Perbedaan Euro Fit dengan Asian Fit Pada Helm
Cari Berita

Advertisement

Perbedaan Euro Fit dengan Asian Fit Pada Helm

Jundi Alfaruqi
Tuesday, 5 March 2019

Eh bro, kok helm lu rasanya agak lebih kecil ya dari helm gue padahal merk dan ukurannya sama loh.

Ya..ialah sob, kan gue pakenya "euro fit" bukan "asian fit".

Nah, helmet lovers pasti pernah dong mendengar istilah di atas. Kira-kira tau nggak sih apa beda kedua istilah euro fit dan asian fit tersebut?

Perbedaan Euro Fit dengan Asian Fit Pada Helm

Nah, buat nambah-nambah ilmu nih, kali ini admin akan sharing-sharing sedikit tentang perbedaan euro fit dengan asian fit.

Daripada penasaran, skuy sob langsung aja kita simak penjelasan berikut ini..

BACA JUGA : Peraturan Undang-undang Tentang Helm SNI, Hukuman dan Dendanya

Euro Fit VS Asian Fit


Fit artinya kecocokan, pas, atau ukuran, sedangkan euro atau eropa adalah zona wilayah eropa atau orang-orang yang tinggal di eropa contoh negaranya adalah amerika, inggris, spanyol dll.

Kalau kita artikan secara sederhana, euro fit bisa diartikan sebagai fit nya orang eropa atau ukuran eropa. Maka asian fit bisa kita artikan fit nya orang asia atau lebih sederhananya lagi disebut ukuran asia.

BACA JUGA : Spesifikasi dan Harga Helm AGV Corsa Terbaru

Apa Bedanya Euro Fit dengan Asian Fit?


Ukuran helm eropa akan diukur berdasarkan rata-rata ukuran lingkar kepala orang eropa dan disebut dengan euro fit.

Sementara helm asian fit ukurannya diukur berdasarkan rata-rata ukuran lingkar kepala orang asia dan disebut dengan asian fit.

Ada keterangan ASIAN FIT pada sticker visor

Nah, tentunya ukuran kepala orang eropa akan berbeda dengan ukuran kepala orang asia. Nggak cuma ukurannya sob tapi bentuk kepalanya pun akan berbeda.

Rata-rata orang eropa punya bentuk lingkar kepala long oval sementara orang asia rata-rata punya bentuk lingkar kepala oval.

Kiri oval VS Kanan Long Oval

Helm ukuran asian fit memiliki outer shell/batok dan eps yang lebih membulat dibandingkan euro fit. Sementara helm euro fit bentuk batoknya lebih memanjang atau long oval.

Inilah alasannya bagi kita yang punya bentuk kepala oval sewaktu kita cobain helm euro fit terasa lebih menekan dari samping kiri dan kanan karena bentuk dari shell euro fit nya tadi sob.

Secara bentuk outer shell dan eps, bisa dikatakan ukuran asian fit lebih terlihat besar dan lebar atau membulat sementara untuk euro fit terlihat lebih ramping.

Asian fit kiri VS Euro Fit Kanan (sumber : http://thai.webike.net)

Nah jadi bagi orang asia yang punya bentuk kepala bulat atau oval pakai ukuran L asian fit akan merasa sempit atau menjepit saat pakai ukuran L euro fit.

Dan sebaliknya juga, orang eropa yang punya bentuk kepala long oval pakai ukuran L euro fit akan merasa lebar dibagian samping-sampingnya saat memakai ukuran L asian fit sob.

Ternyata karena bentuk shell asian fit lebih besar dari euro fit walaupun ukurannya sama, berat keduanya berbeda sob . Dan benar aja versi asian fit lebih berat dari versi euro fit.

Di bawah ini ada video perbandingan berat AGV Pista GP R. Dengan ukuran sama-sama M ternyata versi asian fit lebih berat.


Euro fit beratnya 1365gram sedangkan asian fit beratnya 1623gram.

BACA JUG : Review Helm KYT NX Race VS KYT NFR, Pilih Mana?

Tips Memilih Ukuran Helm Asian Fit atau Euro Fit


Setalah kita tau perbedaan asian fit dan euro fit, mungkin sobat akan menjadi bingung dalam memilih size.

Saran admin mau itu asian fit atau euro fit lebih baik fitting dulu helmnya. Karena mau itu asian fit atau euro fit, kalau nggak pas dengan kepala kita yang ada justru malah bikin nggak nyaman dan tingkat safety berkurang.

BACA JUGA : Cara Mudah Mengukur Lingkar Kepala Sendiri Untuk Mengetahui Ukuran Helm yang Pas