Iklan

,

8 Benda Ini Bisa Bikin Helm Jadi Makin Ganteng dan Premium

Jundi Alfaruqi
19 Okt 2021, 13:37 WIB Last Updated 2021-12-01T06:05:22Z
Tips Helm


Fungsi utama helm sebagai pelindung kepala semakin canggih dan berkembang dan beberapa benda dalam kategori aksesoris nya pun mulai bermunculan dan banyak produsen-produsen dengan berbagai merk baru yang menawarkan aksesoris buatannya.


Beberapa aksesoris untuk helm ini sebenarnya sudah lama ada tapi hanya dipakai untuk kondisi-kondisi tertentu saja. Namun seiring jalannya waktu dan trend penggunaan helm pun ikut berubah dan meningkat, akhirnya aksesoris-aksesoris helm ini mulai sering dan awam di temukan di jalanan.


Beberapa aksesoris tambahan ini pun akhirnya menjadi wajib bagi sebagian orang, entah itu untuk menunjang kebutuhan berkendara, sekedar hobi atau hanya sekedar pakai atau ikut-ikutan jaman, yang pasti dengan aksesoris ini banyak atau sedikitnya memang merubah tampilan helm jadi makin ganteng. 


1. Stiker Visor Helm

Stiker helm AGV

Stiker visor biasanya di tempel pada 4 bagian visor dan dijual paketan:


  1. Top Visor : Biasanya diisi stiker-stiker cutting tulisan slogan 2 sampai 4 kata yang beragam, contoh yang paling sering dipakai biasanya "Gives Youre Wings", "SPEEDTUNER", "PULL & BEER" atau tulisan-tulisan unik yang mengundang orang untuk ngebaca seperti "Pengagum Wanita Berhijab", "Bismillah Before The Ride" atau diisi dengan stiker custom nama atau id medsos si pemilik helm dan masih banyak lagi tulisan-tulisan kreatif lainnya.
  2. Left & Right Side Visor : Biasanya diisi dengan merk-merk brand terkenal yang masih atau bahkan tidak ada berhubungan dengan helm atau motor. Contohnya merk antifog "PINLOCK", brand logo helm "KYT" "Arai" "SHOEI", atau stiker warning " DONT TOUCH THE VISOR" dan stiker brand merk lainnya.
  3. Bottom Visor : Sering diisi dengan stiker brand tertentu misalnya merk kamera GO PRO dan stiker lainnya


2. Spoiler Tambahan

Spoiler


Aksesoris Spoiler biasanya ditemukan di helm-helm sport racing yang memang berfungsi untuk meningkatkan aerodinamis yang mempengaruhi keseimbangan dan kecapatan rider akibat tekanan udara yang tinggi saat balapan dengan kecepatan yang sangat tinggi seperti di MotoGP. 


Tapi sekarang spoiler jadi benda aksesoris helm-helm pemakaian harian yang dipercaya dapat meningkatkan ke gantengan dan kepercayaan diri ridernya. Jenis-jenis spoiler ada yang single spoiler dan 3D spoiler.


3. Tear Off

Tear off


Tear OFF juga merupakan aksesoris yang dipakai di helm-helm khusus balap. Fungsi tear off adalah sebagai pelindung visor yang terbuat dari plastik mika dan biasanya dipasang berlapis, ada yang 2 lapis sampai 3 dan 4 lapis.


Tujuannya agar saat lapisan pertama atau terluar dari tear off sudah buram atau kotor dan mengganggu penglihatan dan konsentrasi, rider tinggal mengupas dan membuang lapisan tersebut sehingga berganti ke lapisan berikutnya. 


Apabila visor pada helm balap tidak dipasang tear off maka visor menjadi kotor dan akan mengganggu konsentrasi pembalap. Tidak mungkin rider singgah ke peddock untuk ganti visor yang hanya akan membuang-buang waktu walaupun teknologi visornya sudah menggunakan quick release.


Dan akhirnya sekarang tear off jadi gaya yang diikuti banyak pengguna helm walaupun helmnya dipakai sekedar buat harian namun ada hal-hal yang wajib diperhatikan sebelum memasang tear off di helm harian. Pilihan warna tear off cukup beragam:


  • Silver
  • Blue
  • Gold
  • Clear

Harga tear off sendiri dibandrol mulai dari harga 35 Ribu sampai ratusan ribu tergantung merk nya. 


