16 Rekomendasi Helm Terbaik yang Cocok Untuk Motor Vario Terbaru 2021 Bisa Cowo Cewe
Cari Berita

16 Rekomendasi Helm Terbaik yang Cocok Untuk Motor Vario Terbaru 2021 Bisa Cowo Cewe

Jundi Alfaruqi
Rabu, 13 Oktober 2021

Apa sih yang bikin saya kepikiran buat nulis artikel ini? Ya nggak ada alasan sih, cuma lagi kepingin nulis aja. Buat nambah-nambah artikel di blog saya ini yang udah jarang saya update. Ya syukur-syukur bisa ngebantu orang lain yang mungkin kebetulan ada yang lagi nyari helm yang sesuai sama motornya. Tapi kalau nggak yaudah, biar jadi arsip di google aja.


Sebelumnya saya mau ngasih disclaimer dulu kalau helm-helm yang saya masukin ke dalam daftar di artikel saya ini adalah helm-helm yang saya tau, yang udah pernah saya lihat langsung, dan tentunya helm-helm yang keren dan enak dipandang menurut versi saya sendiri. Kalau ada yang enggak suka, boleh diskip aja.

Daftar Helm Yang Cocok Untuk Motor Vario Terbaru 2021


16 rekomendasi helm terbaik

Oke langung aja kita ke helmnya dan helm pertama yang paling serasi dengan motor vario ini menurut saya adalah;

1. KYT Kyoto


KYT

Disainnya futuristik, ganteng, body thermoplastic nya mewah berasa banget solidnya. Jahitan-jahitan di interior rapih, nggak banyak pernak-pernik, nggak banyak basa-basi. Spesifikasinya lengkap, ventilasi depan belakang ada, kacanya udah quick release, disain ratchet nya keren pakai finishing motif ala-ala carbon.

Ada fitur anti malingnya juga, pokoknya lengkap lah, saking lengkapnya, masih ada lagi dan nggak kalah penting, busa dalamnya empuk berasa premium, full removable, yang pasti nyaman buat dipake harian dan jalan jauh. 

Harganya? nggak usah mikir kemahalan, standar lah cuma 300 ribuan doang.

Bang, tapi saya pengen motif helm itu yang jarang dipake orang biar nggak pasaran, di KYT Kyoto ada nggak? ada nih, namanya KYT Kyoto spesial edition, ada motif replika Aleix Espargaro dan motif replika Andi Gilang. Untuk dapatin helm edisi kusus ini, kalian harus nambah duit 200 ribu lagi.

Untuk edisi spesial ini ada tambahan fitur yakni double visor. Tapi kalau kalian nggak suka double visor tenang aja, double visornya bisa dilepas pasang kok. Nama fiturnya removable sun visor. FYI aja nih, fitur removable visor biasanya cuma ada di helm-helm premium yang harganya di atas 1 jutaan.


2. ZEUS 611 Double Visor


Zeus Helmet

Helm yang cocok buat motor vario selanjutnya adalah ZEUS 611. Varian warnanya ada banyak, silver, biru, merah, coklat, hijau, dark silver, dan masih banyak lagi, kalian bisa cek di koleksi warna dan motif helm zeus 611.

Untuk harganya, buat yang varian warna polos, biru, merah, hijau, putih, silver, dark silver dan lainnya bisa kalian dapatin dengan harga 510 ribu dan varian motif grafis bisa kalian dapatin dengan harga 550 ribu.

Ini helm buatan Taiwan yang umurnya tergolong masih muda tapi banyak digemari di Eropa loh. Tapi emang saya akui sih disain-disainnya itu udah ganteng dari lahir apalagi ditambah dengan spesifikasi dan fitur-fiturnya kayak yang ada di helm Zeus 611 ini, lengkap banget,

Udah pake double visor yang tuasnya ditanam di bagian dekat neck roll, terus inovasi sistem quick visor release nya yang cukup unik, mudah digunakan serta masih jarang kita temuin di helm-helm lain.

Air intake, exhaust, microlock, busa dan kain interior lepas pasang, ABS, pokoknya spesifikasinya lengkap deh dan bobotnya ringan hanya 1,5kg saja.


3. NHK R1 Solid Double Visor


NHK

Helm yang saya rekom serasi sama honda vario yang ketiga adalah NHK R1. Kenapa helm ini saya masukin ke dalam list? 

Pertama, karena disainnya keren, dari depan, samping, sampai belakang, ni helm bikin saya kepincut sama disainnya. Apalagi yang varian hitam doff nya di paduin sama vario 150 hitam doff, gantengnya makin nampol.

