9 Kelebihan dan Kekurangan KYT Vendetta 2, Cocok Buat Harian?
Cari Berita

Advertisement

9 Kelebihan dan Kekurangan KYT Vendetta 2, Cocok Buat Harian?

Jundi Alfaruqi
Thursday, 13 June 2019

Kelebihan dan Kekurangan KYT Vendetta 2 - Vendetta 2 adalah helm full face unggulan dari KYT yang meramaikan kelas helm di bawah 1 jutaan. Bisa dibilang, helm di kelas di bawah 1 jutaan cukup ketat dan helm ini muncul sebagai pesaing utama yang mampu menarik perhatian banyak helmet lovers di Indonesia.

Ada banyak alasan mengapa KYT Vendetta 2 ini mampu mencuri perhatian. Salah satu alasannya tentu harganya yang terjangkau dengan spesifikasi yang ditawarkan lebih dari harga yang dibandrol. Istilahnya price to performance.

Kelemahan KYT Vendetta 2

BACA: Serupa Tapi dan Sama! Iniloh Bedanya KYT Vendetta 2 dan KYT Falcon

KYT Vendetta 2 ini sendiri hadir dengan tiga varian berdasarkan pilihan warnanya. Varian pertama adalah varian warna solid. Varian kedua adalah varian warna motif grafis biasa.

Varian yang ketiga adalah varian yang tergolong spesial. Varian ketiga ini hadir dengan motif grafis replika helm balap MotoGP. Terasa spesial, karena pada varian ini, bisa memakai dan mengoleksi motif-motif helm para pembalap MotoGP seperti Andrea Iannone, Aleix Espargaro dll.

Nah, jika Sobat masih ragu membeli helm ini, berikut kotakhelm.com sajikan rangkuman dari kelebihan dan kekurangannya:

Harga KYT Vendetta 2 Terbaru

KYT Vendetta 2 Aleix Espargaro Blue
KYT Vendetta 2 Andrea Locatteli
Aleix Espargaro Blue Andrea Locatelli
Rp 1.300.000 Rp 1.300.000
KYT Vendetta 2 Andrea Iannone White
KYT Vendetta 2 Xavier Simeon
Andrea Iannone White Xavier Simeon
Rp 1.300.000 Rp 1.300.000
Daftar Harga Selengkapnya...

Kelebihan KYT Vendetta 2


Double Visor


KYT membekali semua seri vendetta 2 dengan double. Visor utamanya berwarna clear dan inner visornya berwarna dark smoke.

Untuk memudahkan penggunaan inner sun visor, KYT menyematkan tombol sun visor yang ditempatkan di sebelah kanan helm. Tombol sun visor nya sangat menarik karena modelnya simple dan bentuknya tidak mencolok.

Sekedar untuk informasi tambahan, visor depan vendetta 2 sudah dibekali dengan visor lock system yang berfungsi agar visor tidak terbuka misalkan terjadi crash. Oia visor depannya ini juga sudah quick release.

Desain Helm Balap MotoGP


Vendetta 2 tidak hanya menghadirkan varian motif grafis biasa, tetapi juga motif grafis helm balap, atau lebih tepatnya desain replika helm balap. Ada replika Aleix Espargaro, Andrea Locatelli, Xavier Simeon, Andrea Iannone dll.

Untuk harganya memang lebih mahal daripada motif grafis biasa dan solid yaitu kisaran 1.2 jutaan. Untuk spesifikasi dan fitur sih sama saja.

Air Pump System


Kelebihan selanjutnya yang ada di vendetta 2 ini adalah hadirnya air pump system. Air pump system adalah sebuah kantong udara yang dapat di pompa dan dikempiskan. Fitur ini berguna untuk membuat busa pipi jadi lebih tebal agar lebih pres di kepala.

Vendetta 2 adalah helm pertama di Indonesia yang mempunyai fitur keren ini.

BACA: Fungsi Air Pump System KYT Vendetta 2 dan Cara Kerjanya

Sudah Double D Ring


Untuk safety KYT sudah membekali Vendetta 2 dengan chin strap double D ring atau lebih sering disingkat DD Ring. DD Ring sendiri merupakan tali pengaman yang paling aman dari semua jenis tali helm.

DD Ring juga dipakai untuk tali pengaman di helm-helm balap seperti di MotoGP misalnya.

Busa Pipi dan Kain Interior Atas Bisa dilepas


Bagian dalam helm yang bisa dilepas saat ini sudah menjadi fitur yang wajib ada pada helm. KYT sendiri mendesain bagian interior vendetta 2 seperti cheek pad dan crown pad agar bisa dilepas pasang.

Selain itu helm ini juga dilengkapi dengan chin curtain dan nose guard. Size busa helm ini tersedia 4 varian yaitu S, M, L, dan XL.

Kelemahan KYT Vendetta 2


Shell nya Besar


KYT Vendetta 2 di klaim memiliki desain shell yang besar. Walaupun penilaian besar kecil ini terkesan objektif tapi faktanya Helm ini memang hanya memiliki satu shell size saja.

Berat


Dalam banyak pengujian, Vendetta 2 memiliki bobot yang tergolong berat. Contohnya, situs daivangelion.wordpress.com dalam reviewnya yang menimbang helm ini dan mendapatkan hasilnya yaitu 1.5 Kg. Dengan berat 1.5 Kg untuk dipakai harian bisa dikatakan benar kalau helm ini berat.

Banyak faktor yang membuat helm menjadi berat salah satunya bentuk shell yang besar, jenis material yang digunakan serta fitur yang ada di helm tersebut.

Inner Sun Visor tidak Quick Release


Kekurangan Vendetta 2 selanjutnya ada pada sun visornya yang tidak quick release. Perlu nggak sih Inner sun visor pakai quick release? Melepas sun visor di helm double visor dengan cara manual tidaklah mudah dan sangat beresiko.

BACA: Helm Berpendingin AC dengan Berat 1,4 Kilogram, Simak Harganya

Tidak Cocok untuk yang Berkacamata


Dalam beberapa ulasan di beberapa forum web dan media sosial banyak yang mengatakan tidak nyaman menggunakan kacamata di vendetta 2. Dari awal pun sebenarnya helm ini bukan untuk yang berkacamata.

Contohnya situs forum moladin.com, banyak teman-teman disana yang mengatakan tidak nyaman menggunakan kacamata di helm vendetta 2. Salah satu komentar menyebutkan:

"Kalau menurut saya sih kelemahan helm kyt vendetta 2 tidak nyaman ketika digunakan untuk rider berkacamata. dibagian telinganya terasa sakit banget. ada yang ganjel".

Simpulan


KYT Vendetta 2 adalah helm yang layak dipilih di kelas harga 1 jutaan (khusus varian grafis replika pembalap MotoGP). Dengan 1 jutaan, Sobat dapat helm dengan fitur yang lengkap, spesfikasi yang lengkap, safety yang baik, dan motif-motif helm balap yang tentunya bakal memberikan pengalaman berkendara yang menarik.

Shell pada helm ini tergolong berat dan besar tapi tidak bisa juga dikatakan jelek. Shell nya sudah cukup untuk memenuhi standar berkendara harian sobat.

BACA: Daftar Helm yang Bisa Dipakai di MotoGP Mulai Juni 2019