5 Posisi Terbaik Untuk Memasang Action Camera di Helm | Kelebihan dan Kekurangannya
Cari Berita

Advertisement

5 Posisi Terbaik Untuk Memasang Action Camera di Helm | Kelebihan dan Kekurangannya

Jundi Alfaruqi
Tuesday, 19 March 2019

Bagi helmet lovers yg punya hobi Motovlog pasti sudah nggak asing lagi dengan yg namanya action camera ini.

Yap camera yg diletakkan di helm pada sudut tertentu ini selain berguna untuk manyalurkan hobi  motovlog ternyata juga berguna untuk berjaga-jaga kalau misalnya terjadi sesuatu hal yg tidak diinginkan sob.


Misalkan terjadi crash di jalan, atau sobat nggak sengaja merekam aksi kejahatan yg terjadi di jalan, maka video yg terekam tersebut bisa menjadi barang bukti yg dapat menolong sobat atau mungkin orang lain.

Nah, kira-kira dimana sih posisi terbaik untuk meletakkan action camera ini di helm? Daripada penasaran let's skuy kita simak langsung ulasan berikut ini.

BACA JUGA : Bikin Ngiler, Inilah Pilihan Warna Grafis NHK GP R Tech Terbaru Beserta Harganya

1. Di samping kanan helm


Posisi terbaik yang pertama adalah meletakkannya di samping kanan. Pada sudut ini kita bisa mendapatkan hasil gambar yg bagus dan pas karena posisinya posisinya bisa kita atus agar ketengah sejajar dengan pandangan mata.

Memasang dudukan kamera juga lebih mudah sob karena biasanya di samping helm itu permukaannya rata. Dan juga memasang camera disamping sangat cocok untuk helm open face atau helm yang tidak ada penutup dagu.

Hasil action camera yang dipasang di samping helm

Tapi kekurangannya helm jadi terlihat enggak seimbang atau berat sebelah dan pandangan kamera tidak full karena ada sudut yang tertutup oleh shell helm.

BACA JUGA : GM Fighter Motif Terbaru, Keren Sih, Tapi...

2. Di atas helm


Posisi terbaik selanjutnya adalah memasang action camera di atas helm. Pada posisi ini sobat akan mendapatkan hasil gambar pas ditengah secara penuh tanpa halangan dan tentunya dengan angel yang lebih luas.

Selain itu, posisi ini juga cukup dekat dengan pandangan mata kita sob.

Namun lagi-lagi tetap ada kekurangannya nih sob, karena posisinya yang tinggi di atas helm jadi kurang aman karena rawan ke pentok atau terbentur.

Hasil action camera yang dipasang di atas helm

Dan juga jika sobat berkendara dalam kecepatan tinggi akan menimbulkan tekanan pada helm alias mengurangi aerodinamis si helm.

BACA JUGA : Jangan Salah Paham, Ini Perbedaan Asian Fit dengan Euro Fit Pada Helm

3. Di dagu helm


Posisi terbaik selanjutnya adalah di dagu helm sob.  Posisi ini sempat menjadi posisi yg paling di favoritkan para rider.

Karena posisinya yg pas untuk mendapatkan gambar serta tidak membuat helm jadi tidak seimbang dan juga posisi kameranya pun jadi lebih aman.

Memasang action cam di dagu juga tidak mengurangi aerodinamis helm seperti action camera yang dipasang di atasnya.

Hasil action camera yang dipasang di dagu

Namun sayangnya tidak semua helm bisa menerapkan action camera pada posisi ini sob sebab permukaan helm di bagian dagu ini cenderung tidak rata membuat dudukan action cam nya tidak bisa dipasang.

Selain itu pemasangan action camera di dagu sebenarnya dapat menutup lubang ventilasi yang mengakibatkan terhambatnya aliran udara yang masuk lewat ventilasi dagu tersebut.

BACA JUGA : Tips Memilih Goggle Glass Untuk Helm Cross

4. Di samping dagu


Khusus untuk helm fullface, yang terakhir ini adalah posisi memasang action cam paling populer saat ini sob.

Pada posisi ini kita bisa mendapatkan sudut yang pas untuk kamera mengambil gambar dengan leluasa tanpa halangan.

Hasil action camera yang dipasang di samping dagu

Selain itu posisi disamping dagu juga lebih aman di banding meletakkannya di atas helm dan juga tidak menutupi mouth vent. Dan yg tak kalah pentingnya juga sob adalah mudah untuk memasangnya.

BACA JUGA : Tips Memilih Size Helm Yang Pas dengan Kepala


TIPS Memilih Posisi Terbaik untuk Action Camera di Helm

Posisi memasang camera yang berbeda akan memberikan efek dan hasil yang akan berbeda juga sob. Jadi semua tergantung pada apa yang ingin sobat perlihatkan pada camera tersebut.

Misalkan sobat ingin memberikan pemandangan jalan dan alam yang nampak luas maka sobat lebih cocok meletakkan action camera di atas helm.

Atau sobat ingin memperlihatkan kecepatan spedometer mungkin? Sobat bisa meletakkan action cameranya di dagu helm.

Tapi jangan lupa soba dimana pun titik di helm yang ingin diletakkan action cameranya, yang juga sangat penting adalah memperhatikan perekat yang digunakan untuk menempel camera haruslah kuat agar camera tidak terlepas dari helm.

BACA JUGA : Review Helm KYT NX Race VS KYT NF-R, Pilih Mana?