Secara disain keren, scara kualitas nggak kalah keren, helm produksi NHK emang bagus banget. Mulai dari luar sampai dalam-dalamnya dan kenyamanannya bikin puas. Kualitas shell nya solid, jahitan kain busa dan interiornya pun rapih dan bersih.

Ada satu hal dari helm NHK yang bikin saya ngerasa beda banget sama helm-helm lokal lain, empuk busanya itu beda. Bahkan yang menariknya NHK itu kayak niat banget ngedisain dengan ngasih detail di kain interiornya. 

Kalau kita perhatiin di NHK R1 ini, di bagian kain busa pipinya, itu detail tekstur kainnya beda banget, coba deh yang punya ini helm perhatiin terus bandingkan sama helm lokal lain yang harganya setara. Atau nggak usah repot-repot, kalian lihat aja foto busa helm NHK R1 yang saya fotoin ini.

Detail-detail kecil seperti ini yang jarang banget diperhatiin sama produsen helm, kebanyakan produsen helm cuma ngedepankan tampilan luarnya tanpa memperhatikan desain mendetail seperti yang ada di helm NHK contohnya NHK R1 ini.

Nggak ketinggalan, spesifikasi lainnya juga ada dan lengkap, quick visor release, double visor, microlock, busa dan kain interior yang bisa dilepas pasang, terus ada juga fitur pin anti fog buat kalian yang mau pasang anti fog di helm ini dan lain-lain masih ada lagi.

4. INK Dynamic


INK Dynamic Motif Gunmetal Doff

INK emang udah nggak diraguin lah kalau ngeluarin produk helm, kualitas terjamin, disain keren, fitur dan spesifikasi lengkap, dan harganya pun masih cukup terjangkau. Kayak INK Dynamic yang satu ini, punya disain helm yang keren, di tambah spesifikasi yang lengkap juga.

Varian harganya tergantung warnanya ya, untuk yang varian polos harganya ada di 400 ribuan dan untuk varian motif harganya ada di 450 ribuan.

Spesifikasinya nggak ada yang kurang, mulai dari pilihan size lengkap dari S sampai XXL dengan ukuran shell terbagi menjadi dua ya, yaitu S dan L. 

Material shell nya terbuat dari bahan thermoplastic ya. Untuk bobotnya sendiri ada di 1400 gram, ya standar lah, lumayan ringan juga.

Spesifikasi lainnya, quick visor release, strap microlock, removable cheek pad, removable crown pad, air flow, dan bersetifikat SNI dan DOT.

5. KYT TT Course Full Face


KYT TT Course

Helm KYT TT Course sepertinya sampai sekarang bisa dibilang masih menduduki peringkat atas dengan label helm full face ganteng murah di kelas harga 900 ribu sampai 1 jutaan.

Helm ini soal disain no debat lah, maskulinnya dapat, aerodinamis tegas, nggak ada tanding lah pokoknya. Merk lain bahkan ada yang niru disainnya, walaupun samar-samar tapi aura TT Course masih tetap kerasa.

Sebenarnya TT Course ngadopsi disainnya SUOMY, yakni SUOMY SR-Gp, tapi enggak ada masalah. lagian KYT dan SUOMY itu sodaraan, satu ayah setelah diakusisi KYT pada 2019 lalu.

Kalau ditanya cocok nggak sama honda vario terbaru, jawabannya udah pasti cocok lah, apalagi keduanya sama-sama mengusung tema yang sama yaitu sporty.

Untuk spesifikasinya pasti udah banyak yang tau lah, udah banyak banget juga yang bahas. Tapi kalau masih tetap pengen tau, klik link di bawah ini aja


6. Cargloss CF Retro Half Face Helmet


Cargloss Retro Exotic Yellow

Cargloss CF Retro ini saya masukin dalam daftar helm yang cocok untuk motor vario cuma untuk sekedar biar lengkap aja. Buat yang suka dengan helm-helm jadul atau klasik, cargloss CF Retro ini bisa menjadi pilihan.

Disainnya nggak perlu di deskripsikan lagi, udah kelihatan banget dari helmnya. Untuk spesifikasi nya ya sangat-sangat standar, sesuai sama harganya yang ada di 200 ribuan aja. Cargloss CF Retro, 

  • Helm tema klasik, 
  • murah, 
  • dan ringan, 

udah gitu aja.

7. GM Fighter Half Face


GM Fighter Motif Hurricane

Kita lanjut lagi ke helm rekomendasi terbaik selanjutnya, ada GM Fighter di harga 300 sampai 330 ribuan. Di helm ini kita bisa dapatin untung banyak, mulai dari disain cakep, busa tebal bisa bongkar pasang, kaca pelangi, strap udah microlock, ringan, pokoknya dijamin nggak bakal kecewa lah, apalagi kualitasnya yang udah jelas terbukti bagus.

