Ads

,

Ads

Review Helm KYT Kyoto (Spesifikasi, Harga, Pilihan Warna)

Jundi Alfaruqi
5 Agu 2018, 12:41 WIB Last Updated 2022-08-22T06:43:15Z
Review helm KYT Kyoto


Selain nyaman, helm tipe open face juga praktis saat digunakan. Kali ini kita akan membahas salah satu helm open face milik KYT yakni KYT Kyoto. KYT Kyoto dikenalkan pada tahun 2016 yang bertepatan dengan peringatan hari ulang tahun KYT yang ke 18.


BACA JUGA: Review Helm KYT NFR FullFace (Spesifikasi, Harga dan Pilihan Warna)


Helm KYT Kyoto ini memiliki 2 varian, ada yang pakai double visor, ada yang tidak. Untuk varian warna, KYT Kyoto menyediakan pilihan warna solid (polos) dan graphic (bercorak). Untuk varian double visor hanya khusus tersedia untuk model racing Kyoto2 Andi Gilang dan Kyoto2 Special Edition Aleix Expargaro.


Berbicara tentang spesifikasi, KYT Kyoto memiliki spesifikasi diantaranya adalah visor warna clear cembung yang memiliki ketebalan 2x lebih tebal dari visor helm KYT biasanya. Visor warna clear tentunya akan sangat membantu memberikan penglihatan yang lebih jelas terutama saat malam hari.


BACA JUGA: Perbedaan Flat Visor dan Visor Cembung Beserta Kelebihan dan Kekurangannya Untuk Harian


Selain itu untuk kebutuhan aerodinamis, helm ini dilengkapi dengan lubang ventilasi yang berada dibagian jidad helm yang mengalirkan udara keluar lewat lubang ventilasi yang berada di bagian belakang ( dekat tempat spoiler).


So... untuk sirkulasi udara pada helm ini bisa dikatakan ya cukup lah. Kalau untuk masalah panas, gerah atau semacamnya menurut saya ini tidak mungkin terjadi karena tipe open face yang memiliki banyak ruang terbuka sehingga angin sangat bebas masuk ke dalam helm terutama dari bagian depan.


HELM BERSTANDAR SNI DAN DOT


Untuk lebih meyakinkan, helm ini telah diuji standarnya baik nasional yakni SNI dan international yakni DOT. Logo SNI dan DOT bisa anda temukan dibagian belakang helm dekat dengan nomor atau keterangan size.


BACA JUGA: Perbedaan SNI, DOT, ECE, SNELL Pada Helm


ANTI MALING (ANTI THEFT SYSTEM)


Pada sisi sebelah kanan terdapat lubang yang disebut lubang anti maling yang bisa dibuka tutup. Untuk caranya kerjanya sangat sederhana yakni cukup dengan memasukkan kabel yang bentuknya lebih kurang seperti kabel untuk kunci sepeda. Kemudian kabel ini dikunci di motor sehingga helm jadi lebih aman ditinggal diparkiran.


Lubang Anti Theft


TALI HELM MICROLOCK / MICROMATRIC


Jenis tali pengikat yang digunakan pada helm KYT Kyoto adalah jenis micromatric. Apakah jenis ini aman? Ya tentu saja, untuk helm harian penggunaan model micromatic sudah cukup, selain aman untuk berkendara harian, model ini juga mudah penggunaannya. Jadi cocok lah untuk helm Kyoto ini.


Picture by: tmcblog.com
INTERIOR (Busa Pipi, Kain interior, dan Busa Leher)


Untuk memudahkan pengguna membersihkan bagian interior apabila bagian interior kotor, interior KYT Kyoto ini desain agar bisa di bongkar-pasang. Mulai dari busa pipi kiri dan kanan, kain interior atas, hingga busa leher dapat dilepas. Selain itu, busa helm ini juga empuk dan kain pelapis yang digunakan terbuat dari bahan yang lembut tidak kasar, sehingga nyaman saat bersentuhan dengan kulit.


Pict by: TMCblog.com


PILIHAN WARNA & HARGA KYT KYOTO LENGKAP


Sekarang kita akan membahas soal harga dan pilihan warna yang tersedia untuk helm Kyoto ini. Berikut adalah daftar pilihan warna beserta harga terbaru saat ini:


Aqua Blue
Rp 380.000
Black Red Fluo Green Fluo
Rp 380.000
Carbonized Edt Fuxia Fluo
Rp 380.000

Carbonized Edt Green Fluo
Rp 380.000
Carbonized Edt Red Fluo
Rp 380.000
Carbonized Edt Yellow Fluo
Rp 380.000
Solid White
Rp 350.000

Solid Red Matt
Rp 350.000
Solid Gunmetal
Rp 350.000
Aleix Espargaro
Rp 520.000
Andi Gilang
Rp 520.000


KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KYT KYOTO


Setiap helm memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan KYT Kyoto ini sendiri adalah sudah standar DOT dan SNI, bagian interior yang dapat dibongkar pasang. Sedangkan kekurangannya adalah penggunaan visor clear yang tidak cocok jika ingin berkendara di siang hari.


KESIMPULAN


Apakah KYT Kyoto layak untuk dibeli? Dengan spesifikasi dan fitur yang disediakan, menurut saya helm ini layak untuk dibeli. Namun jangan lupa jika anda ingin membeli helm, ada 2 hal yang harus diperhatikan yakni soal kenyamanan dan keamanan. Silahkan anda coba terlebih dahulu helm ini sebelum anda membeli, pastikan helm ini nyaman di kepala anda. Ukuran nyaman atau tidak adalah tidak terlalu sempit sampai menekan kepala dan tidak longgar.