,

Apa yang dimaksud Double Visor Pada Helm? Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Jundi Alfaruqi
27 Des 2022, 09:11 WIB Last Updated 2022-12-27T02:21:11Z
apa itu double visor helm


Diartikel kali ini saya ingin mengulas lebih dalam tentang fitur double visor pada helm sesuai pengetahuan dan pengalaman yang saya miliki.


Double Visor atau visor ganda adalah salah satu fitur pada helm yang memungkinkan satu helm memiliki dua kaca atau dengan kata lain visornya terdiri atas dua, visor yang berukuran besar disebut visor utama, sedangkan visor berukuran kecil berbentuk seperti kaca mata berwarna gelap disebut sun visor.


Sun Visor pada helm ada dua jenis berdasarkan posisi pemasangannya, jika letaknya dibagian dalam helm disebut inner sun visor, sedangkan di luar helm disebut sun visor saja.


Sesuai namanya, sun visor berfungsi untuk menghalau sinar matahari agar tidak langsung mengenai mata. Sun Visor biasanya sudah dibekali UV Protection atau anti sinar UV (Ultra Violet). 


Inovasi sun visor ini hadir untuk memenuhi kebutuhan pengendara sepeda motor agar helmnya bisa dipakai siang dan malam secara praktis.


Baca Juga : Nama-nama Bagian Helm Lengkap dan Fungsinya


Jika helm hanya memiliki satu kaca, dan kacanya berwarna gelap, otomatis helm tersebut hanya bisa dipakai saat siang saja, tetapi dengan double visor, helm jadi punya dua kaca, kaca utama berwarna bening bisa dipakai malam hari dan visor kecil atau sun visor berwarna gelap bisa dipakai siang hari.


Secara fungsi, penggunaan helm double visor membuat pengendara motor lebih nyaman dengan praktisnya saat memakai helm baik siang maupun malam. 


Mekanisme Sun Visor Pada Helm Double Visor


kyt galaxy flat r double visor
KYT Galaxy Flat R Warna Gorilla Grey Doff Polos


Sistem atau cara pengoperasian sun visor di helm double visor terbagi menjadi dua yakni otomatis dan manual. 


Otomatis artinya menggunakan tombol tuas yang telah disediakan. Kelebihannya adalah pada cara penggunaan sun visor jadi lebih mudah, cukup menggeser tuas untuk menaikkan atau menurunkan sun visor. 


Tombol tuas sun visor sering juga disebut dengan nama Quick Visor Change, contoh helm yang sudah dilengkapi quick visor change ada banyak dipasaran, salah satunya helm KYT Galaxy Flat R.


Tombol quick visor change dirancang untuk mempermudah user saat ingin memakai sun visor atau masuk kemode sun visor.


Posisi tombol ini selalu berada di sebelah kiri helm. Tujuannya agar bisa digunakan dalam kondisi sedang berkendara sekalipun dan menggunakan tangan kiri. 


Kenapa tidak di kanan? karena tangan kanan harus fokus memegang gas.


Baca Juga : Daftar Harga Helm KYT Full Face Double Visor Terbaru 2022


Jadi kalau ada bacaan quick visor change pada spesifikasi helm, artinya helm tersebut menggunakan double visor yang sudah otomatis.


Sedangkan sun visor yang manual, untuk pengoperasikan sun visornya harus digerakkan manual dengan tangan.


Biasanya sun visor manual ini banyak ditemui di helm yang sun visornya ada di luar, contohnya seperti helm KYT 2 Vision.


Kelebihan dan Kekurangan Helm Double Visor


Setiap fitur pasti ada kelebihan dan kekurangannya termasuk juga fitur double visor pada helm. Berikut kelebihan dan kekurangan helm double visor. 


Kelebihan


1. Helm Double Visor Lebih Praktis


Bayangkan jika anda pergi kerja atau aktifitas berkendara mengenakan motor di siang hari dan malam hari, misalnya pergi kerja siang lalu pulangnya malam. 


