Macam-macam Warna Antifog dan Perbandingannya
Cari Berita

Advertisement

Macam-macam Warna Antifog dan Perbandingannya

Jundi Alfaruqi
Saturday, 2 February 2019

Helmet lovers pastinya sudah tau dong apa itu antifog dan apa kegunaannya?

Yap.., bener banget sob, antifog adalah pelapis visor yang berfungsi sebagai pencegah embun. Antifog memiliki ciri-ciri fisik diantaranya adalah lentur, transparan, dan berwarna.

BACA JUGA : Jangan Salah Paham! Iniloh Perbedaan Arai Indonesia dengan Arai Eropa

Macam-macam Warna Antifog dan Perbandingannya

Jadi sama seperti visor yang memiliki pilihan warna, antifog juga memiliki beberapa pilihan warna dan memiliki fungsi yang berbeda pula yang disesuaikan dengan penggunaannya. Nah jadi helmet lovers kali ini saya mau membahas tentang macam-macam warna antifog beserta perbandingannya.

Antifog Warna Clear


Antifog clear adalah jenis antifog yang warnanya putih transparan alias bening. Antifog clear adalah jenis antifog yang paling sering helmet lovers jumpai di toko-toko helm.

Antifog bening ini juga salah satu antifog favorit yang banyak dipakai oleh helmet lovers karena keunggulannya yang bisa dipakai untuk malam dan juga siang hari. Selain itu, warnanya yang bening membuatnya cocok digunakan untuk berbagai visor termasuk dark smoke, hingga iridium visor.

BACA JUGA : Jenis-jenis Visor dan Perbandingannya, Ini Jenis yg Bisa Dipakai Siang Malam

Tapi antifog clear memiliki kelemahan jika dipakai pada visor bening saat pemakaian di siang hari yang terik. Untuk mengatasinya helmet lovers bisa menggunakan antifog warna gelap.

Antifog Warna Gelap


Antifog warna gelap ada 2 jenis, gelap sedang (light smoke) dan gelap banget (dark smoke). Antifog warna gelap lebih enak dipakai saat siang hari karena warna gelap akan menjadi filter sinar matahari.

BACA JUGA : Jangan Salah Pilih! Ketahui Perbedaan Warna Visor Iridium Blue, Red, Green, Silver dan Smoke

Untuk jenis warnanya sobat bisa memilih warna gelap sedang atau warna gelap banget (dark smoke). Jenis antifog gelap ini cocok untuk semua visor termasuk viso iridium.

Antifog Warna Terang


Jenis antifog yang terakhir adalah yang memiliki warna terang seperti warna orange dan kuning. Setiap produsen antifog memiliki spesifikasi yang berbeda untuk penggunaan warna ini. Di pinlock sendiri, antifog warna terang ini hanya tersedia untuk jenis pinlock 70 dan 120 dengan harga yang lumayan mahal.

BACA JUGA : Jangan Asal Beli, Ketahui juga Perbedaan Pinclock 30, 70 dan 120 (Lengkap dengan Harganya)

fungsi dari jenis warna terang ini adalah untuk kontras yang lebih baik, terutama pada kondisi malam hari yang kurang cahaya, sehingga visibilitas yang lebih baik akan didapatkan saat kondisi kurang cahaya.

Namun ada sedikit permasalahan untuk penggunaan antifog jenis warna terang ini, yaitu bagi yang tidak terbiasa maka akan merasa pusing karena perlu beradaptasi dengan efek warna yang tidak biasa yang ditimbulkannya.

Perbandingan


Warna yang dipakai di antifog warna bukan semacam lapisan seperti pada visor iridium yang bisa terkelupas, tetapi bahan yang dipakai sangat berbeda, dan tentunya helmet lovers tidak perlu takut warna ini akan terkelupas seperti yang sering terjadi pada visor iridium.

BACA JUG : UPDATE Terbaru Harga Helm RSV Semua Tipe Full Face dan Open Face

Jika dibandingkan dengan antifog standar yang berwarna bening, dan lebih banyak dijumpai di pasaran, Antifog berwarna sebenarnya memiliki fungsi yang sama seperti antifog pada umumnya, yaitu sebagai pencegah embun pada visor.

Hal yang menjadi pembeda utama dari antifog kebanyakan adalah fungsi dari warna yang dipakai, yang berdampak pada visibilitas helmet lovers saat berkendara di lingkungan, cuaca dan kondisi yang berbeda.

BACA JUG : Ini dia 3 Jenis Bahan Dasar Pembuatan Cangkang Helm dan Tingkat Kekuatannya