Istilah dalam MotoGP dan Maknanya
Cari Berita

Advertisement

Istilah dalam MotoGP dan Maknanya

Jundi Alfaruqi
Senin, 09 Juli 2018

Istilah-istilah dalam MotoGP adalah kumpulan kata yang sering digunakan ketika berbicara dalam dunia MotoGP. 

Bagi anda yang baru mengenal MotoGP mungkin akan banyak mendengar istilah-istilah baru yang terdengar asing di telinga anda. Apalagi ketika menonton MotoGP dan mendengar komentator yang berbicara dengan banyak istilah-istilah yang mungkin saja belum pernah anda dengar sebelumnya.

BACA JUGA: Daftar Harga Helm Zeuz Terbaru


Tentu hal tersebut akan membuat anda bingung bukan?

..Nah, sekarang anda tak perlu bingung lagi karena saya akan membahas tentang istilah-istilah dalam dunia MotoGP lengkap dengan maknanya.

Berikut ini adalah daftar kata, terminologi, atau istilah yang sering digunakan dalam dunia MotoGP yang disusun sesuai abjad dari A-Z.

DAFTAR ISTILAH DALAM MOTOGP

Apex
Titik paling rapat dari suatu belokan atau tikungan yang mana biasanya pembalap melaluinya sebelum mulai keluar tikungan dan berakselerasi.

Braking Marker
Titik nyata yang digunakan oleh pembalap untuk mengetahui dimana dia harus mulai mengerem saat akan memasuki tikungan. Penanda ini bisa berupa pohon, papan iklan, tanda di trek atau hal lainnya yang bisa dipakai oleh pembalap untuk memandu pola pengereman pembalap.

Chicane
Bagian trek yang terdiri dari dua tikungan kearah yang berbeda dan berjarak dekat. Sebuah tikungan ke kiri yang diikuti oleh tikungan ke kanan atau sebaliknya dan seperti huruf S jika dilihat dari udara.

Compounds (Komponen)
Jenis karet atau campuran karet yang digunakan sebagai penyusun ban.

Curbstones
Terletak pada sisi trek atau sesaat setelah tikungan yang digunakan untuk memandu pembalap dan sebagian besar dicat dengan dua warna dan mencolok.

Displacement
Kapasitas atau isi silinder mesin motor, biasanya dinyatakan dalam satuan centimeter kubik (cc), contoh 1000cc, 600cc, atau 250cc.

Dry Race    
Balapan yang dinyatakan kering oleh Race Direction. Pembalap menggunakan ban slick.

Dorna
Dorna Sports adalah perusahaan yang mengatur MotoGP.

Endo    
Juga disebut Stoppie, yaitu trik untuk menghentikan motor dengan cepat sehingga membuat ban belakang terangkat dari aspal. Kebalikan dari wheelie.

Fairing 
Bagian badan terluar dari motor yang melindungi motor dan pembalap dari debu dan hembusan angin. Fairing didekorasi dengan warna tim, logo sponsor, dan nomor balap.

FIM
The Fédération Internationale de Motorcyclisme adalah badan yang mengatur semua olahraga motor di seluruh dunia.

Gas    
Istilah lain untuk throttle atau handle akselerasi.

GP (Grand Prix)
Event balap yang berlangsung selama tiga hari mencangkup ketiga kelas dalam kejuaraan dunia MotoGP, yaitu kelas MotoGP, Moto2, dan Moto3. GP akhir pekan terdiri dari dua hari latihan dan kualifikasi dan diikuti oleh sesi warm-up dan balapan untuk setiap kelas pada hari terakhir. Saat ini ada 18 balapan GP pada kalender MotoGP.

Grid
Kumpulan titip start pada trek lurus start/finish sirkuit, dimana pembalap berkumpul pada permulaan setiap  balapan. Berbaris sesuai dengan hasil kualifikasi mereka untuk memulai balapan.

Hairpin
Tikungan yang sangat sempit yang harus dilalui dengan lebih perlahan dan biasanya berbentuk U atau V.

High Side 
Kecelakaan dimana ban belakang motor tergelincir dan kemudian mendapatkan cengkeraman kembali sehingga membuat bagian belakang motor terlempar ke atas setelah mendapatkan grip.

Hole-shot 
Artinya memimpin balapan sejak tikungan pertama.

Homologation
Pengesahan trek dan motor yang digunakan dalam balapan MotoGP merupakan proses perizinan yang dilakukan oleh FIM dan komite yang berhubungan.

IRTA
International Road-Racing Teams Association yang mewakili seluruh tim yang mengikuti ajang Grand Prix.