4. Tear Off Post

tear off post

Kalau tear off adalah pelapis visornya sedangkan tear off post adalah dudukan untuk tear off. Agar tear off tidak lepas-lepas maka dikunci dengan yang namanya tear off post.


Aksesoris yang satu ini memang keren, bahkan banyak yang menggunakan tear off post tanpa tear off alias hanya untuk gaya-gayaan. Tear Off Post sendiri ada banyak model, ada yang modelnya polos atau standar dan ada juga yang modis.


Harga tear off post tergantung dari merknya, yang termurah ada yang 10 ribu sampai yang 100 ribuan untuk yang bermerk.


5. Intercom

Intercom Bluetooth

Benda yang satu ini memang bikin helm makin ganteng dan kelihatan sultan apalagi kalau yang merknya udah terkanal seperti SENA. Dipandangin dan dikepoin banyak mata yang melihat. "Wih intercomnya SENA, sultan nih"


Intercom adalah alat untuk komunikasi yang dipasangkan di helm sehingga komunikasi saat berkendara, suara menjadi lebih jelas dan praktis pastinya. Dengan alat ini kita bisa saling terhubung antar dua atau lebih rider lain yang beda motor atau bahkan dengan yang di bonceng asal sesama rider sama-sama menggunakan intercom.


Intercom menggunakan sinyal bluetooth sebagai media transmisi suaranya. Jadi seluruh rider yang menggunakan intercom dapat berkomunikasi dengan mudah tanpa handphone, tanpa harus teriak-teriak sampe ludah nyemprot kemana-mana. 


Dalam pembelian Intercom biasanya sudah include beberapa komponen 

  • Intercom itu sendiri
  • 2 Speaker, kiri kanan
  • Microphone
  • Kabel USB


Selain untuk komunikasi langsung, intercom juga bisa dihubungkan ke hp android dan bisa dipakai untuk menerima telpon, dengar musik, gps dan lain-lain.


Komunikasi hanya bisa dilakukan khusus untuk intercom dengan merk atau frekuensi intercomnya sama. Setau saya beda merk intercom tidak bisa, karena intercom sudah di lock hanya untuk merk intercomnya itu sendiri (strategi bisnis). 


Tapi sekarang saya kurang tau juga perkembangannya gimana karena enggak terlalu ngukutin. Tapi dengar-dengar katanya beda merk untuk merk tertentu tetap bisa pairing walaupun beda merk. Yang tau boleh tulis di komentar


6. Antifog

Antifog atau anti embun


Antifog atau yang lebih familiar sering disebut Pinlock adalah pelapis visor anti embun. Antifog berfungsi untuk mencegah terjadinya embun pada kaca helm. Biasanya embun muncul saat kondisi udara sedang dingin.


Untuk mengatasi masalah embun ini, dibuatlah antifog. Antifog paling efektif dipakai untuk helm-helm full face yang punya masalah embun pada visor. Aksesoris yang satu ini juga banyak dipakai karena fungsinya sangat membantu mengatasi masalah visor berembun.


Salah satu merk antifog yang paling terkenal dan banyak dipakai adalah Pinlock. Bebarapa brand helm bahkan bekerja sama dengan pinlock untuk membuatkan anti fog khusus buat seri helm produk mereka.


7. Flat Visor

kaca datar / flat visor

Flat Visor biasanya dibuat untuk helm jenis full face. Kenapa flat visor? karena flat visor adalah visor dengan permukaan kaca yang rata yang memungkinkan untuk dipasang aksesoris seperti tear off dan anti fog. 


Flat visor menjadi benda yang paling banyak diminati. Kalau dulu hanya sedikit helm yang memakai flat visor atau bahkan hanya di helm balap saja. Tapi karena tingginya minat pembeli yang mencari helm dengan visor flat akhirnya beberapa helm keluaran terbaru sekarang sudah langsung memakai flat visor.


8. Visor Iridium

Visor iridium biru

Banyak pengguna helm yang mengganti visor standar helm mereka dengan visor jenis iridium. Visor dengan warna yang memantulkan bayangan seperti cermin ini memang terlihat lebih keren daripada visor standar berwarna clear atau smoke.

Visor iridium terdiri dari beberapa warna
  • Blue
  • Silver
  • Gold
  • Rainbow

Visor iridium memang keren tapi salah satu kekurangannya adalah tidak bisa dipakai di malam hari karena terlalu gelap bisa mengganggu penglihatan dan berbahaya.