Pilihan sizenya :
  • L
  • M
  • XL

Kalu kita beli helm ini kita bisa puas milih warna sesuai selera kita karena pilihan warnanya ada banyak banget dan yang menjadi warna favorit saya adalah motif hurricine blue met black dan blue solid. Ini cakep sih warnanya.

8. JPX FOX 1 Cross Helmet


JPX Fox 1 Hitam Solid

Awalnya saya ragu mau masukin helm cross ini sebagai helm rekomendasi yang cocok buat honda vario, karena kayak kurang cocok aja gitu, helm cross sama motor matic. 

Tapi setelah saya lihat dan pikir-pikir lagi, nih helm kualitasnya bagus, modelnya juga cakep, dan harganya juga masih terjangkau lah untuk helm cross. Dan karena beberapa alasan tersebut akhirnya saya masukin ke dalam list ini.

Tapi mungkin enggak saya deskripsikan semua disini, takut kepanjangan artikelnya. Buat yang penasaran sama helm ini, udah saya cantumkan link di bawah, tinggal klik aja.


Min, nggak ada helm model baru gitu? itu kan helm keluaran dah lama semua. Yaudah nih yang baru keluar agustus kemarin nih, masih hangat.

9. NJS Kairoz New 2021


NJS Kairoz Hitam Doff

Dari tadi kayaknya kita baru ada satu helm yang support fitur glasses fit ya (KYT TT Course), tambahin satu lagi deh biar alternatif pilihan nya jadi lebih beragam. Kali ini adalah NJS Kairoz, helm NJS seri half face terbaru yang rilis bulan agustus kemarin kalau saya tidak salah.

Helm ini saya masukin karena dia punya fitur yang jarang ditemuin, yaitu glasses fit. Buat yang belum tau apa itu glasses fit, ini adalah fitur kusus yang di disain untuk user berkacamata.

Helm dengan fitur seperti ini masih jarang banget kita temuin, kalau pun ada, rata-rata harganya di atas satu juta. Ada sih yang di bawah satu juta, yaitu KYT TT Course, tapi modelnya full face.

Varian warnanya segar-segar dan masih jarang-jarang produsen helm yang ngeluarin warna-warna seperti midnite blue, stone grey doff, easy green, red candy, peach pink kusus buat yang cewek-cewek nih, dan masih banyak lagi.

Spesifikasi dan fiturnya cek di bawah ini aja ya:

  1. Thermoplastic Shell
  2. SNI dan DOT
  3. Removable Cheek pads
  4. Removable crown pad
  5. Quick visor release
  6. Double D Ring
  7. Glasses fit

Untuk harganya, pas awal-awal rilis kmaren sih ada di 550 ribuan, tapi sewaktu saya cek di online store seperti tokopedia dan kawan-kawan, harganya per september 2021 ini sekitar 700 ribuan.

10 NJS ZX-1 Full Face Double Visor Helmet


NJS ZX 1 Rush

Yang ngikutin kabar helm NJS pasti tau lah seri yang satu ini, yaitu NJS ZX-1. Bisa dibilang ini Kairoz versi full face nya. NJS ZX-1 rilis lebih dulu dari adeknya NJS Kairoz.

Cuma perbedaan dia sama adiknya, selain kategorinya NJS ZX-1 adalah helm full face, dia juga punya double visor. Sementara untuk fitur dan spesifikasi lain nya sama persis dengan NJS Kairoz. Mau baca lebih lanjut tentang NJS ZX-1, klik link di bawah ini aja ya


11. JP Cakil Signature


JP Cakil Signature Solid
Tren helm cakil sekarang bukan lagi hanya di kalangan motor-motor CB, tapi udah merambah ke motor kelas matic juga. Dari beberapa produsen helm lokal yang ngeluarin produk helm cakil, merk JP menjadi salah satu merk yang rekomended.

JP Signature adalah helm series cakil keluarannya JP Helmet dan masih satu perusahaan dengan JPX helmet. Dari segi kulitas helm ini bagus dan nyaman menurut saya, tapi dari segi fitur, namanya helm cakil atau helm bertema klasik, pasti enggak bisa banyak diharapin, karena yang ditonjolkan dari helm ini adalah disain klasiknya.

Untuk spesifikasinya, shell berbahan ABS, berat 1200 gram, multiple shell size, pakai visor, double d ring, SNI, removable inner liner, removable cheek pads, dan lain-lainnya. Harganya ada di kisaran 500 ribu sampai 600 ribuan.

