohgi tinggi yang presisi, hingga pengujian standar keamanan yang detil dalam setiap tahapan produksi.

Tidak ada kompromi untuk setiap kekurangan dalam proses produksi, karena hal ini berkaitan langsung dengan aspek keselamatan para pangguna sepeda motor. Tenaga-tenaga ahli kami senantiasa melakukan pengecekan rutin standar homologasi helm secara detil dan studi banding dengan berbagai laboratorium terakreditasi di Eropa, Australia dan Amerika.

Pabrik :


Pabrik kami berlokasi di Kawasan Industri Lippo Cikarang, dengan luas wilayah 20.000 m (15.000 m), sekitar 45 menit perjalanan dari Pusat Kota Jakarta.

Dalam hal proses produksi helm, pabrik kami menggunakan teknologi terkini dan didukung oleh para ahli dari kerjasama teknik dengan produsen Eropa yang telah berpengalaman dalam industri helm. Dalam proses pembuatan produk, kami memiliki proses produksi yang hampir seluruhnya in house.

Didukung dengan mesin-mesin memadai mulai dari proses pencetakan/pembuatan, shell, proses pengecatan dan pembuatan motif, EPS, Inner Liner (sarung padding) hingga proses assembling. Semuanya dibawah kontrol ketat baik untuk memproduksi helm-helm private label terkemuka di dunia maupun helm-helm merek lokal.

Dalam pembuatan bahan dasar shell (batok) helm kami memiliki proses teknologi composite fiber glass untuk racing helmet kelas atas maupun thermoplastic (injection moulding). Untuk bagian riset dan teknologi, kami mempunyai tim khusus dan kerja sama dengan produsen helm di Eropa & Amerika dalam melahirkan desain produk helm yang kontemporer, dari aspek teknologi, estetika, maupun keamanan dan kenyamanan.

Produk-produk kami juga melalui tahap quality control yang tinggi dan sistematis dimulai dari hasil pembuatan shell hingga proses akhir assembling. In-house full laboratorium dengan standar internasional menguji produk-produk kami secara berkala ketahanan bahan dasar shell, uji EPS maupun pengujian produk final sesuai dengan norma standar di dunia seperti Eropa (EC2205), USA (DOT FMVSS218 dan SNELL), Australia (SA AS 1698) hingga standar terakhir yang berlaku di Indonesia SNI 1811-2007

Pabrik helm KYT mempunyai 750 orang karyawan dengan total kapasitas produksi helm yang mencapai lebih dari 2 juta unit per tahun, dengan berbagai pilihan model, warna dan corak/grafis yang inovatif. Untuk menjaga proses produksi dan kemudahan kerja bagi para karyawan kami, tersedia beberapa fasilitas seperti armada bis untuk mengantar dan membawa para pegawai sampai tepat di depan pabrik kami.

BACA JUGA: Review dan Harga Helm KYT Galaxy Double Visor Terbaru