,

Iklan

Perbedaan KYT Galaxy Flat R dengan Galaxy Slide

Jundi Alfaruqi
11 Apr 2022, 23:14 WIB Last Updated 2022-04-11T16:15:24Z

Apa sih yang bedain helm terbaru Galaxy Flat dengan pendahulunya Galaxy Slide? biar jelas, berikut telah kami rangkum yang terbagi menjadi poin-poin perbandingan kedua helm half face KYT ini


Sebelumnya, buat informasi bagi yang belum tau, kalau KYT Galaxy Slide merupakan seri pertama Galaxy sebelum akhirnya KYT mengeluarkan versi terbaru yakni Galaxy Flat.


Dimana secara spesifikasi KYT Galaxy Slide merupakan varian helm half face yang mendukung fitur dua kaca (double visor).


Baca Juga : Review KYT Galaxy Slide Terbaru Lengkap Spesifikasi dan Harga


1. Desain / Bentuk dan Kualitas Material


Dari segi tampilan batoknya, kedua helm ini memiliki desain batok yang sama. Makanya bisa dibilang kalau KYT Galaxy Flat sebenarnya adalah pembaruan dari seri sebelumnya, tapi kalau sama saja dimana letak pembaruannya? sabar sob, nanti kita bakal tunjukin apa aja yang baru dari helm Galaxy Flat tersebut. 


Secara model dan tata letak ventilasi pun juga sama persis, tidak ada yang berubah. Namun jika diperhatikan pada bagian kening / jidad helmnya ada sedikit perbedaan yakni bentuk stiker logo KYT yang dipakai pada Galaxy Flat sudah menggunakan logo KYT Terbaru.


Perbadaan logo


dimensi logo KYT di belakang


Dibagian belakang logo baru ini juga dipakai namun dengan dimensi ukuran yang lebih kecil dibanding bagian depannya.


Untuk kualitas material sendiri, keduanya terbuat dari thermoplastic, KYT menyebut nya ADT atau Advaced Thermoplastic.


2. Visor


Nah, perbedaan yang paling mencolok ada pada type visor yang digunakan dimana, KYT Galaxy Flat R sudah memakai visor tipe datar. Sesuai dengan nama dari helm ini yakni Galaxy Flat.


Tipe kaca


Visor datar memang menjadi incaran banyak orang. Memang secara desain visor datar menambah kesan helm menjadi lebih keren.


Namun secara fungsi kalau kita berbicara helm secara umum, fungsinya ya sama saja dengan visor biasa pada umumnya.


Buat yang nanyain apakah visor flat di Galaxy Flat ini bisa pasang tear off atau tidak, bisa pasang anti fog atau tidak?


Jawabannya, Sayang nya tidak bisa sob, Visor Flat pada helm ini tidak didukung dengan tear off pin alias tidak bisa untuk pasang tear off maupun anti fog.


Tapi ada yang menarik nih, pada stiker merk di Visornya KYT Galaxy Flat ini terdapat keterangan Asian Fit yang sebelum-sebelumnya di helm KYT maupun helm lokal lainnya keterangan Asian Fit ini tidak ada.


Namun di KYT seri ini sudah ditambahkan keterangan Asian Fit nya sehingga keterangan nya jadi lebih lengkap dan informtif.


Baca Juga : Perbedaan Asian Fit dan Euro Fit Pada Helm


Nah gimana dengan sistem ratchet nya? atau apakah sama ratchet nya dengan seri Galaxy Biasa?


Untuk ratchet nya dipastikan 100% sama ya sob jadi mekanisme quick release pada visor Galaxy Flat ini tetap sama dengan seri Galaxy Biasa.


Dan yang pasti ratchet visor di helm ni masih keras untuk dilepas pasang. Bagi yang udah pengalaman dengan seri Galaxy Slide atau DJ Maru pasti paham lah kerasnya lepas pasang visor di helm ini.


Mungkin kalau KYT bisa kasih ratchet dengan per yg lebih lembut lagi, lepas pasang visor di seri helm ini bakal lebih bagus lagi ya.


Namun meski terbilang keras dan sedikit menyulitkan, positif nya visor jadi tidak gampang copot. 


Nah, karena ratchet nya sama maka otomatis Visor kedua helm ini sama-sama bisa saling tukaran dan PnP (Plug n Play) ya. Artinya visor Galaxy Flat R bisa dipasang ke Galaxy Slide biasa dan begitu pula sebaliknya. 


Hal seperti ini ada nilai positif dan negatif, positif nya cari ganti visor jadi lebih mudah karena sudah beredar di pasaran. Negatifnya tidak ada inovasi baru, ibaratnya pakai sistem lama di barang baru. 


3. Fitur Glasses Fit / Wearable Glasses


fitur


Hal baru yang ada di Galaxy Flat R dan tidak ada di Galaxy biasa adalah fitur ini, yap, KYT menyebutnya "Wearable Glasses".


Sebuah fitur pada helm yang mendesain bagian interior helm kususnya busa agar mempermudah user yang memakai kacamata biar lebih nyaman lagi saat mengenakan helm.


Fitur yang sepele tapi sangat dibutuhkan bagi yang membutuhkan yakni buat para pengendara roda dua yang berkacamata.


4. EPS Cheek Pads


Pasti pada banyak yang ngeluh dengan seri Galaxy Slide karena EPS Cheek Pads yang mudah rusak atau hancur ya kan?


Nah, kali ini KYT telah menjawab permasalahan tersebut dengan mengganti EPS Cheek Pads dengan bahan yang lebih kuat, sejenis material plastik yang lebih kuat dan tahan terhadap air.


EPS Cheek Pads


Dibanding Cheek Pads berbahan Gabus (EPS) yang mudah hancur dan rusak, lapisan ganda untuk cheek pad berbahan plastik yang di desain oleh KYT ini tampaknya lebih menjamin kualitas yang lebih bagus dan kuat.


5. Harga


Enggak ada yang lebih murah atau mahal, keduanya sama-sama dengan harga di 390 ribuan. 


Itu lah sederet perbedaan antara KYT Galaxy Flat R dengan Galaxy Slide. Untuk spesifikasi dan fitur lainnya memang tidak perlu dibahas karena keduanya sama,


Chinstrap nya sama-sama quick buckle, warna dan ketebalan busa juga sama, terus fitting juga kurang lebih sama, paling bedanya sewaktu pemakaian kacamata yang lebih nyaman di KYT Galaxy Flat R karena sudah didukung fitur Wearable Glasses.


Chinstrap


Oia sampai dengan artikel ini dipublikasikan sepertinya seri Galaxy biasa, produksi nya sudah discontinued ya dan memang Galaxy Flat R adalah penggantinya. 


Baca Juga : Spesifikasi Lengkap dan Harga Helm KYT Galaxy Flat R 2022, Varian Warna Lebih Fresh