12. SHEL Rover Double Visor


Shel Rover Motif Ultra Carbon

Helm ini harganya 270 ribuan sampai 300 ribuan aja. Bentuknya cakep, udah ada sun visor nya, udah pakai visor yang punya fitur quick release, busa dalamnya juga tebal, udah gitu bisa di bongkar pasang lagi, pokoknya udah lengkap lah buat harga segituan.

Build quality nya cukup oke, body nya kokoh lumayan solid, nggak kelihatan seperti helm murahan. Jahitan-jahitan di kain busanya juga rapih, kuat dan nggak ada benang jahitannya yang berlebih.

Varian warnanya ada hitam doff, putih, biru, dan ada yang bermotif juga, salah satunya motif rover ultra carbon yang jadi motif favorit saya.

13. KYT 2 Vision Double Visor


KYT 2Vision Putih Solid


Helm KYT 2 Vision masih jadi helm paling rekomended buat dibeli di tahun 2021 ini. Walaupun ini helm udah ada sejak lama, tapi daya tarik nya masih menarik sampai sekarang termasuk juga adek nya si KYT 2 Vista yang punya fitur sun visor di dalam.

Di harga 300 ribuan, helm ini sangat cocok buat pemakaian harian, buat touring dekat santai-santai juga masih cocok banget. Cocoknya karena helm ini punya bobot yang ringan, busa tebal, bisa dibongkar pasang, dan punya fitur dua kaca yang bisa dilepas pasang dan bikin helm ini jadi multifungsi, bisa menyesuaikan, dipake siang bisa, dipake malam juga bisa.

14. LTD Sport Half Face


LTD Sport Hitam Solid

Yang ngarapin fitur-fitur di helm ini menurut saya mending skip aja, helm ini enggak punya lubang ventilasi, busa nya tidak bisa dibongkar pasang, harganya pun lumayan mahal untuk helm dengan minim fitur seperti ini dibanding pesaing-pesaingnya.

Saya enggak punya alasan khusus memasukkan LTD sport sebagai helm yang saya rekomenin selain karena kualitas helm nya yang emang bagus banget, visor tebal bahkan lebih tebal dari visor helm-helm lokal harga 1 jutaan loh, batok shell tebal, busa tebal.

Jadi wajar banget kalau helm ini beratnya jadi naik, walaupun hanya helm open face / half face tapi beratnya bisa sama dengan helm full face. Ini bukan satu hal yang bagus tapi bukan hal yang jelek juga. Karena helm nya yang mengutamakan kualitas dan safety, jadi untuk confort terpaksa dikorbankan.

15. Arai RX7X Full Face


Arai RX7X Full Face Helmet

Kalau kita pengen helm premium, dengan fitur, safety, dan kualitas yang premium, tentunya kita harus siap juga ngeluarin duit ekstra lebih. Contohnya helm Arai RX7X ini. Helm ini punya semua fitur premium, mulai dari material shell nya yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi yaitu composite fiber yang tahan terhadap benturan keras.

Adem karena sistem air flow yang bagus, memang enggak salah kalau banyak yang milih helm ini karena ademnya. Selain itu juga ada fitur glasses fit, visor lock, removable cheek pad, removable padding dan masih banyak lagi.

Buat yang penasaran sama harganya, yakni sekitar 7,8 jutaan tergantung motif, motif replica tentunya lebih mahal ya. Tapi yang paling mahal itu adalah seri RX7X SRC (Super Racing Carbon) yaitu mencapai 42 juta.

Dari speknya kita udah tau kalau helm ini peruntukkannya bukan buat harian, tapi mau dipakai harian enggak ada masalah, malah bagus banget terutama dari segi safety nya walaupun pasti bakal ada yang nyinyir dibilang lebay. Tapi ya biarin aja lah orang mau ngomong apa, yang penting demi kesalamatan kepala sendiri.

16. Zeus ZS 610 Double Visor


Zeus ZS 610 Doff Biru Navy

Ventilasi udara besar, visor bisa dilepas, busa bisa dilepas dan dicuci, pengaman udah pakai microlock, material pakai ABS, bobotnya ringan cuma 1200 gram, udah dua kaca juga, berstandar SNI dan international. Pokoknya soal spek udah enggak perlu dibahas lagi lah, udah pasti lengkap.

Kalau mau tau soal spek langsung klik disini, lebih lengkap rinciannya. Buat yang penasaran sama harganya, 500 ribu untuk yang varian warna polos dan 520 ribu buat varian yang motif.

Itulah 16 helm rekomendasi terbaik yang cocok buat pengguna motor vario terbaru 2021 versi kotakhelm.com. Kalau anda punya tambahan rekom helm lainnya, bisa tulis dikolom komentar. Tks