Low Side
Kecelakaan yang mana salah satu atau kedua ban motor kehilangan daya cengkeram dan tidak bisa kembali mendapatkan traksi yang mengakibatkan motor tergelincir dari bawah pembalap.

Lean Angle (Sudut Tikungan)
Adalah sudut kemiringan antara pembalap dengan garis vertikal. Hal ini terjadi saat pembalap merebahkan motornya ke arah trek pada suatu tikungan dengan kecepatan tinggi. Lutut dan siku pembalap sering menyentuh permukaan aspal ketika berada pada sudut tikungan maksimum.

MSMA    
Motorcycle Sports Manufacturers’ Association mewakili kepentingan seluruh konstruktor yang terlibat dalam balap motor.

Parc Fermé
Area pada pit lane yang didesain sebagai tempat parkir pembalap yang naik podium pada setiap kategori dan diwawancarai oleh kru televisi sesaat setelah setiap balapan.

Paddock    
Area yang berbatasan dengan pit-box yang terletak pada sisi yang berlawanan dengan pit lane dimana tim dan pembalap memarkirkan motorhome dan peralatan mereka selama Grand Prix.

Pit-box
Garasi sementara yang memiliki akses langsung menuju pit lane dan didesain untuk suatu tim yang berpartisipasi pada salah satu dari tiga kelas MotoGP.

Pit Crew 
Manajemen tim, mekanik, dan asisten mereka. 

Pit Lane   
Lajur akses yang biasanya berbatasan dengan main straight pada sirkuit dan berada di antara pit-box dan sirkuit.

Podium    
Tempat perayaan kemenangan bagi ketiga pembalap tercepat pertama yang menyelesaikan balapan Grand Prix.

Pole Position atau Pole
Posisi mulai awal untuk balapan yang diperoleh dengan mencatatkan waktu tercepat pada sesi kualifikasi.

Qualifying (Kualifikasi)
Ketiga kelas baik MotoGP, Moto2, maupun Moto3 harus mengikuti kualifikasi satu hari sebelum balapan dimulai. Hasil kualifikasi akan menentukan posisi grid start balapan. Pembalap tercepat akan mendapatkan posisi terdepan dan seterusnya.

Race Direction
Tim yang terdiri dari perwakilan dari Dorna, FIM, dan IRTA pada setiap Grand Prix untuk mengambil keputusan seperti menyatakan apakah kondisi balapan kering atau basah.

Ride Through 
Prosedur penalti dimana pembalap yang melakukan jump start sebelum balapan secara resmi dimulai diminta untuk berkendara melalui jalur pit.

Rookie    
Pembalap yang berkompetisi pada tahun pertamanya di kelas manapun.

Rostrum
Istilah lain untuk podium.

Scrutineering
Istilah MotoGP untuk pengecekan dan inspeksi. Scrutineer bertanggung jawab untuk mengecek dan memastikan agar partisipan tidak melanggar peraturan.

Slipstream    
Adalah mengikuti pembalap lain persis di belakangnya pada trek lurus dan memanfaatkan aliran udara disekitarnya dan motornya dengan membangun momentuk untuk menyalipnya di area yang memiliki tekanan angin yang lebih rendah di belakang pembalap lain tersebut.

Slicks
Ban yang tidak memiliki alur, didesain khusus untuk digunakan pada balap jalan raya dan terbuat dari komponen yang lembut sehingga memberikan daya cengkram yang optimal tanpa memperlambat motor.

Swingarm (Lengan Ayun)
Bagian belakang motor dimana tempat dipasangnya roda belakang dan bergerak naik turun dengan suspensi belakang.

Tyre Wall (Dinding Ban)
Tumpukan ban yang digunakan sebagai perintang tabrakan untuk mengurangi kerusakan dan cidera pada saat terjadi hantaman.

Wet Race (Balapan Basah)
Balapan dengan kondisi cuaca yang mempengaruhi permukaan trek diaggap basah, kebalikan dari kering.

Wheelie
Akrobat yang biasanya dipertunjukkan oleh pembalap dalam perayaan, dimana ban depan terangkat dari permukaan trek karena akselerasi keras dan melepaskan kopling dengan cepat.

Wild Cards
Pembalap nonkontrak yang mengikuti balapan pada saat tertentu saja, berlawanan dengan kompetitor tetap.

Itulah kumpulan istilah yang sering dipakai dalam dunia MotoGP, Semoga dapat bermanfaat.

BACA JUGA: Review dan Harga Helm LTD Sport Terbaru