Review Helm Arai RX-7X Untuk Harian, Plus dan Minusnya
Cari Berita

Advertisement

Review Helm Arai RX-7X Untuk Harian, Plus dan Minusnya

Jundi Alfaruqi
Selasa, 20 November 2018

RX-7X ini merupakan seri helm arai yang paling laris, paling laku dan paling banyak dicari. Sebenarnya RX-7X ini peruntukkannya adalah untuk helm balap, tapi tetap bisa dan oke banget dipakai harian.

Review Helm Arai RX-7X Untuk Harian, Plus dan Minusnya

Sebelum kita ngebahas lebih lanjut tentang Arai RX-7X ini, ada satu hal yang menarik tentang helm Arai yakni, helm buatan jepang ini tidak pernah menggunakan bahan lain selain composite fibre sebagai material outer shellnya, baik itu series tertinggi ataupun series terendah.

Balik lagi ke RX-7X sob. Setiap helm tentu punya fitur yang berbeda-beda, seperti halnya RX-7X ini, Buat yang belum tau apa saja fitur yang ada di helm RX-7X, kita sudah berikan deskripsi lengkap tentang spesifikasinya berikut ini

Berat Arai RX-7X

Berat RX-7X ini bisa dibilang 'Pas' aja, berat enggak, dibilang ringan juga enggak. Beratnya pun bisa berbeda tergantung ukuran, dari informasi yang kami dapat di situs review helm billycrashhelmets, Arai RX-7X size M beratnya sekitar 1,62Kg, sementara untuk size di atas M bisa lebih lagi.

Arai RX-7X Jonathan Rea 

Untuk material shell, Arai RX-7X menggunakan material composite fibre, meski tak seringan carbon, namun material ini sudah memiliki standar uji SNELL, ECE, DOT, dan SNI.

Airflow System Arai RX-7X

Untuk masalah airflow nggak perlu diragukan lagi sob, hampir semua pengguna RX-7X mengatakan puas dengan airflow helm ini. RX-7X punya jumlah lubang ventilasi sebanyak 8 lubang dengan sistem airflow yang disesain maksimal oleh arai.

8 lubang airflow ini terdiri dari 4 lubang intake dimana 1 lubang ada di chin bar (Mulut/dagu), dan 3 lubang sekaligus ada di alis atau ubun-ubun. 4 Lubang intake arai RX-7X ini di desain memiliki penutup agar bisa dibuka tutup sendiri yang bisa sobat sesuaikan dengan kebutuhan airflow.
Arai X-7X Pedrosa Samurai

Kemudian ada 4 lubang lagi dibagian belakang, yaitu lubang ventlasi exhaust. 2 lubang pertama ada di bagian spoiler yang memiliki pin untuk dibuka tutup. Sementara 2 lubang lagi ada di bawah, posisinya agak sedikit menyamping dan lubangnya tidak kelihatan karena tertutup dengan lapisan plastik.

Mengutip dari kobayogas.com dalam artikelnya tentang "Arai RX-7X Davide Giugliano" mengatakan bahwa RX-7X ini adem dipakai kemana saja meski dalam posisi sedang menggunakan balaclava sekalipun.

"Yang KBY sangat sukai dari Arai RX-7X adalah banyak fiturnya, lubang ventilasinya kayaknya paling banyak diantara yang lain ya.. Di moncong, di visor atas kiri kanan, di ubun ubun ada 3, di belakang ada dua.. belum lagi hadirnya flap di belakang yang bisa dinaik turunin.. Keren! Selain itu ya pasti aman, jaminan mutu lah itu.. kemudian dipakenya beneran nyaman.. soal ini Shoei harus mengakui dirinya ada setengah tingkat di bawah Arai.. dan yang terakhir, adem! Sirkulasinya luar biasa lads.. kepala yang berbungkus balaclava ini serasa pakai AC (lebay dikit) adem bener dah.. (2017/05/05)"


Visor Clear Arai RX-7X

Untuk pelindung wajah, RX-7X mengadopsi visor clear yang sudah antifog. Fitur visor RX-7X ini lengkap banget sob, pertama dia sudah antifog, yang kedua dia punya visor lock untuk menjaga kaca agar tidak terbuka kalau misalnya crash.