Bakal jadi ribet jika harus gonta ganti kaca bukan? Dengan double visor, anda cukup menggunakan satu helm saja tanpa harus ribet gonta ganti visor. 


Perjalanan anda akan lebih mudah, lebih nyaman, dan lebih aman dengan fitur double visor. 


Helm Double Visor lebih tepat ditujukan bagi orang yang berkendara dengan motor rutin pada siang maupun malam hari. Misalnya seperti pekerja kantoran yang berangkat pagi pulang malam, buruh pabrik dan sebagainya.


2. Lebih Aman Melindungi Area Mata


Dengan dua kaca artinya perlindungan menjadi double sehingga lebih melindungi khususnya area mata. Ini hanya berlaku kalau kedua kaca diaktifkan bersamaan, visor utama dan sun visor.


Apakah helm double visor aman dan sesuai standar? 


Helm Double Visor dipastikan aman dipakai di jalan raya tergantung apakah helm tersebut sudah terverifikasi atau sudah lolos uji standar keamanan helm. 


Jadi harus dipastikan helm tersebut sudah memiliki embos standar helm, minimal SNI (Standar Nasional Indonesia). 


Jika ragu, anda boleh bertanya kepenjualnya apakah helm ini sudah SNI atau belum? Biasanya penjual akan senang hati menjawab dan menunjukkan embos SNI pada helm tersebut. 


3. Helm dan Usernya Terlihat Lebih Keren


Nilai tambah untuk helm double visor adalah terlihat lebih cakep, kesannya lebih futuristis. 


Dan faktanya masih banyak yang belum tau dengan fitur ini, banyak yang bilang "helmnya keren ya ada kacamatanya", ucap salah seorang pembeli di toko helm saya ketika saya menawarkan salah satu helm dengan fitur double visor.


Kekurangannya 


1. Harga Helm Double Visor Lebih Mahal


Bukan hanya ada kualitas ada harga tetapi istilah ada fitur ada harga juga berlaku di helm. 


Setiap helm memiliki fitur tergantung berapa banyak fitur yang dimiliki, semakin lengkap fiturnya harganya pun semakin mahal.


Untuk membeli helm dengan fitur visor ganda, anda harus merogoh kocek agak lebih karena harganya lebih mahal. 


2. Spare Partnya Susah Didapat


Pengalaman pribadi, saya pakai helm KYT 2 Vista sudah 5 tahun lebih.


Namun sialnya helm tersebut jatuh dari atas motor dan membuat komponen di dalam sun visor patah sehingga sun visor tidak berfungsi.


gambar komponen sun visor di helm kyt 2 vista yang patah
Setelah busa EPS dicopot, terlihat pengait untuk tombol sun visor pada helm KYT 2 Vista yang patah akibat terjatuh


Komponen yang rusak tersebut tidak bisa diperbaiki dan tidak ada dijual. Akhirnya dengan berat hati terpaksa sun visornya saya lepas dan akhirnya fitur double visor di helm ini tidak bisa dipakai lagi.


Setelah dibongkar ternyata mekanisme sun visor dibagian dalam tersebut memiliki komponen-komponen kecil yang bahannya tipis dan mudah patah.


komoponen sun visor di helm KYT 2 Vista
Salah satu komponen Sun Visor di helm KYT 2 Vista yang patah akibat terjatuh dan tidak bisa digunakan lagi



3. Perawatan Double Visor Harus Lebih Ekstra Hati-hati dan Tidak Mudah


Seperti yang sudah saya sebut di atas, sun visor memiliki komponen-komponen kecil berbahan tipis dan mudah patah, jadi pada saat ingin membersihkan bagian dalam helm khususnya dekat bagian sun visor tersebut harus berhati-hati.


Selain yang saya sebut di atas, selama penggunaannya wajar, sun visor pada helm double visor tidak akan ada masalah bahkan bisa awet dipakai hingga bertahun-tahun. 


Baca Juga : Tips dan Cara Membersihkan Visor Iridium yang Baik dan Benar