Waspada Penipuan, Ini 5 Tips Aman Belanja Helm Secara Online
Cari Berita

Advertisement

Waspada Penipuan, Ini 5 Tips Aman Belanja Helm Secara Online

Jundi Alfaruqi
Saturday, 7 December 2019

Nah untuk kita yang udah nabung jauh-jauh hari buat persiapan liburan ntah itu jalan-jalan keluar kota atau beli helm baru buat touring bareng teman mesti lebih berhati-hati.

Karena biasanya kalau sudah mau akhir tahun kayak gini atau mau libur besar seperti natal, idul fitri kasus penipuan meningkat. Orang jahat juga butuh duit buat liburan.

Oleh karena itu kita mesti waspada agar tidak menjadi korban penipuan, untuk itu kali ini admin mau membagikan beberapa tips aman berbelanja helm secara online.


1. Cek Harga

Jangan sampai tergiur harga murah bikin akal sehat kita hilang. Harga murah boleh tapi ya harus masuk akal juga. Masa sih helm AGV Corsa 46 Project dengan harga 8 jutaan aslinya lalu dijual jadi 1 juta?

Kesimpulannya cek dan ricek harga pasar helm yang ingin kita beli. Cara ceknya mudah kok, tinggal ketik di google harga helm yang ingin kamu beli. Dari situ kamu bisa bandingkan harganya apakah masuk akal atau tidak.

Kamu juga bisa cek harga helm di situs ini, seperti harga helm KYT terbaru, daftar helm NHK, dan masih banyak lagi.

2. Cek Toko Online dan Reputasi

Penipu sekarang otaknya licik. Mereka bikin toko online tiruan di instagram meniru nama sampai mengambil foto-foto produk dan testimoni dari toko helm aslinya. 

Untuk itu kita harus betul-betul teliti jangan sampai salah membedakan toko asli sama toko palsu (fiktif). Gimana caranya? 

  1. Lihat setiap postingan instgramnya, kalau kolom komentar sepi (tidak ada komentar) apalagi sampai dikunci, kalian wajib waspada. 
  2. Tanya teman, atau tanya di grup helmet lovers indonesia, apakah akun toko helm ini asli atau tidak. Mungkin slow respon tapi pasti bakal dijawab jadi harus bersabar.

3. Cek Nomor Rekening


Orang atau toko online yang pernah menipu pasti nomor rekeningnya sudah di black list dan akan tersebar di internet sabagai rekening penipu. 

Cara mudah untuk mengeceknya kamu bisa copy paste no rekening seller toko tersebut di google dan dari hasilnya disana akan muncul no rekening tersebut apakah pernah dipakai buat menipu sebelumnya atau tidak.

Biasanya hasil itu didapatkan dari korban-korban sebelumnya yang pernah tertipu dan telah melakukan pengaduan.

Cara lain untuk cek rekening adalah:

  1. Cek disini https://www.kredibel.co.id/search (masukkan nomor rekeningnya dan tekan tombol search
  2. Atau kalian bisa cek rekening penipu melalui situs resmi kominfo di https://cekrekening.id

Pastikan nomor rekening seller tidak masuk ke dalam black list pada situs di atas atau aduan keluhan penipuan. Jika nomor rekening masuk dalam daftar penipuan, sebaiknya kalian harus waspada.

4. REKBER (Rekening Bersama)

Toko online memang harus memiliki reputasi tapi bukan berarti tidak punya reputasi langsung dicap tidak bagus, belum tentu juga.

Jika kita merasa ragu melakukan transaksi dengan seorang seller, kita bisa menggunakan layanan rekber atau rekening bersama. Ada banyak rekber terpercaya yang bisa digunakan salah satunya yang paling sering digunakan adalah rekber dari tokopedia.

Baca Selangkapnya : Rekening Bersama Tokopedia

5. COD

Solusi terakhir dari tips aman belanja helm secara online adalah dengan COD (Cash on delivery). Solusi ini adalah yang paling aman karena bertemu langsung dengan seller sesuai kesepakatan penjual dan pembeli.

Namun sayangnya cara ini tentu tidak bisa diterapkan apabila jaraknya terlalu jauh untuk melakukan COD.

Kesimpulannya jika ingin membeli barang seperti helm atau barang lainnya secara online harus teliti dan pintar.