Kemudian selain itu, visor RX-7X ini punya lubang ventilasi yang ada di visornya, dan lubang ini bisa dibuka dan ditutup sob. Sepertinya lubang ini bisa berguna sebagai anti embun juga, jadi kalau rasanya visor ternyata berembun, bisa dibuka lubang ventilasi pada visor-nya ini.
Arai X-7X Pedrosa Samurai

Ada satu fitur yang paling menarik dan beda dari kebanyak visor helm full face, apa itu? Yaitu, Arai ini menggunakan sistem sidepod sebagai pengunci visor-nya. Kalau menurut saya visor Arai ini bisa dibilang semi quick visor release.

Review Helm Arai RX-7X Untuk Harian, Plus dan Minusnya
Visor Lock System

Sepertinya Arai memang sangat memperhatikan detail keamanan, dan menurut saya sidepod ini gunanya untuk melindungi kaca dari benturan langsung. Kebanyakan helm yang tidak menggunakan sidepod untuk mengunci kacanya, jadi ketika helm itu jatuh pada posisi menyamping, maka posisi dudukan kaca rentan mudah pecah atau patah dan ini bisa menyebabkan visornya lepas. Namun kalau ada sidepod di bagian tersebut, sepertinya jadi lebih terlindungi.

BACA JUGA: Video Tutorial Cara Melepas Visor Helm Arai RX-7X Full Face

Double D Ring Arai RX-7X

Fitur selanjutnya yang akan kita bahas adalah tentang safety yakni tentang tali pengikat (Strap) yang dipakai. Arai memang tidak pernah kompromi terutama untuk helm balap RX7X ini, tali pengikat yang digunakan adalah model yang paling safety untuk balap yakni model DD Ring.


Untuk harian penggunaan DD Ring memang sedikit merepotkan apalagi kalau kita pergi kesana kemari yang jaraknya dekat dan harus turun buka helm.

E.Q.R.S

Fitur yang satu ini adalah fitur wajib yang harus ada di helm race. Yap, fitur Emergency quick release merupakan fitur penting, dan kerennya fitur ini sudah tersedia untuk helm Arai RX-7X.

BACA JUGA: Apa Itu E.Q.R.S? Fungsi Serta Cara Menggunakannya

Removable Padding

Padding helm umumnya terbagi menjadi tiga bagian yakni neck roll, cheek pads, dan crown pad. Sementara jenis padding terbagi menjadi dua yakni, removable dan non removable. Kalau di RX-7X paddingnya menggunakan jenis padding removable, jadi semua part-partnya bisa di lepas dan sudah pasti washable tentunya.

Kalau mau melepas pading arai RX-7X pertama kita harus melepas cheek padnya dulu, lalu kemudian baru crown pad dan yang terakhir neckroll.

Rasa Busa Arai RX-7X

Kalau bahannya, busa arai RX-7X ini lembut enggak bikin kulit gatal. Tapi busanya ini memang terasa sempit banget pas mau masukkin kepala, tapi kalau udah di dalam fitmentnya pas banget. Karena bentuk helm ini oval jadi helm ini cocok banget untuk orang asia yang rata-rata punya bentuk kepala oval.

BACA JUGA: Info Spesifikasi dan Harga Helm AGV Corsa R Full Face Terbaru

Pakai Kacamata di Helm Arai RX-7X

Untuk yang berkacamata, RX-7X ini sangat support dan bisa banget dipakai sambil menggunakan kaca mata. Arai tampaknya sangat peduli dengan kebutuhan customernya, Arai RX-7X ini memiliki semacam rongga di atas telinga sehingga gagang kacamata dapat begitu mudah masuk.

