Iklan

,

11 Perbedaan Helm KYT KYOTO dengan ZEUS ZS 611

Jundi Alfaruqi
26 Okt 2021, 13:53 WIB Last Updated 2021-12-01T06:04:43Z
KYT KYOTO VS ZEUS ZS 611

Kali ini kita akan membahas tantang perbedaan helm KYT KYOTO dengan ZEUS ZS 611. Tapi sebelumnya saya mau disclaimer dulu, bahwa helm KYT KYOTO yang akan kita pakai sebagai perbandingan kali ini adalah seri KYOTO biasa bukan seri grafis replica.


KYT KYOTO dan ZEUS ZS 611 adalah helm half face yang paling banyak dicari. Keduanya pasti punya kelebihan dan kekurangan. Dari segi harga sendiri ZEUS ZS 611 memang lebih mahal dari KYT KYTO, Harga helm KYT KYOTO sekitar 400 ribuan sedangkan ZEUZ ZS 611 harganya sekitar 500 ribuan.


Harga adalah salah satu perbedaan antara kedua helm ini. Selain harga, berikut beberapa hal yang telah saya rangkum menjadi 11 perbadaan helm KYT KYOTO dengan helm ZEUS ZS 611


11 PERBEDAAN HELM KYT KYOTO DENGAN ZEUS ZS 611


  1. Desain Helm ZEUS ZS 611 lebih sporti tapi desain KYT KYOTO lebih asik
  2. Helm ZEUS ZS 611 punya dua kaca sedangkan KYT KYOTO cukup satu kaca
  3. Visor Helm ZEUS ZS 611 lebih mudah dilepas daripada visor helm KYT KYOTO
  4. Berat helm KYT KYOTO lebih ringan dari ZEUS ZS 613
  5. Chinstrap helm KYT KYOTO menggunakan model Microlock sementara ZEUS ZS 611 menggunakan model klik (quick buckle)
  6. Lubang kanal udara pada EPS helm ZEUS ZS 611 lebih banyak daripada lubang kanal udara EPS KYT KYOTO
  7. Crownpad helm KYT KYOTO lebih tebal dari crownpad helm ZEUS ZS 611
  8. Kain helm KYT KYOTO lebih lembut tapi kain helm ZEUS ZS 611 lebih dingin
  9. Sistem cheekpad helm KYT KYOTO menggunakan kancing plastik sedangkan cheekpad helm ZEUS ZS 611 menggunakan kancing besi
  10. Helm KYT KYOTO punya fitur anti theft system sedangkan ZEUS ZS 611 tidak punya fitur anti theft system
  11. di Helm ZEUS ZS 611 sudah support glasses fit sedangkan KYT KYTO belum support glasses fit

DESAIN


KYT KYOTO dengan ZEUS ZS 611

Desain adalah daya tarik yang paling kuat. Sebelum membeli sebuah helm, pembeli akan melihat desain terlebih dulu, dan mempertimbangkan mana desain yang bagus menurutnya. 

Desain helm ZEUS ZS 611 yang lebih sporti dibanding KYT KYOTO tentu terlihat lebih keren. Terutama jika dilihat dari samping. Bagi yang mencari desain helm yang sporti tentu ZEUS ZS 611 pilihan yang tepat. 

Namun ada juga beberapa orang yang menginginkan bentuk helm yang sporty tapi dengan panampilan yang lebih kalem atau santai seperti KYT KYOTO ini.


VISOR


Perbedaan KYT KYOTO dengan ZEUS ZS 611

  • Zeus ZS 611 punya visor ganda (dua kaca)
  • Quick visor release KYT KYOTO dengan ratchet
  • Quick visor release ZEUS ZS 611 dengan side cover
  • Sama-sama berbahan PC tapi visor KYT KYOTO lebih tebal

Fitur dua kaca pada helm ZEUS ZS 611 menjadi keunggulan dari helm ini. Fitur dua kaca memang memiliki kelebihan, memungkinkan helm dapat digunakan dalam berbagai kondisi baik siang maupun malam.

Namun biasanya fitur dua kaca membuat bobot helm jadi bertambah berat. Dan betul saja, ZEUS ZS 611 dengan fitur dua kaca memiliki bobot yang lebih berat dibanding KYT KYOTO. 

