,

Ads

Apa Itu Two Shell Size Pada Helm dan Apa Manfaatnya?

Jundi Alfaruqi
20 Jul 2022, 12:15 WIB Last Updated 2022-07-22T09:12:27Z
bentuk ilustrasi helm dengan 2 shell size
Gambar : ilustrasi 2 ukuran shell helm yang berbeda (shell size)


  • Two Shell Size artinya 2 ukuran cangkang. 
  • Maksudnya adalah helm yang dicetak dalam 2 dimensi berbeda, besar dan kecil. 


Kotakhelm.com - Dengan kata lain helm dengan seri yang sama, dicetak dalam dua ukuran cangkang yang berbeda, cangkang besar dan cangkang kecil.


Ukuran helm berdasarkan bagiannya meliputi tiga yaitu ukuran cangkang, ukuran busa, dan ukuran EPS. 


Ukuran cangkang (shell size) adalah besar atau kecilnya dimensi helm, biasanya ukuran cangkang ini bisa terdiri dari 1 ukuran, 2 ukuran, 3 ukuran bahkan 4 sampai 5 ukuran tergantung perusahaan helm tersebut mau bikin berapa banyak ukuran cangkang. 



Untuk produk helm lokal sendiri, rata-rata masih menggunakan model satu ukuran cangkang. Ada berbagai alasan, salah satu alasannya menurut saya adalah untuk mengurangi biaya produksi.


Memang ada juga beberapa produsen helm lokal dari merk seperti KYT, NHK, INK yang di beberapa serinya sudah menyediakan lebih dari 1 ukuran cangkang contohnya seperti KYT D City, RSV FFC21, dll. 


Lalu apa bedanya Ukuran Cangkang dengan Ukuran Busa?

Ukuran busa adalah tebal atau tipisnya busa yang ada di dalam helm, semakin besar ukuran busa suatu helm maka busanya akan semakin tipis. Begitu pula sebaliknya, semakin kecil ukuran busa yang kita pilih maka busanya akan semakin tebal. 


Ukuran yang sering kita lihat pada keterangan helm merupakan ukuran busa. Ukuran inilah yang umumnya kita pakai sebagai acuan untuk memilih helm yang sesuai dengan ukuran kepala. 


Sedangkan ukuran cangkang adalah besar atau kecil nya cangkang helm. Artinya semakin besar ukuran shell maka bentuk helm akan semakin besar dan sebaliknya, semakin kecil ukuran cangkang yang kita pilih maka bentuk helm juga lebih kecil. 


Untuk helm yang memiliki ukuran cangkang, ukuran busa helm dibagi berdasarkan ukuran cangkangnya.


Contoh pada helm KYT TT Course yang terbagi menjadi 2 ukuran cangkang dan 6 ukuran busa. 


Tebel ukuran busa dan shell helm kyt tt course



Ukuran busa KYT TT Course terdiri dari XS, S, M, L, XL, XXL sedangkan ukuran cangkangnya meliputi M dan L. 


Untuk ukuran busa XS, S, dan M masuk ke dalam ukuran cangkang M. Sedangkan L, XL dan XXL adalah bagian dari ukuran cangkang L. 


Artinya helm dengan keterangan XS, S dan M memiliki ukuran cangkang yang sama, yaitu cangkang kecil berukuran M.


Lalu helm dengan keterangan L dan XL memiliki ukuran cangkang yang sama yakni ukuran cangkang besar berukuran L. 


Alasan mengapa helm dicetak dengan ukuran cangkang yang berbeda adalah untuk keamanan, kenyamanan, dan keindahan (estetika). 

Jika ukuran cangkang semua helm sama maka orang dengan ukuran kepala S akan terlihat aneh saat memakai helm dengan cangkang besar. 


Selain itu agar lebih terlihat proporsional dengan tubuh dan enak dipandang mata maka ukuran cangkang dibuat menjadi beberapa ukuran, ukuran besar dan ukuran kecil. 


Sehingga helm yang digunakan akan lebih proporsional dan lebih enak dipandang karena bentuknya yang sesuai dengan tubuh penggunanya.