Kenapa Visor Helm Dirancang Agar Mudah Terlepas Saat Kecelakaan? Ini Alasannya
Cari Berita

Kenapa Visor Helm Dirancang Agar Mudah Terlepas Saat Kecelakaan? Ini Alasannya

Jundi Alfaruqi
Minggu, 15 Desember 2019

Visor helm Vabio Quartararo copot di kualifikasi MotoGP Malaysia 2019 setelah meraih pole position

Faktor penting dalam sisi safety pembuatan helm bukan hanya tergantung dari jenis bahan yang digunakan. Bahkan dari segi part visor saja, pemilihan bahan yang bagus tidak menjamin visor tersebut aman digunakan untuk penggunanya, terutama saat terjadi crash atau kecelakaan.
Ada hal lain yg mempengaruhi, salah satunya yaitu membuat visor mudah terlepas saat crash. kenapa hal ini cukup penting dan bisa membuat penggunanya lebih aman saat terjadi crash? 

nah kalian wajib simak penjelasannya berikut ini,

PENGUNCIAN VISOR

Penguncian visor saat ini cukup beragam, dari yang mudah ditemui seperti memanfaatkan per di ratchet, penutup knop, magnet, dan beberapa helm menggunakan tambahan seperti sidepod.

Walaupun berbeda tetapi semua penguncian visor tersebut ditunjukkan agar visor menempel kuat dan sempurna pada helm, tetapi tetap mudah untuk dibongkar pasang.

Sebelum mengetahui kenapa visor yang mudah terlepas bisa membuat penggunanya aman saat terjadi kecelakaan, kalian mungkin agak bingung dipoin ini, karena setiap visor sebenarnya dirancang untuk menempel sempurna pada helm dengan mengandalkan ratchet sebagai tumpuannya.

Nah kenapa disatu sisi visor dibuat kuat menempel pada helm, tetapi disisi lain dibutuhkan agar mudah dilepas?

Baca Juga: Canggih! AGVisor LCD, Visor Terang Berubah Jadi Gelap dengan Sekali Klik

MUDAH DILEPAS

Bahan visor memang cukup lentur, karena saat ini mayoritas pabrikan sudah menggunakan polycarbonate untuk pembuatannya, tetapi kemungkinan untuk pecah tetap ada, apalagi dalam kecepatan tinggi dan hantaman yang kuat seperti pada balapan.

Dari sini visor dirancang agar mudah terlepas ketika terjadi benturan yang cukup keras dan kuat.

Penggunaan kuncian visor yang berbeda ditujukan agar visor menempel sempurna ke ratchet dan shell, tetapi penguncian ini sebisa mungkin tetap mudah untuk dibongkar pasang.

Setiap pabrikan umumnya merancang helm mereka untuk membuat visor lebih mudah terlepas saat terjadi benturan yang cukup keras, hal ini bukan berarti karena penguncian visor mereka kurang bagus atau jelek, tetapi ini berkaitan dengan bahan visor yang digunakan.

Baca Juga: Cara Memakai Helm Saat Touring, Sport dan Racing Ternyata Berbeda Loh

KENAPA HARUS MUDAH DILEPAS?

Seperti diketahui, walaupun bahan Polycarbonate cukup lentur, tetapi kemungkinan visor pecah atau terbelah cukup mungkin terjadi dalam kecepatan tinggi dan hantaman yang cukup kuat, oleh karena itu, agar saat terjadi kemungkinan pecah, kepingan visor sebisa mungkin tidak masuk ke dalam interior helm atau terburuknya terkena mata.

Oleh sebab itu visor dirancang agar mudah terlepas saat crash sebagai perlindungan pengendara dari crash.

Visor memang akan terlepas saat crash, tetapi kalian tidak perlu khawatir, karena kemungkinan ini hanya akan terjadi jika kalian mengalami crash dan menghantam dalam kecepatan tinggi, jika ada yang tidak cukup besar, maka visor akan tetap aman di ratchet dan akan tetap melindungi dari kemungkinan lain seperti masuknya kerikil dan kotoran ke dalam interior helm.

Sumber: @snailgalleryshop

Jangan lupa FOLLOW instagram @snailgalleryshop untuk mendapatkan informasi terbaru produk SNAIL dan info menarik seputar helm terkini.

Baca Juga: Review Helm NHK RX9: Double Visor dan Pinlock Ready