Iklan

,

Helm Harga Kurang dari 300 Ribu, Fitur Ala Sejutaan

Jundi Alfaruqi
13 Nov 2021, 12:53 WIB Last Updated 2021-11-17T02:32:35Z

Memangnya ada helm dua kaca yang harganya 300 ribu bisa dapetin kualitas yang bagus? yang lebih murah banyak, tapi yang berkualitas, spek lumayan dan fitur lengkap pasti jarang banget. Buat kalian yang lagi nyari helm dua kaca budget 300 ribu pas-pas an, saya kasih rekom helm yang satu ini, namanya SHEL Rover. Harganya di bawah 300 ribu, kualitasnya bagus, speknya lumayan dan fiturnya super-super lengkap.


Sekedar info aja, SHEL masih satu perusahaan dengan NJS, dan setiap produk helm yang mereka buat selalu bikin kejutan dengan fitur-fitur yang mereka punya. Contohnya aja helm SHEL Rover ini, punya dua kaca, kaca depannya tebal dan udah quick release, busanya tebal, lembut, bikin nyaman saat dipakai, harganya pun murah, di bawah 300 ribu. 


BACA JUGA : Daftar Helm KYT Harga 300 hingga 1 jutaan, dan Spesifikasi


Selain itu, SHEL Rover 2 Kaca ini juga punya fitur spesial yang lagi hits sekarang ini yaitu fitur slot speaker intercom. Penasaran seperti apa helmnya? saya udah rangkum semua ulasan lengkap tentang helm mulai dari desain, spesifikasi, fitur sampai standarisasinya, dan berikut ulasan lengkap helm SHEL Rover, Helm 2 Kaca Budget 300 ribu spek ala 1 jutaan:


DESAIN CAKEP


Harga helm kurang dari 300 ribu tapi fitur ala 1 jutaan


Helm open face SHEL Rover dua kaca ini tampil dengan gaya yang sporty. Bady batoknya dibalut dengan material ABS lengkap dengan ventalasi dan seluruh part helm yang kalau kita totalkan, bobotnya sekitar 1.300 sampai 1.400 gram saja. Bobotnya yang ringan ini jadi salah satu faktor yang buat si helm nya nyaman saat digunakan.


Feel ditangan saat memegang helm ini terasa solid dan kuat, shell body nya tebal dan kualitas cat nya memiliki ketebalan yang cukup bagus dan pas. Soal kerapian cat dan stiker grafisnya juga bagus. Sejauh ini saya tidak menemukan cat atau lapisan pada helm nya yang ngelupas. Ngomong-ngomong soal grafis, grafis yang sedang kita bahas ini namanya Ultra Carbon Glossy, salah satu motif yang keren dengan detail yang menampilkan corak bergambar carbon, sesuai dengan namanya.


BACA JUGA : 11 helm harga 1 - 2 jutaan buat harian disain keren


Dibagian belakang terdapat spoiler yang bergabung dengan lubang extractornya. Bagian list karet pada helm SHEL Rover juga terasa tebal dan terlihat kuat, tidak mudah lepas. Secara keseluruhan untuk build quiality helm 2 kaca badget kurang dari 300 ribu ini, bisa dikatakan bagus dan berkualitas.


SISTEM VENTILASI 


Harga helm kurang dari 300 ribu tapi fitur ala 1 jutaan


Ventalasi di helm open face ini cukup lengkap, totalnya ada 4 bagian yang terbagi menjadi dua lubang di depan, dua lubang di atas, tiga lubang yang menyatu dengan spoiler, dan dua lubang di belakang. Untuk desain ventilasinya juga cakep, terutama yang dibagain spoiler nya ini, yang nambah gaya helmnya jadi tambah cakep.Mekanisme ventilasinya bisa dibuka tutup jadi lebih responsif dan aman dari tetesan air. 


BACA JUGA : 16 Rekomendasi Helm Terbaik yang Cocok Untuk Motor Vario Terbaru 2021 Bisa Cowo Cewe


Pastinya bukan cuma keren, tapi juga bikin nyaman saat dipakai. Build quality ventilasi nya tergolong cukup bagus seperti helm-helm kelas harga 300 sampai 400 ribuan ke atas.


DUA KACA DENGAN QUICK VISOR CHANGE


Harga helm kurang dari 300 ribu tapi fitur ala 1 jutaan

Kaca helm ini ada dua, satu di dalam (inner visor) dan satu visor utamanya. Inner visornya berwarna dark smoke, cocok banget dipakai buat siang hari, dan mekanisme nya sudah otomatis karena udah disediakan tombolnya (quick visor change). Sedangkan visor utamanya berwarna clear. Udah bisa dipastiin helm ini juga bisa dipakai malam hari.


