5 Fitur Canggih yang Cuma Ada di Helm Mahal
Cari Berita

Advertisement

5 Fitur Canggih yang Cuma Ada di Helm Mahal

Jundi Alfaruqi
Thursday, 17 January 2019

Pernah nggak sih helmet lovers bertanya-tanya kenapa helm branded harganya mahal-mahal bahkan bisa sampai puluhan juta. Sebenarnya apa sih yang membuat harga helm bisa se mahal itu?

Selain karena material, tingkat keamanan, dan merk, helm juga memiliki fitur-fitur pendukung lainnya. Dan beberapa dari fitur tersebut ternyata hanya dimiliki oleh helm-helm mahal tertentu saja.

BACA JUGA : Tutorial Cara Memakai Strap Double D Ring yang Benar Lengkap dengan Video

Kira-kira apa saja fitur-fitur tersebut? berikut ini saya telah merangkumnya ke dalam 5 fitur yang hanya ada di helm mahal,

1. EQRS
EQRS adalah singkatan dari Emergency Quick Release System. EQRS adalah sebuah fitur yang digunakan hanya untuk keadaan darurat saja seperti ketika terjadi kecelakaan misalnya.

Umumnya memiliki bentuk seperti tali berwarna merah terang , biasanya terdapat keterangan bertuliskan "emergency use only" atau gunakan ketika darurat saja.

5 Fitur yang Hanya Ada di Helm Mahal, Apa Keunggulannya?
Emergency Release di helm SHOEI X-14
Cara kerjanya adalah tali ini bisa ditarik sehingga disaat yang bersamaan maka busa cheek pad juga ikut terlepas. Atau kalau masih kurang jelas, coba perhatikan gambar di bawah ini.
Sistem kerja EQRS
Fungsinya adalah ketika terjadi kecalakaan dan leher rider mengalami cedera maka untuk melepaskan helm dari kepala rider harus dengan hati-hati karena helm tidak mudah langsung dilepas begitu saja dari kepala rider karena bisa saja menyebabkan cedera malah bertambah parah, oleh sebab itu helm harus dilonggarkan dengan cara melepas busa helm dengan menarik tali emergency ini.

BACA JUGA : FULL Review dan Spesifikasi Helm SHOEI X-14 Beserta Harganya

yang saya tau, fitur ini hanya ada di helm premium rentang harga 4juta ke atas. Untuk namanya sendiri tidak selalu disebut EQRS, helm merk lain memiliki sebutan nama tersendiri untuk fitur ini namun kebanyakan orang menyebutnya EQRS.

Model helm yang sudah menggunakan fitur ini diantaranya adalah SHOEI X-14, AGV Corsa, AGV Pista, dll.

2. Visor Lock
Selanjutnya visor lock atau kunci visor. Fitur ini berfungsi untuk mengunci visor agar ketika terjadi crash, visor tidak akan terbuka. Tujuannya untuk mencegah benda-benda asing masuk lewat visor yang dapat membahayakan mata dll.
Visor lock di AGV Corsa menggunakan sistem tombol
Visor lock di helm Arai RX-7X menggunakan sistem geser
Visor lock termasuk fitur yang hanya ada di helm premium high level seperti Arai RX-7X, AGV Pista GP-R, HJC RPHA 11, dll.

BACA JUGA : Kupas Tuntas Spesifikasi Helm AGV Corsa R Terbaru

3. HUD (Head-up Display)
Jarvish X-AR adalah helm pertama yang menyediakan fitur ini. HUD adalah semacam hologram yang menampilkan informasi seperti GPS misalnya hanya dengan menggunakan perintah suara (voice command).
HUD di helm jarvish
Fitur ini merupakan salah satu fitur tercanggih yang hanya ada di helm premium kelas atas. Saat ini harga terbaru helm Jarvish X-AR adalah sekitar 13-14 juta rupiah ( Baca Selengkapnya.. )

4. Air pump
Fitur yang satu ini bisa helmet lovers temukan di salah satu helm buatan lokal yaitu pada KYT Vendetta 2 yang merupakan helm lokal pertama yang menggunakan air pump system.

BACA JUGA : Cari Helm Cross Murah dan Keren? Mungkin JPX FOX 1 Bisa Menjadi Alternatif Untuk Anda

Fungsi air pump adalah untuk menambah ketebalan busa pipi.Jadi kalau sobat merasa helm agak kurang padat pada cheek pad atau pengen helm lebih nge press lagi di pipi, helmet lovers bisa gunakan yang namanya air pump ini.
Bentuk yang merah besar di tengah adalah pompanya (inflate), sedangkan merah kecil (deflate) yang ada tombol adalah untuk membuang udarannya.
Cara kerjanya sederhana, yaitu dengan memompa dengan cara menekan tombol pompa yang ada pada bagian dagu helm. Untuk mengempeskan kembali, tinggal menekan sebuah lubang yang menjadi tempat keluar angin yang sudah dipompa tadi.

5. Pilihan Outer Shell Size Lebih dari satu
Sudah pada tau belum kalau sebenarnya kebanyakan helm biasa yang kita beli di pasaran hanya memiliki 1 ukuran outer shell size.

Ukuran helm terbagi atas 2 yaitu ukuran outer shell dan ukuran padding. Untuk helm murah biasanya hanya diproduksi dalam 1 ukuran outer shell namun ukuran padding yg tersedia bisa sampai 4 ukuran.
Jadi sebenarnya helm-helm biasa itu yang membedakan ukurannya hanya pada busa padding nya saja, untuk ukuran outer shell nya semua sama. Ini termasuk salah satu cara pordusen helm untuk menekan biaya produksi.

Namun berbeda dengan helm-helm mahal kelas menengah keatas, selain ukuran padding, helm-helm mahal di produksi dalam beberapa ukuran shell, minimal 2 shell size sampai 3 shell size.

Tujuannya adalah agar pengguna bisa memilih ukuran helm yang betul-betul pas dan sangat presisi dengan kepala mereka sehingga kenyamanan dan keamanan yang di dapatkan menjadi lebih maksimal.

BACA JUGA : Sejarah Helm KYT Mulai dari Berdirinya Sampai Sekarang