Sumber: kobayogas.com

Kelebihan dan Kekurangan Helm Arai RX-7X

Tadi sebelumnya kita udah bahas semua spesifikasi helm Arai RX-7X, sekarang kita akan bahas kelebihan dan kekurangnya helm ini untuk harian.

Kelebihan helm arai RX-7X yang pertama adalah desainnya shellnya kecil, jadi cocok banget buat orang yang punya badan kecil atau sedang. Kelebihan yang kedua adalah helm ini beratnya cuma 1,6Kg, untuk ukuran helm full face, Arai RX-7X ini punya berat yang pas dan oke untuk harian.

Kelebihan yang ketiga adalah visonya sudah anti fog dan bisa dipakai harian siang malam, panas atau dingin. Yang keempat, helm ini punya aliran ventilasi yang besar jadi adem banget dan udara yang masuk dari luar itu terasa banget di dalam.

Arai RX-7X SRC (Super Racing Carbon)

Lalu yang ke-lima, bisa untuk orang yang berkacamata. Yang ke-enam, removable padding. Dan yang kelebihan terakhir yang saya tau adalah Arai RX-7X menggunakan material helm khusus yang berstandar SNELL, ECE, DOT dan juga SNI.

Sementar itu kalau kekurangannya adalah dia pakai Double D Ring, ini kurang cocok atau tidak pas untuk helm harian. Untuk urusan Arai RX-7X masih menggunakan non flat visor, menurut saya sah-sah saja karena kita bahas adalah untuk harian, sementara flat visor itu kebutuhannya untuk balap atau touring jauh keluar kota.

Tapi kalau sobat kekeh pengen flat visor juga, Arai RX-7X menyediakan flat visor yang bisa sobat beli secara terpisah.

Size Chart Arai RX-7X :


Size XS
Lingkar Kepala : 53 – 54 cm
Size S
Lingkar Kepala : 55 – 56 cm
Size M
Lingkar Kepala : 57 – 58 cm
Size L
Lingkar Kepala : 59 – 60 cm
Size XL
Lingkar Kepala : 61 – 62 cm
Size XXL
Lingkar Kepala : 63 – 64 cm

Harga Helm Arai RX-7X Terbaru

Soal harga, helm Arai RX-7X ini punya harga yang bervariasi mulai dari 7,8 Juta sampai dengan yang series paling tertingginya yakni RX-7X SRC (Super Racing Carbon) di harga 42 juta rupiah.

Pilihan Warna / Motif Arai RX-7X Terbaru

Arai RX-7X ini terbagi ke dalam 3 jenis warna, ada warna polos solid, ada warna motif graphic biasa, ada warna motif graphic replica race termasuk limited edition. Kalau sobat bingung mau pilih yang mana sobat bisa liat-liat motif helm Arai RX-7X di bawah ini




Kesimpulan

Jadi kesimpulannya si helm Arai RX-7X ini untuk harian bagus banget, fiturnya lengkap, safetynya jelas, desainnya oke banget. Namun dengan harga 7 juta lebih untuk sekedar dipakai buat helm harian seperti pergi pulang kantor misalnya, rasanya mubazir banget sob.

Tapi kalau masalah duit sih balik lagi ke masing-masing, karena duit punya masing-masing, jadi itu hak masing-masing juga. Mau jadi pajangan untuk koleksi pun tidak ada masalah karena itu duit anda sendiri.

Mungkin kalau sobat mencari helm dengan harga lebih terjangkau dengan fitur yang hampir sama dengan Arai RX-7X, ada beberapa helm yang direkomendasikan untuk sobat seperti KYT NX-Race, HJC RPHA 11, Airoh Valor, KYT Thunderflash, dll.

BACA JUGA: Jangan Cuma Pasang! Ketahui Juga Perbedaan Antifog Pinlock, dan Tear Off Beserta Fungsinya