BACA JUGA : 10 Rekomendasi Helm Bagus dan Murah Rp 200 dan 300 Ribuan Terbaru


Sistemnya sudah quick release dan freandly banget, tentunya lepas pasang visor jadi lebih gampang dan mudah. Kualitas kacanya cukup bagus, lumayan tebal, dan lentur juga. Ratchet di helm 300 ribuan ini berbahan plastik tapi diberi finishing ala-ala carbon gitu, yang bikin desain ratchetnya jadi terlihat premium.


Dibagian visor atas sebelah kiri terdapat embos merk helmnya yakni SHEL. Sementara itu penempatan tombol inner visornya di sebelah kiri juga sangat mudah dijangkau oleh tangan, pengoperasiannya nyaman karena tidak keras dan pergerakannya saat inner visor dinaik atau diturunkan terasa sangat halus. Sejauh ini saya tidak pernah ngalamin inner visornya ini macet apalagi tersangkut.


Soal kualitasnya juga cukup bagus, kuat, solid, rapih, bakal awet juga sepertinya.


INTERIOR (CHEEK PADS dan CROWN PAD)


Harga helm kurang dari 300 ribu tapi fitur ala 1 jutaan


Untuk bagian dalam kita bagi menjadi empat bagian, CHEEK PAD, CROWN PAD, NECK ROLL, dan EPS. 


CHEEK PAD


Desain cheek pad nya sendiri hampir sama seperti cheekpad helm open face 300 ribuan pada umumnya, terutama warna kainnya yang dilapisi dengan warna hitam dicampur dengan silver bermotif seperti jaring-jaring gitu dibagian pinngir luarnya. Feel saat disentuh terasa lembut dan busanya juga tebal. Saat dipakai, Selain tebal, juga terasa empuk dan nyaman. Ruang dibagian telinga cukup luas yang bikin posisi kuping saat di dalam helm nyaman pastinya.


BACA JUGA : 15 Helm Full Face Keren, Murah, Berkualitas 500 Ribuan


Yang spesial di Helm yang harganya kurang dari 300 ribua ini adalah fitur slot speaker intercom. Jadi yang mau pasang intercom di helm ini lebih mudah dan gampang.


Sistem kancing yang digunakan pada cheek padnya adalah model scrap yang jumlahnya ada tiga. Ukuran scrapnya kira-kira 2x3 cm per scrap. Kekuatan scrapnya cukup kuat.


CROWN PAD


Bagian crown pad didominasi oleh warna abu-abu dan sedikit warna hitam serta motif seperti jaring yang melingkar dipinggir bagian dekat kening. Dilengkapi juga dengan lubang-lubang untuk ventilasi udara. Sistemya bisa dibongkar pasang.


Penilaian saya, desain interior helm ini bagus, jahitannya rapih, kuat dan kualitasnya juga bagus.


NECK ROLL dan EPS


Desain bagian neck roll dihiasi dengan finishing kulit yang di tengah-tengahnya dipadukan lagi dengan kain yang motifnya ala jaring gitu. Dibagian tengah neck roll terdapat merk helmnya yakni SHEL. Untuk bagian ini tidak bisa dilepas.


Untuk EPS nya sendiri tebal dan keras juga. Kalau di kira-kira, tebal eps nya kalau kita ambil dari pinggir, ini sekitar 2 cm, tapi sepertinya dibagian tengah lebih tebal lagi. EPS nya berwarna putih.


MICROLOCK dan SNI CERTIFIED


Harga helm kurang dari 300 ribu tapi fitur ala 1 jutaan


Untuk bagian tali, helm open face dua kaca yang harganya kurang dari 300 ribu ini, pakai jenis microlock. Helm ini bisa digantung dalam jok karena sudah dilengkapi dengan besi untuk menggantung helmnya. Lagi-lagi kualitasnya bagus, tebal, talinya juga tebal dan rapih.


BACA JUGA : 10 Helm Desain Sporty Terbaik 2021


Standar helm SHEL Rover adalah SNI. Logo SNI bisa kita lihat di helmnya pada sisi sebelah kiri. Sayangnya peletakan embos SNI nya agak kurang rapih karena menutupi motif helmnya. 


HARGA DAN VARIAN WARNA


Untuk harga helmnya sendiri, SHEL Rover dua kaca ini dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau yakni Rp 280 Ribu untuk yang motif grafis dan Rp 260 Ribu untuk yang solid.


Varian warnaya ada yang solid glossy, solid doff, motif grafis glossy dan motif grafis doff. Buat kalian yang sedang mencari helm dua kaca tapi budget pas di 300 ribu, helm SHEL Rover dua kaca ini bisa jadi pilihan yang tepat.


BACA JUGA : Hands-on MAZ SONIC Motif R20 : 100 Ribuan, Busa Tebal, Ringan, Nyaman