8 Perbedaan Antara KYT DJ Maru Dengan KYT Galaxy Slide
Cari Berita

Advertisement

8 Perbedaan Antara KYT DJ Maru Dengan KYT Galaxy Slide

Jundi Alfaruqi
Selasa, 04 Desember 2018

Banyak yang bilang KYT DJ maru dan KYT Galaxy itu mirip.

Kalau kita lihat sekilas, memang benar kedua helm ini terlihat mirip dan bisa dikatakan hampir tidak ada bedanya.

Perbedaan Antara KYT DJ Maru Dengan KYT Galaxy Slide
DJ Maru (kiri), Galxy Slide (kanan).

Meskipun demikian, faktanya kedua helm KYT ini memiliki spesifikasi dan fitur yang berbeda.

Nah, bagi sobat yang mungkin belum tau, kali ini kita akan sharing tentang apa bedanya KYT DJ Maru dengan KYT Galaxy Slide. Untuk itu, langsung saja yuk simak penjelasan berikut ini,

Tulisan DJ Maru


Untuk varian warna polos, terdapat tulisan DJ Maru di samping kiri dan kanan KYT DJ Maru. Sementara di KYT Galaxy tidak ada, betul-betul polos tanpa tulisan.

Double Visor VS Single Visor

KYT Galaxy GP San Marino

KYT Galxy Slide memilik visor ganda, sedangkan DJ Maru visornya single. Namun untuk visor besar, keduanya menggunakan jenis dan warna visor yang sama.

Warna Kain Cerah VS Gelap

Galaxy (kiri) vs Dj Maru (kanan)

Perbedaan selanjutnya ada pada warna kain cheek pad dan crown pad. Di KYT Galaxy, warna kainnya hitam agak ke abu-abuan, sedangkan DJ Maru warna kainnya paduan merah dengan hitam.

Warna cerah memang terlihat lebih menarik ketimbang warna gelap, tetapi warna gelap tidak mudah terlihat kotor dibanding warna cerah.

Busa cheek pad dan crown pada kedua helm ini sama-sama bisa dilepas dan bisa dicuci.

Slot Kunci Anti Maling di KYT Galaxy

KYT Galaxy menyediakan lubang atau slot kunci anti maling, sementara di KYT DJ Maru tidak. Fitur ini merupakan inovasi KYT untuk mengatasi masalah maraknya pencurian helm.

Lubang slot kunci anti maling di KYT Galaxy

Meskipun efektif, sayangnya banyak yang mengeluh penggunaan fitur ini justru merepotkan dan akhirnya malah banyak yang lebih memilih untuk menenteng helm daripada menggunakan fitur tersebut.

Lubang Ventilasi

Perbedaan selanjutnya ada pada jumlah lubang ventasi, dimana Galaxy slide lebih unggul 2 lubang ventilasi dibanding DJ Maru.

DJ maru (kiri) vs galaxy (kanan)

Lubang ventilasi yg ada pada DJ Maru terdiri dari 2 lubang intake dan 4 lubang exhoust. Sementara lubang ventilasi di Galaxy terdiri dari 2 lubang intake dan 6 lubang exhoust.

Walupun Galaxy lebih unggul dalam jumlah, tetapi rasanya tetap sama.

Spoiler

Kedua helm ini sama-sama memiliki spoiler. Tapi ada yg menarik pada spoiler Galaxy yang tidak dimiliki DJ Maru, yakni terdapat semacam katup yang bisa dibuka dan ditutup dengan cara digeser ke belakang. Dan pada bagian bawah spoiler tersebut terdapat lubang yang jika katup tadi dibuka maka angin akan masuk dari atas lalu mengalir keluar melalui lubang tersebut. (mungkin ini fungsinya untuk aerodinamis)

Spoiler galaxy slide

Desain

Menilai masalah desain memang tidak mudah karena setiap orang punya selera yg berbeda-beda. Namun yg jelas kedua helm KYT ini punya perbedaan pada desainnya.


KYT Galaxy terlihat lebih sporty dan modern dengan skin lekuk-lekuk di body helm nya sementara DJ Maru terlihat lebih klasik dan santai dengan desain tanpa banyak basa-basi.

Harga

Perbedaan yg terakhir adalah harga, harga KYT Galaxy lebih mahal dari harga KYT DJ Maru karena fitur yg ditawarkan kedua helm ini berbeda.

BACA JUGA: Daftar Harga Helm KYT Semua Tipe (Update Terbaru 2018-2019)

Di pekanbaru, DJ Maru polos baru harganya sekitar 320ribu, sedangkan Galaxy polos harganya sekitar 370ribu.

Lebih enak mana?

Soal fitting, keduanya sama-sama enak dipakai harian, terutama untuk bagian ruang telinganya yg lebar, enggak bikin telinga kita kelipat saat dipakai. Sementara itu, untuk cheek pad keduanya juga empuk dan nyaman.

Kelebihan VS Kekurangan 

Kurang lengkap rasanya kalau kita nggak bahas Kelebihan dan kekurangan kedua produk KYT ini.

Tidak banyak kelebihan maupun kekurangan pada keduanya. Yg menjadi kekurangan DJ Maru adalah dia belum menggunakan double visor seperti Galaxy slide. Sementara kekurangan Galaxy slide adalah karena menggunakan double visor, gabus helm Galaxy tidak rapat seperti DJ Maru. Ada celah yg mengintip antara outer shell dengan gabus eps nya yg menjadi tempat untuk menyembunyikan double visor.

(kanan) Galaxy, (kiri) Dj Maru

Nah itulah tadi seputar perbedaan antara KYT DJ maru dengan KYT Galaxy Slide. Sekian dan semoga Artikel ini bisa memberikan manfaat.

BACA JUGA: Review Pakai Helm Double Visor, Ternyata Ini Kelemahannya