Ads

,

Ads

Apa Itu EQRS (Emergency Quick Release System) Cara Kerja dan Dampak

Jundi Alfaruqi
9 Sep 2018, 21:06 WIB Last Updated 2024-03-19T03:44:23Z

Emergency quick release system adalah fitur yang digunakan untuk keadaan darurat. Fitur ini juga sering disebut ERS (Emergency Release System) atau EQRS (Emergency Quick Release System). Fitur ini hanya akan ditemukan pada helm kelas atas atau helm-helm mahal, namun pernah saya temukan fitur ini ada pada helm entry level yakni helm JPX Fox1.


BACA JUGA:  Nama-nama Bagian-bagian Helm beserta Fungsinya Lengkap


Fitur ini digunakan saat keadaan darurat saja, misalkan pada saat terjadi kecelakaan dan rider mengalami cedera dibagian kepala atau leher.



EQRS atau ERS ini berfungsi untuk mempermudah tim medis melepaskan helm dari kepala rider tersebut sehingga tidak menambah cedera semakin parah.


Bayangkan saja jika helm yang begitu ketat harus dipaksa keluar dari kepala rider yang mengalami cedera, tentu hal ini malah akan menambah buruk keadaan rider.


Biasanya fitur ini terletak pada neck roll atau cheek pad helm. Umumnya berwarna merah dan terkadang terdepat tulisan "Emergency Quick Release System".


Keterengan Emergency Release System pada helm SHOEI X-14


Cara Kerja EQRS


Bayangin deh, kamu lagi ngebut di sirkuit pakai motor kesayangan. Tiba-tiba, ada insiden dan kamu jatuh. Helm full-facemu menempel erat di kepala. Nah, di sinilah sistem EQRS (Emergency Quick Release System) berperan bagaikan pahlawan!


EQRS itu kayak tombol rahasia di helm. Ada tuas merah kecil di bagian bawah helm, biasanya di sisi kanan dan kiri. Saat situasi darurat, seperti kecelakaan, tuas ini bisa membantu melepaskan helm dengan mudah dan cepat.



Cara kerjanya gampang banget:


  1. Tarik tuas merahnya.
  2. Busa pipi di dalam helm akan otomatis terlepas.
  3. Helm jadi longgar dan mudah dilepas dari kepala.
  4. Bayangkan deh, tanpa EQRS, melepas helm full-face yang rapat bisa jadi rumit, apalagi saat korban mengalami cedera leher. Menarik helm paksa malah bisa memperparah lukanya. Nah, EQRS ini mencegah hal itu terjadi dengan melonggarkan helm dengan aman.


Dampak setelah tuas EQRS ditarik:


  1. Memudahkan tim medis untuk menstabilkan kepala dan leher korban tanpa perlu melepas helm dengan paksa.
  2. Mencegah cedera pada leher dan tulang belakang korban.
  3. Mempercepat proses evakuasi dan penanganan medis.
  4. Singkatnya, EQRS itu ibarat malaikat kecil di helm yang siap membantu saat situasi darurat. Fitur ini sangat penting terutama untuk helm full-face yang dipakai di ajang balap atau kegiatan berisiko tinggi.


Sebagai tambahan:


  • Tidak semua helm memiliki EQRS. Biasanya, fitur ini terdapat pada helm premium atau helm khusus balap.
  • Pastikan kamu tahu cara menggunakan EQRS dengan benar sebelum memakainya.
  • Selalu periksa kondisi EQRS secara berkala agar fungsinya tetap optimal.
  • Nah, sekarang kamu udah paham kan tentang sistem EQRS? Semoga penjelasan ini membantu dan membuatmu makin aman saat berkendara.


Ingat, safety first!