10 Helm Klasik Vintage Terbaik dan Tertua di Dunia
Cari Berita

10 Helm Klasik Vintage Terbaik dan Tertua di Dunia

Jundi Alfaruqi
Senin, 23 Desember 2019

Helm sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari sepeda motor. Selama puluhan tahun sejak 1950 an sampai sekarang teknologi dan modelnya terus berubah dan berkembang bersama seiring perkembangan sepeda motor itu sendiri.

Namun sayang nasibnya setelah tua tak sama seperti si kuda besi yang selalu diingat, dibicarakan bahkan di museumkan sebagai barang antik, helm yang sudah tua dan usang akan dibuang dan dilupakan.

Baca juga: Kenapa Visor Helm Dirancang Agar Mudah Terlepas Saat Kecelakaan? Ini Alasannya

Model helm sekarang sudah sangat beragam dan sudah dilengkapi fitur-fitur canggih seperti ventilasi udara, emergency release, anti bakteri, quick visor change dan masih banyak lagi.

Jauh berbeda dengan helm jaman dulu. Laul seperti apa helm-helm jadul jaman dulu? Berikut ini adalah daftar helm klasik tertua di jamannya.

Baca juga: Sejarah Asal Mula Helm Sepeda Motor Diciptakan

1. BELL 500 TX 1957


bell 500 tx klasik helmet
foto: visordown.com

Bell 500 TX adalah helm tertua sekaligus helm motor pertama di dunia. Bell 500 TX diproduksi pada tahun 1957. Helm ini merupakan helm pertama yang terdiri dari kerangka lengkap, outer shell, eps, dan iner liner. Selain itu helm ini juga helm pertama yang memakai sertifikat SNELL.

Disadari atau tidak, disain BELL 500 TX banyak ditiru dan dipakai di helm-helm retro model terbaru saat ini. Jika anda tertarik dengan helm ini, anda bisa membeli seri terbarunya, yakni BELL 500 Costum yang dijual dengan harga mulai dari 1.700.000 di seri terendah sampai 6.000.000 untuk seri paling tinggi.

Kalau kamu mau melihat lebih banyak lagi motif helm bell 500 costum, kamu bisa klik link yang admin cantumkan di bawah ini,

Costum 500 Cruiser Motorcycle Helmet

2. BELL STAR KlASIK 1967

foto: visordown.com

10 tahun setelah bell 500, sekitar tahun 1967 an keluarlah helm full face pertama yakni BELL Star yang kemudian dipakai pembalap road race kala itu. Di seri perdananya Helm ini memiliki banyak kekurangan, belum tersedia lubang ventilasi, visor kecil yang membatasi penglihatan dan visor tidak bisa dibuka tutup.

Namun di seri terbarunya Star series sudah diperbarui dengan disain, fitur dan teknologi yang jauh lebih baik. MIPS adalah salah satu fitur paling di unggulkan oleh BELL di helm ini.

Meski telah digantikan dengan seri terbaru, Bell star klasik masih tersedia sampai sekarang namun kebanyakan dipakai oleh pembalap mobil. Desain bell star klasik telah menjadi ikonik dari helm full face retro yang banyak ditiru merk lain dan menjadi buruan para pecinta helm-helm klasik.

Baca Juga: Infografik : Seaman Apa Helm Motormu?

3. BELL STAR XF-GP 1970

foto: visordown.com

XF-GP dibuat sekitar tahun 1970 an. Helm yang satu ini punya bentuk kaca yang super aneh. Yaitu kaca dengan dua lubang kecil yang terpisah dengan ukurannya yang hanya pas-pas bola mata.

Helm ini dipakai di balap F1 sekitar tahun 1970 an. Jackie Ickx adalah salah satu pembalap profesional yang memakai helm dengan kaca aneh ini.

Sekarang helm ini sudah tidak diproduksi lagi dan telah menjadi barang langka. Disitus h2wcustoms.com, helm STAR XF-GP replika Jacky Ickx tahun 1979 dijual dengan harga £1.399,99 atau setara 25.560.000 rupiah.

Baca Juga: Cara Memakai Helm Saat Touring, Sport dan Racing Ternyata Berbeda Loh

4. BELL MOTOSTAR 1970

foto: motorplus.com

Helm cross pertama di dunia adalah bell motostar yang diperkenalkan sekitar tahun 1970 an. Helm ini merupakan pengembangan dari bell star full face 120.

Sekarang helm ini sudah tidak diproduksi lagi, tetapi beberapa motostar bekas ditemukan dijual di Ebay dengan harga mulai dari 7 juta sampai 11 jutaan tergantung kondisi dan kelengkapannya.

Baca Juga: Helm AGV K6 Dirilis, Ini Spek dan Harganya

5. SIMPSON BANDIT VINTAGE STREET FIGHTER HELMET

foto: pinterest

Helm yang satu ini sangat klop dipadukan dengan motor bergenre street fighter. Jika kebetulan kamu adalah penyuka helm simpson bandit kamu bisa melihat berbagai macam model helmnya di link ini

https://www.simpsonmotorcyclehelmets.com/products/ghost-bandit-logo-simpson-motorcycle-helmet

6. Griffin Clubman
foto: pinterest

7. Arai RX-7 1996

foto: kaidee.com

8. Shoei RF-102V 1984

foto: yahoo.aleado.com

Shoei RF-102 Ada dua versi, versi RF-102 1983 dan versi RF-102V 1984. Seri V adalah seri terbaru sekaligus helm full face pertama di dunia yang memakai lubang ventilasi udara hasil mengembangan oleh SHOEI.

9. BMW System 2


BMW System 2 adalah helm yang diciptakan oleh perusahaan helm Schuberth asal Jerman. Lahir pada tahun 1980 an, System 2 adalah helm flip up pertama didunia.

Baca Juga: Daftar Harga Helm Cargloss Terbaru Semua Seri dan Tipe

10. GPA SJ Twin Lock 1982

Jika kamu benar-benar pecinta helm, kamu wajib tau tentang helm yang satu ini. Helm ini memiliki sistem penguncian yang unik.

Jika biasanya kita mengenal sistem DD ring, Microlock sebagai tali pengunci helm, GPA SJ Twin Lock tidak memakai salah satu dari keduanya bahkan bisa dikatakan tidak memakai sistem pengunci.

Sebagai gantinya, helm ini memiliki seperti plastik tambahan di bagian leher (neck roll) yang bisa dibuka tutup ke dapan dan ke belakang. Biar lebih jelasnya langsung aja lihat gambar di bawah deh,


dipakai oleh pembalap seperti Christian Sarron dan Patrick Pons serta sejumlah pembalap F1 di awal 80-an.

Baca juga: Stok terbatas!! ini dia Helm AGV X3000 dan X70 Retro Edisi Spesial Pembalap Legendaris Italia