Apa Itu Emergency Quick Release System (EQRS) | Fungsi dan Cara Menggunakannya
Cari Berita

Advertisement

Apa Itu Emergency Quick Release System (EQRS) | Fungsi dan Cara Menggunakannya

Kotak Helm
Minggu, 09 September 2018

Emergency quick release system adalah fitur yang digunakan untuk keadaan darurat. Fitur ini juga sering disebut ERS (Emergency Release System) atau EQRS (Emergency Quick Release System). Fitur ini hanya akan ditemukan pada helm kelas atas atau helm-helm mahal, namun pernah saya temukan fitur ini ada pada helm entry level yakni helm JPX Fox1.


Fitur ini digunakan saat keadaan darurat saja, misalkan pada saat terjadi kecelakaan dan rider mengalami cedera dibagian kepala atau leher.


EQRS atau ERS ini berfungsi untuk mempermudah tim medis melepaskan helm dari kepala rider tersebut sehingga tidak menambah cedera semakin parah.

Bayangkan saja jika helm yang begitu ketat harus dipaksa keluar dari kepala rider yang mengalami cedera, tentu hal ini malah akan menambah buruk keadaan rider.

Biasanya fitur ini terletak pada neck roll atau cheek pad helm. Umumnya berwarna merah dan terkadang terdepat tulisan "Emergency Quick Release System".
Keterengan Emergency Release System

Cara Kerja EQRS


Cara kerja atau cara menggunakan fitur ini cukup mudah yaitu tinggal ditarik hingga busa terlepas. Setelah busa terlepas maka helm menjadi longgar sehingga melepaskan helm dari kepala rider jadi lebih mudah dan aman.