Tapi jika anda lebih senang melihat model KYT KYOTO dan tetap ingin fitur dua kaca, salah satu alternatifnya adalah memilih KYT KYOTO versi grafis replica. Namun anda harus siap mengeluarkan duit lebih untuk mendapatkannya.

Sementara itu untuk mekanisme bongkar dan pasang kaca, kedua helm ini memiliki sistem yang sudah quick release. Hanya saja modelnya yang berbeda. Di KYT KYOTO sistem quick release menggunakan ratchet sedangkan ZEUS ZS 611 menggunakan side cover.

Terdapat tombol berwarna merah yang dapat di naik turunkan untuk melepas visor dari helm ZEUS ZS 611. 


MODEL CHINSTRAP


Perbedaan KYT KYOTO dengan ZEUS ZS 611

Fungsi chinstrap adalah sebagai pengaman. Kedua helm ini memakai model chinstrap yang berbeda, KYT KYOTO dengan Microlock nya sementara ZEUS ZS 611 dengan quick buckle nya.

JUMLAH VENTILASI UDARA


Perbedaan KYT KYOTO dengan ZEUS ZS 611

  • KYT KYOTO : 2 Lubang vent depan, 2 lubang keluaran
  • ZEUS ZS 611 : 2 Lubang vent depan, 4 vent keluaran

Bagian ventilasi juga ada perbedaan, selain bentuk, jumlah lubang ventilasi ZEUS ZS 611 lebih banyak daripada KYT KYOTO. 

ZEUS ZS 611 memiliki 2 lubang di depan, dua buah lubang keluaran di atas, serta dua buah lubang keluaran lagi di belakang yang ukurannya cukup besar.

KYT KYOTO memiliki 2 lubang angin di depan dan 2 lubang keluaran di atas. Perbedaan jumlah lubang ventilasi mempengaruhi sirkulasi udara namun juga dipengaruhi dengan lubang kanal pada EPS helm.

LUBANG KANAL UDARA PADA EPS


Perbedaan KYT KYOTO dengan ZEUS ZS 611

Selain lubang ventilasi udaran di batok helm, lubang kanal udara pada EPS juga penting. ZEUS ZS memiliki keunggulan lebih banyak mempunyai lubang kanal pada EPS dibanding KYT KYOTO.

Lubang kanal pada EPS sendiri berfungsi untuk mengalirkan udara sampai ke kepala pengguna, sehingga angin dapat di rasakan hingga kedalam. Tentunya untuk membuat kepala menjadi lebih sejuk dan nyaman.

BAGIAN INTERIOR


KYT KYOTO :

Perbedaan KYT KYOTO dengan ZEUS ZS 611

ZEUS ZS 611 :

Perbedaan KYT KYOTO dengan ZEUS ZS 611

  • Tekstur kain pada busa helm KYT KYOTO lebih lembut dibandingkan punya ZEUS ZS 611.
  • Kain Crownpad dan cheekpad KYT KYOTO lebih tebal daripada punya nya ZEUS ZS 611.
  • Tekstur busa pipi ZEUS ZS 611 yang dibuat dengan jaring-jaring membuatnya lebih dingin dan jika basah karena terkana air, busa jadi lebih cepat kering.
  • Kancing busa pipi (cheek pads) KYT KYOTO menggunakan kancing plastik, sedangkan ZEUS ZS 611 menggunakan kancing besi

FITUR ANTI THEFT


Perbedaan KYT KYOTO VS ZEUS ZS 611


KYT KYOTO memiliki fitur anti theft yang tidak dimiliki ZEUS ZS 611.

FITUR GLASSES FIT


ZEUS ZS 611 memiliki fitur glasses fit yang tidak dimiliki KYT KYOTO. Kalau anda menggunakan kacamata saat berkendara, ZEUS ZS 611 adalah helm yang di desain dengan fitur ini. Fitur ini memungkin anda untuk berkendara dengan memakai kacamata jadi lebih mudah, dan lebih nyaman.

Itulah 11 perbedaan KYT KYOTO dengan ZEUS ZS 611. Mudah-mudahan dari 11 perbedaan yang sudah disebutkan tersebut dapat membantu anda menentukan pilihan helm mana yang ingin anda beli.